Memahami Rumus Excel untuk Admin dan Rumus Dasar Wajibnya
Microsoft Excel menjadi salah satu software yang penting dalam kehidupan mas akini. Pasalnya, Excel menjadi software yang berguna untuk analisis data dan dokumentasi yang biasanya digunakan oleh admin.
Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini rumus excel untuk admin selengkapnya yang dapat digunakan untuk administrasi, laporan keuangan, identitas anggota, dan lain sebagainya.
1. Rumus Excel untuk Admin Berupa Count
Rumus Excel Count diperlukan untuk menjumlah cell yang berisi angka. Berikut penjelasannya:
Rumus Count
count(value1,[value2],........]
Contoh Count
=count(b1:b13)
2. Rumus Excel untuk Admin Berupa SumIF
Rumus Excel untuk admin berikutnya adalah SumIF. Fungsi SumIF adalah menjumlahkan item di tabel excel yang cocok dengan kondisi tertentu.
Rumus SumIF
sumif(range,criteria,[sum_range])
Contoh SumIF
=sumif(b1:b6,"Asin",B1:B6)
3. Rumus Excel untuk Admin Berupa IF
Rumus Excel untuk admin yang berupa IF berfungsi mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi tertentu. Berikut ini rumus IF selengkapnya.
Rumus IF
IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Contoh IF
=IF(1<2,"Kanan","Kiri") > "Kanan" =IF(1>2,"Kanan","Kiri") > "Kiri"
4. Rumus Excel untuk Admin Berupa CountA
Berbeda dari Count, rumus Excel CountA berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang terdapat data di dalamnya.
Rumus CountA
counta(value1,[value2],..]
Contoh CountA
=counta(a1:a10)
5. Rumus Excel untuk Admin Berupa CountIF
Rumus Excel berikutnya adalah CountIF. CountIF berfungsi menghitung jumlah cell pada range yang memiliki kriteria tertentu di dalamnya.
Rumus CountIF
countif(range,criteria)
Contoh CountIF
=countif(c1:c10,"A")
6. Rumus Excel untuk Admin Berupa SUM
Rumus Excel berikutnya adalah SUM. SUM berguna saat ingin menjumlahkan angka di atasnya.
Rumus SUM
=SUM (number1; number2)
Contoh SUM
=sum(5,3)
Hasil: 8
7. Rumus Excel untuk Admin Berupa Lower
Rumus Excel berikutnya adalah Lower. Rumus Lower berguna untuk mengubah teks dari bentuk lain ke lower case atau huruf kecil semua.
Rumus Lower
lower(text)
Contoh Lower
=lower("Saya Minum Susu Setiap Hari Jumat") > saya minum susu setiap hari jumat
8. Rumus Excel untuk Admin Berupa Upper
Rumus Excel yang digunakan untuk admin berikutnya adalah Upper. Upper berfungsi untuk mengubah teks ke bentuk upper case atau tulisan dengan huruf besar.
Rumus Upper
Upper(text)
Contoh Upper
=upper("saya cinta indonesia dan ingin berkontribusi untuk bangsa") > SAYA CINTA INDONESIA DAN INGIN BERKONTRIBUSI UNTUK BANGSA
9. Rumus Excel untuk Admin Berupa SumIfs
Rumus Excel berikutnya adalah SumIfs. Fungsi dari rumus SumIfs yakni mencari item pada kolom dan mengambil nilai di kolom lain. Contohnya yakni ketika seseorang masih mencari tahu kapan hari besar atau identitas lainnya yang sesuai kriteria.
Rumus SumIfs
sumifs(sum_range,criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...)
Contoh SumIfs
=sumifs(d1:d10,a1:a10,'Jojon",E1:E10,"Desember")