3 Cara Menabung di Bank BRI, Lewat ATM, BriLink, dan Teller

Anggi Mardiana
1 November 2022, 17:57
cara menabung di bank bri
BRI
Ilustrasi, Agen BRILink melayani nasabah.

Cara menabung di Bank BRI rupanya masih menjadi pertanyaan bagi sebagian nasabah baru. Caranya relatif mudah dan simpel sehingga nasabah tidak akan kesulitan dan bingung saat melakukannya.

Sebagai informasi, BRI merupakan bank tertua yang ada di Indonesia. BRI sudah berdiri sejak tahun 1985 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofde. Tidak heran jika sampai saat ini jumlah nasabahnya tergolong banyak.

Cara menabung di bank BRI bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni datang langsung ke kantor cabang, melalui Agen BRILink dan ATM BRI. Secara perinci, berikut langkah-langkah yang harus diikuti dari masing-masing cara menabung yang dimaksud.

1. Melalui Teller

Jika Anda menabung melalui teller maka harus datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah tiba di BRI, ambil nomor antrian teller.
  • Tunggu hingga nomor antrian dipanggil.
  • Jika sudah dipanggil silahkan katakana tujuan untuk menabung.
  • Teller akan meminta Anda mengisi formulir setoran tunai.
  • Isi formulir tersebut meliputi informasi rekening kelengkapan data dan jumlah uang yang disetorkan.
  • Serahkan formulir setoran yang sudah diisi dan Anda akan mendapat bukti setoran tabungan.

2. ATM Setor Tunai

Cara menabung di Bank BRI selanjutnya ialah melalui ATM setor tunai. Menabung dengan cara ini tidak memerlukan persyaratan buku tabungan dan KTP. Adapun beberapa langkahnya, sebagai berikut:

  • Datang ke gerai ATM dan memilih mesin setor dan tarik tunai.
  • Masukan ATM dan pinnya.
  • Pilih “Setor Tunai” yang tertera di layar mesin ATM.
  • Setelah mesin penyimpanan uang dibuka, rapihkan uang dan masukan.
  • Minimal pecahan uang yang dimasukan ialah Rp 50.000.
  • Setelah dimasukan, tekan setor.
  • Tunggu hingga bukti setoran keluar.
  • Selesai.

3. Melalui Agen BRILink

Cara menabung di bank BRI juga bisa dilakukan melalui Agen BRI Link. Namun, Anda harus menyiapkan dana lebih untuk membayar administrasi. Biayanya cukup beragam mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Adapun, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan uang untuk menabung.
  • Cari agen BRI Link Terdekat.
  • Berikan uang dan nomor rekening.
  • Sampaikan keperluan jika Anda ingin menabung.
  • Pihak agen BRI Link akan memproses transaksi hingga selesai.
  • Jika sudah, pihak agen BRI Link akan memberikan struk bukti setor tunai.
  • Bayar dana untuk administrasi.

Cara Membuka Tabungan di Bank BRI

Bagi Anda yang belum memiliki nomor rekening tabungan BRI maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan Dokumen Persyaratan dan Uang Setoran Awal

Langkah pertama membuat rekening bank BRI ialah menyiapkan dokumen dan setoran awal. Persyaratan yang dibutuhkan di antaranya KTP, NPWP (jika ada). Adapun bagi WNA bisa menyiapkan KIMS, KITAP/KITAS. Untuk jumlah setoran awalnya menyesuaikan jenis tabungan, misalnya simpedes setoran awalnya Rp 50.000.

2. Datang ke Cabang BRI Terdekat

Jika dokumen sudah siap, silahkan datang ke kantor cabang BRI terdekat. Ambil nomor antrian customer service dan tunggu hingga dipanggil. Setelah itu, katakan bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan sambil menyerahkan dokumen persyaratan.

3. Mengisi Formulir dan Tentukan Jenis Tabungan

Selanjutnya customer service akan memberikan formulir untuk Anda isi. Jika sudah diisi, pastikan kembali datanya benar. Untuk jenis tabungan bisa disesuaikan dengan kebutuhan misalnya Haji, Junio, Simpedes dan lainnya.

4. Lakukan Setoran Awal

Setelah pendaftaran berhasil dilakukan, customer service akan mengarahkan Anda untuk melakukan setoran awal. Silahkan ambil nomor antrian teller dan serahkan setoran awal sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan. Nomor rekening pun siap digunakan.

Jenis-jenis Tabungan BRI

Tidak hanya mengetahui cara menabung di bank BRI, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis tabungan yang dimiliki oleh bank BRI. Berikut jenis-jenis tabungan BRI, dilansir dari bri.co.id:

1. Simpedes

Simpedes merupakan tabungan yang cukup banyak digunakan oleh nasabah BRI. Dengan jumlah setoran awal hanya Rp 50.000, Simpedes sangat mudah diakses oleh segala kalangan.

Simpedes merupakan tabungan mata uang rupiah yang rekeningnya dapat dibuka di seluruh unit kerja BRI. Syarat membuka tabungannya juga tidak sulit. Calon nasabah cukup mengisi formulir, melengkapi identitas diri baik perorangan maupun non-perorangan, lalu melakukan setoran awal.

2. Simpedes TKI

Sesuai namanya, tabungan ini diperuntukkan bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI), sebagai penyaluran gaji sekaligus mempermudah transaksi.

Syarat untuk membuka rekening Simpedes TKI, adalah mengisi formulir, melampirkan kopi identitas seperti KTP, SIM, atau Paspor yang disertai surat rekomendasi dari PPTKIS, dan setoran awal sebesar Rp 10.000.

3. BritAma

Jenis tabungan ini menawarkan beberapa keunggulan, antara lain fasilitas e-banking, kartu ATM atau debit yang bisa digunakan di beberapa jaringan, serta asuransi kecelakaan diri.

Untuk membuka tabungan BritAma, pertama-tama isi formulir beserta identitas diri seperti KTP dan NPWP untuk WNI, serta Paspor dan KIMS, KITAP, atau KITAS untuk warga negara asing (WNA). Untuk setoran awal, calon nasabah diwajibkan menyiapkan uang sebesar Rp 250.000.

4. BritAma Bisnis

BritAma Bisnis merupakan jenis tabungan yang cocok untuk para pelaku bisnis. Keuntungan tabungan ini, adalah pembebasan biaya administrasi jika saldo rata-rata per bulannya minimal Rp 5 juta.

Selain itu, tabungan ini juga memiliki layanan internet banking juga memiliki limit real-time gross settlement (RTGS) hingga Rp 1 miliar dan overbooking hingga Rp 5 miliar.

Persyaratan membuka rekening tabungan BritAma Brisnis adalah mempersiapkan identitas beripa KTP dan NPWP bagi WNI, atau paspor serta surat keterangan bagi WNA. Untuk setoran awal, BRI mematok minimal Rp 1 juta.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...