8 Makanan Sehat untuk Menambah Tinggi Badan serta Kesehatan Tulang

Destiara Anggita Putri
28 Oktober 2022, 10:59
makanan sehat untuk menambah tinggi badan
Unsplash
Ilustrasi, makanan sehat.

Pada umumnya, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Tidak hanya itu, makanan yang dikonsumsi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang dan tinggi badan. 

Tentunya, makanan yang perlu dikonsumsi adalah makanan sehat yang mengandung kalsium, protein serta mineral yang baik bagi pertumbuhan tulang. Walaupun tidak bisa menambah tinggi badan orang dewasa, mengkonsumsi makanan ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang sehingga menurunkan resiko terkena penyakit tulang

Advertisement

Jika Anda tidak tahu makanan apa saja itu, simak penjelasan tentang delapan makanan sehat untuk menambah tinggi badan berikut ini.

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan sehat yang bisa dipilih untuk membantu menambah tinggi badan. Sama seperti sayuran hijau lainnya, bayam mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, kalsium, zat  besi, magnesium,   dan kalium.

Tidak hanya itu, dikutip dari sebuah studi dalam Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism, bayam juga mengandung vitamin K yang bagus untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini juga dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena osteoporosi yang dapat menurunkan massa tulang dan mempengaruhi tinggi badan seiring bertambahnya usia.

2. Brokoli

Sayuran lain yang bisa Anda konsumsi untuk menambah tinggi badan adalah brokoli. Alasannya brokoli merupakan sayuran yang mengandung tinggi kalsium yang mudah didapatkan. 

Hal ini juga telah dibuktikan oleh National Osteoporosis Foundation yang menemukan bahwa brokoli mengandung sebanyak 60 miligram kalsium dalam satu cangkir atau setara 128 gram penyajian. 

Tidak hanya kalsium, brokoli juga mengandung vitamin,  zat besi, serat, dan bakaan zat antikanker yang sangat baik bagi kesehatan. 

3. Kedelai 

Tempe dan tahu yang biasa Anda konsumsi ternyata dapat membantu menambah tinggi badan.  Hal ini dikarenakan kedelai yang menjadi bahan utama kedua makanan ini mengandung protein tinggi yang setara dengan protein hewani.

Tidak hanya protein, produk kedelai seperti tahu dan susu juga mengandung kalsium tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu mengkonsumsi kedelai secara teratur untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda.

4. Kacang Polong

Selain kedelai,  Anda juga bisa mengkonsumsi kacang polong untuk menambah tinggi badan. Namun pastikan Anda memiih kacang polong yang segar dan tidak kering.

Makan ini merupakan sumber protein nabati yang baik serta kaya akan zat besi dan vitamin B. Tidak hanya, kacang polong juga memiliki nutrisi lain seperti serat, magnesium, dan zinc.  Semau nutrisi ini baik untuk kesehatan termasuk untuk tinggi badan.

5. Daging Ayam

Selain protein nabati, Anda juga bisa menahan tinggi badan dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein hewani seperti daging ayam. Hal ini dikarenakan  sejumlah studi menemukan bahwa daging merupakan sumber protein dengan tingkat IGF-1 (insulin-like growth factor 1)  yang tinggi sehingga dapat meningkatkan mineralisasi tulang 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement