Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Destiara Anggita Putri
27 Oktober 2022, 21:35
sayuran untuk penderita diabetes
Unsplash
Ilustrasi, ragam sayuran.

Ada beberapa makanan termasuk sayuran yang pantang dikonsumsi oleh penderita diabetes seperti kentang, labu, dan kacang polong karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun, bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi sayuran sama sekali.

Ada beberapa sayuran yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes asalkan memenuhi beberapa kriteria tertentu. Dengan demikian, penderita diabetes tetap mendapat nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kadar gula darah. Lantas, apa saja sayuran tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Kriteria Sayuran untuk Penderita Diabetes

Berikut ini empat kriteria sayuran yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

1. Indeks Glikemik Rendah

Para penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dengan indeks glikemik rendah, sehingga kadar gula darah dan insulin mereka tidak naik.

2. Mengandung Nitrat

Penderita diabetes membutuhkan sayuran yang mengandung nitrat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Mengandung  Protein

Sayuran yang mengandung protein tinggi dapat membuat penderita diabetes kenyang lebih lama. Dengan demikian, penderita diabetes tdak akan makan berlebihan dan kadar gula darahnya terjaga.

4. Mengandung Serat

Penderita diabetes membutuhkan sayuran yang mengandung serat untuk mencegah sembelit, menurunkan akar kolesterol jahat, serat menjaga berat badan.

Sayuran untuk Penderita Diabetes

Ada beberapa sayur yang telah memenuhi empat syarat di atas dan bisa dengan mudah dibeli di pasar maupun swalayan terdekat oleh penderita diabetes. Berikut ini lima rekomendasi sayuran untuk penderita diabetes.  

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang perlu dikonsumsi bagi para penderita diabetes, khususnya yang sudah menahun. Hal ini dikarenakan kadar gula mereka yang tinggi dapat merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan.

Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi bayam yang mengandung zat besi, diharapkan mampu melancarkan sirkulasi darah. Tidak hanya zat besi, bayam juga mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam bayam adalah  lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang mampu melawan radikal bebas sehingga terhindar dari risiko kanker. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthinnya juga dapat melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak.

Kedua kondisi ini merupakan gangguan penglihatan yang umum terjadi akibat komplikasi diabetes. Dengan mengkonsumsi bayam, tentunya penderita diabetes bisa mencegah  kedua kondisi tersebut terjadi  pada mereka.

2. Brokoli

Sayuran yang patut dikonsumsi penderita diabetes adalah brokoli. Sayuran ini termasuk aman dikonsumsi karena mengandung serat yang dapat bertindak sebagai probiotik. Dengan demikian, kadar gula darah serta metabolisme kolesterol penderita diabetes dapat terjadi dengan baik. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...