Menilik Besaran Bunga Pinjaman Bank BRI Berdasarkan Jenis Pinjamannya

Anggi Mardiana
1 November 2022, 15:34
bunga pinjaman bank bri
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi, Gedung PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Bunga pinjaman adalah jumlah biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh nasabah kepada bank. Fasilitas pinjaman dari perbankan bisa dimanfaatkan nasabah untuk memenuhi beragam kebutuhan mengingat rentang waktu pinjaman yang variatif sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Salah satu bank nasional yang menjadi tujuan untuk mengajukan pinjaman, adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI. Bank berstatus BUMN ini, menyediakan beragam produk pinjaman yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah sesuai dengan kebutuhannya. Masing-masing produk pinjaman BRI ini memiliki tingkat bunga yang berbeda.

Patut diingat, apapun jenis pinjaman yang akan diambil, pastikan Anda benar-benar membutuhkannya dan bisa menggunakan uangnya dengan baik. Jangan sampai uang pinjaman habis untuk hal-hal yang tidak perlu dan menyisakan utang berkepanjangan.

Jenis-jenis Pinjaman dan Besaran Bunga Pinjaman Bank BRI

Bank BRI memiliki banyak jenis pinjaman dengan besar bunga pinjaman bank BRI beragam, berikut di antaranya:

1. KPR BRI

KPR BRI merupakan jenis pinjaman kepemilikan rumah. Pembayaran rumah dengan menggunakan KPR hanya mengeluarkan jumlah uang muka sebesar 10% saja dari harga unit yang akan dibeli. Kabar baik lainnya, KPR bisa digunakan untuk merenovasi rumah dan pembangunan rumah baru. Besar bunganya berkisar 3.6-6.3%.

2. KPRS BRI

Jenis kredit BRI selanjutnya ialah KPRS BRI untuk kepemilikan rumah bersubsidi. Syaratnya calon debitur merupakan masyarakat dengan penghasilan rendah (MBR) dan standar gaji berada di bawah Rp 4 juta per bulan. Adapun suku bunga pinjaman bank BRI ini ialah 5%.

3. Kredit Mobil Bekas atau Baru

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil bekas atau baru maka bisa menggunakan kredit BRI jenis ini. Dengan pinjaman ini, nasabah tidak akan dikenakan biaya provisi. Adapun tenor untuk kredit mobil baru maksimal 6 tahun dan mobil bekas 4 tahun dengan besar bunga 4,99% – 6,65%.

4. Kredit Investasi

Kredit investasi adalah jenis pinjaman yang diberikan oleh bank BRI untuk pembiayaan aktiva atau barang modal di suatu perusahaan. Biasanya digunakan untuk pengadaan mesin, kendaraan, bangunan, peralatan dan lainnya. Yang maana sifat kreditnya jangka panjang dan besar bungnya berkisar 6%.

5. Kredit Kemitraan

Jenis pinjaman bank BRI selanjutnya adalah kredit investasi yang bisa Anda manfaatkan untuk modal kerja atau membeli barang yang ditujukan untuk meningkatkan produksi. Beberapa sektor yang memanfaatkan layanan kredit investasi yaitu perikanan, peternakan, perkebunan dan pertanian.

6. Briguna Pendidikan

Briguna pendidikan adalah fasilitas pelayanan kredit untuk membiayai pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Meski untuk membiayai pendidikan, Anda harus memiliki penghasilan tetap terlebih dahulu yang dibuktikan dengan slip gaji.

7. Kupedes

Kupedes adalah jenis pinjaman yang diberikan oleh bank BRI untuk individu dan pelaku usaha. Jenis pinjaman bank BRI ini berlaku untuk sejumlah sektor seperti industri, perdagangan, pertanian dan lainnya. Adapun besar suku bunganya ialah 0,9% per bulan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...