Memahami 3 Struktur Teks Editorial dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
13 November 2022, 21:25
Struktur Teks Editorial
Pexels.com/Cottonbro
Ilustrasi, teks editorial

Teks editorial biasanya ditemukan dalam surat kabar. Isi teks editorial yaitu tanggapan redaksi terhadap suatu peristiwa. Fenomena yang dimuat dalam surat kabar ini aktual dan sesuai informasi. Dalam teks editorial juga diperlihatkan pandangan redaksi, kritik, dan sarapan suatu permasalahan.

Mengutip dari buku Intisari Materi Bahasa Indonesia SMA : Plus Soal AKM, editorial adalah artikel yang dimuat dalam surat kabar atau mahalan. Isi editorial menjelaskan pendirian editor dan pimpinan surat kabar dalam menjelaskan fenomena. Terdapat informasi, masalah aktual, dan penegasan pentingnya masalah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, editorial adalah artikel yang mengungkapkan pendirian editor atau pimpinan surat kabar. Artikel berisi beberapa pokok masalah. Editorial dikenal juga sebagai tajuk rencana.

Ciri-ciri Teks Editorial

1. Aktual dan Faktual

Artinya teks tersebut menyajikan informasi yang mengedepankan fakta. Informasi ini banyak dibicarakan masyarakat.

2. Sistematis dan Logis

Dalam menyusun teks editorial menggunakan struktur dan kaidah kebahasaan. Proses penyusunan harus sistematis (berurutan) dan logis (tidak imajinatif).

3. Argumentatif

Teks berisi pendapat pribadi (opini) dan redaksi. Dalam menjelaskan suatu peristiwa terdapat argumen dari sudut pandang redaksi. Dalam teks editorial fakta dan opini termasuk informasi penting di dalamnya. Fakta didapatkan dari observasi penulis. Sedangkan opini adalah anggapan dan pendapat berdasarkan fakta yang muncul.

Fungsi Teks Editorial

Manfaat teks editorial ini untuk mengajak pembaca atau pendengar ikut berpikir. Masyarakat diajak memberikan pandangan terkait isu tertentu yang ramai dibicarakan. Selain itu fungsi teks editorial yaitu:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...