Menilik Penyebab Anxiety Disorder yang Tidak Disadari

Tifani
Oleh Tifani
27 Oktober 2022, 14:45
penyebab anxiety disorder
Katadata
Ilustrasi anxiety disorder atau gangguan kecemasan.

Anxiety disorder merupakan gangguan kecemasan atau suasana perasaan seperti depresi. Anxiety disorder sedikit memiliki persamaan dengan depresi, dan apabila tidak segera diatasi maka berpotensi memburuk seiring berjalannya waktu.

Dilansir dari sehatq.com, gejala anxiety antara lain perasaan gugup, panik dan takut, hingga detak jantung yang cepat. Sebenarnya normal saat seseorang memiliki kecemasan.

Namun, jika gangguan kecemasan melampaui rasa gugup biasa dan ketakutan berlebihan dari waktu ke waktu, maka hal ini perlu diwaspadai.

Penyebab Anxiety Disorder

Rasa cemas dan takut yang dirasakan saat mengalami anxiety disorder dapat membuat penderitanya mengalami reaksi fisik (seperti berkeringat secara berlebihan, sesak napas, dan sebagainya) dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, penyebab dari ganguan kecemasan belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa faktor yang mungkin dapat menjadi penyebab anxiety disorder, antara lain:

1. Genetik dan Biologis

Anxiety disorder bisa jadi diturunkan dalam keluarga. Jika memiliki anggota keluarga yang mengalami kondisi serupa, peluang untuk mengalami anxiety disorder lebih besar.

Selain genetik, kemungkinan penyebab lainnya adalah, karena ketidakseimbangan hormon atau sinyal otak yang tidak teratur.

2. Kondisi Medis Tertentu

Terkadang anxiety disorder merupakan gejala dari kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi medis yang dapat menjadi pemicunya adalah diabetes, gangguan tiroid, gangguan jantung, gangguan pernapasan, dan masih banyak lagi.

3. Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu dapat menjadi penyebab anxiety disorder. Selain itu, penggunaan narkotika dan alkohol juga dapat menyebabkan dan memperparah gangguan kecemasan.

4. Trauma dan Stres

Individu yang pernah mengalami trauma, dilecehkan, atau menyaksikan kejadian traumatis di masa kecilnya rentan mengalami gangguan kecemasan. Stres yang berat dan berkepanjangan juga dapat menjadi penyebab anxiety disorder.

5. Faktor Jenis Kelamin

Mengutip Healthline, faktor jenis kelamin juga bisa menjadi penyebab anxiety disorder. Wanita dipercaya lebih berisiko mengalami gangguan kecemasan dibandingkan pria.

6. Jenis Kepribadian

Penyebab anxiety disorder selanjutnya ialah jenis kepribadian seseorang. Orang-orang yang lebih sibuk, suka tegang, dan memiliki kepribadian tipe kepribadian yang lebih berisiko mengalami gangguan kecemasan.

Gejala Anxiety Disorder

Gejala anxiety disorder cukup beragam. Hal ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan pengidapnya, baik secara fisik maupun psikis. Berikut adalah gejala yang bisa muncul saat mengalami gangguan kecemasan:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...