Menilik 7 Cara Nabung Buat Beli HP Impian

Anggi Mardiana
26 Oktober 2022, 14:44
cara nabung buat beli HP
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Harga handphone atau HP semakin beragam, menyesuaikan fungsi, desain, fitur hingga kecanggihan yang dimiliki. Hampir tiap tahun selalu ada HP yang desainnya lebih canggih dan untuk memilikinya cukup merogoh kocek banyak. Oleh karena itu, cara nabung buat beli HP menjadi informasi yang penting diketahui, agar memiliki HP impian dapat terwujud.

Di zaman yang serba canggih saat ini, HP sudah menjadi kebutuhan penting sebagai alat komunikasi dan media pembelajaran daring atau online. Melalui HP, seseorang bebas berselancar untuk mendapat sejumlah informasi di dunia maya.

Advertisement

Sekalipun masih berstatus sebagai pelajar atau pekerja yang baru memulai karir, Anda tetap bisa mendapat HP impian dengan rutin menabung. Mengumpulkan dana melalui menabung ini penting, karena untuk membeli HP dengan fitur bagus membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bagaimana caranya? Simak sejumlah cara nabung buat beli HP melalui ulasan berikut ini.

Cara Nabung Buat Beli HP

Untuk mendapat HP yang diincar, Anda perlu menyisihkan uang secara konsisten. Berikut beberapa caranya:

1. Tentukan Budget yang Dibutuhkan

Dengan menentukan budget yang dibutuhkan terlebih dahulu, kamu jadi tahu berapa uang yang harus disisihkan setiap minggunya. Misalnya, jika mengincar HP 5 juta an dan ingin dicapai dalam waktu 3 bulan, maka harus menyisihkan sekitar Rp 385.000 dalam seminggu.

2. Mengatur Pengeluaran Harian

Untuk memperoleh HP impian tentunya Anda harus mau berkorban misalnya mengurangi pengeluaran harian. Yang biasanya menggunakan uang untuk membeli beragam makanan enak, kini jadi harus lebih menghemat agar jumlah pengeluaran harian bisa berkurang.

3. Buat Skala Prioritas

Cara nabung buat beli HP selanjutnya ialah dengan menentukan skala prioritas. Dengan begitu, Anda memiliki dana lebih untuk menabung. Misalnya, dengan menahan untuk tidak travelling terlebih dahulu karena memiliki prioritas yang sedang dijadikan tujuan utama, yaitu memiliki HP baru.

4. Menerapkan Sistem Tabungan Harian

Cara nabung buat beli HP dengan system harian juga bisa kamu coba. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan harga gadget yang akan dibeli sehingga tidak ada selisih banyak. Terlebih jika masih seorang pelajar sehingga bisa langsung menyisihkan dari uang jajan yang diberikan per hari.

5. Mencatat Pengeluaran Harian

Tidak hanya mengatur pengeluaran harian, kamu juga perlu mencatat pengeluaran harian. Mulai dari makanan dan minuman apa saja yang dibeli sehingga bisa dievaluasi apakah ke depan pengeluaran itu bisa dikurangi atau tidak. Dengan begitu, jumlah uang untuk menabung juga bisa meningkat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement