Memahami Rumus Excel untuk Admin dan Rumus Dasar Wajibnya
Microsoft Excel menjadi salah satu software yang penting dalam kehidupan mas akini. Pasalnya, Excel menjadi software yang berguna untuk analisis data dan dokumentasi yang biasanya digunakan oleh admin.
Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini rumus excel untuk admin selengkapnya yang dapat digunakan untuk administrasi, laporan keuangan, identitas anggota, dan lain sebagainya.
1. Rumus Excel untuk Admin Berupa Count
Rumus Excel Count diperlukan untuk menjumlah cell yang berisi angka. Berikut penjelasannya:
Rumus Count
count(value1,[value2],........]
Contoh Count
=count(b1:b13)
2. Rumus Excel untuk Admin Berupa SumIF
Rumus Excel untuk admin berikutnya adalah SumIF. Fungsi SumIF adalah menjumlahkan item di tabel excel yang cocok dengan kondisi tertentu.
Rumus SumIF
sumif(range,criteria,[sum_range])
Contoh SumIF
=sumif(b1:b6,"Asin",B1:B6)
3. Rumus Excel untuk Admin Berupa IF
Rumus Excel untuk admin yang berupa IF berfungsi mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi tertentu. Berikut ini rumus IF selengkapnya.
Rumus IF
IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Contoh IF
=IF(1<2,"Kanan","Kiri") > "Kanan" =IF(1>2,"Kanan","Kiri") > "Kiri"
4. Rumus Excel untuk Admin Berupa CountA
Berbeda dari Count, rumus Excel CountA berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang terdapat data di dalamnya.
Rumus CountA
counta(value1,[value2],..]
Contoh CountA
=counta(a1:a10)
5. Rumus Excel untuk Admin Berupa CountIF
Rumus Excel berikutnya adalah CountIF. CountIF berfungsi menghitung jumlah cell pada range yang memiliki kriteria tertentu di dalamnya.
Rumus CountIF
countif(range,criteria)
Contoh CountIF
=countif(c1:c10,"A")
6. Rumus Excel untuk Admin Berupa SUM
Rumus Excel berikutnya adalah SUM. SUM berguna saat ingin menjumlahkan angka di atasnya.
Rumus SUM
=SUM (number1; number2)
Contoh SUM
=sum(5,3)
Hasil: 8
7. Rumus Excel untuk Admin Berupa Lower
Rumus Excel berikutnya adalah Lower. Rumus Lower berguna untuk mengubah teks dari bentuk lain ke lower case atau huruf kecil semua.
Rumus Lower
lower(text)
Contoh Lower
=lower("Saya Minum Susu Setiap Hari Jumat") > saya minum susu setiap hari jumat
8. Rumus Excel untuk Admin Berupa Upper
Rumus Excel yang digunakan untuk admin berikutnya adalah Upper. Upper berfungsi untuk mengubah teks ke bentuk upper case atau tulisan dengan huruf besar.
Rumus Upper
Upper(text)
Contoh Upper
=upper("saya cinta indonesia dan ingin berkontribusi untuk bangsa") > SAYA CINTA INDONESIA DAN INGIN BERKONTRIBUSI UNTUK BANGSA
9. Rumus Excel untuk Admin Berupa SumIfs
Rumus Excel berikutnya adalah SumIfs. Fungsi dari rumus SumIfs yakni mencari item pada kolom dan mengambil nilai di kolom lain. Contohnya yakni ketika seseorang masih mencari tahu kapan hari besar atau identitas lainnya yang sesuai kriteria.
Rumus SumIfs
sumifs(sum_range,criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...)
Contoh SumIfs
=sumifs(d1:d10,a1:a10,'Jojon",E1:E10,"Desember")
10. Rumus Excel untuk Admin Berupa Match
Rumus Excel berupa Match berfungsi untuk menunjukkan posisi item di tabel yang cocok dengan kriteria tertentu. Contohnya jika pengguna ingin mencari apakah di tabel tersebut ada kata tertentu.
Rumus Match
match(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh Match
=match("Buah",A1:A20,0)
11. Rumus Excel untuk Admin Berupa Round
Rumus Excel untuk admin berikutnya adalah Round. Round berfungsi untuk membulatkan angka ke angka desimal.
Rumus Round
round(number,num_digit)
Contoh Round
=round(3:233489,2)
12. Rumus Excel untuk Admin Berupa Proper
Fungsi rumus Excel Proper adalah mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).
Proper menjadi salah satu rumus excel yang digunakan. Fungsi rumus ini yakni mengubah teks ke huruf sentence case atau huruf pertama menjadi huruf besar.
Rumus Proper
Proper(text)
Contoh Proper
=proper("saya sUka SEKali dEngan buKu") > Saya suka sekali dengan buku
13. Rumus Excel untuk Admin Berupa VLookUp
Rumus Excel berikutnya adalah VlookUp. Fungsi VLookUp adalah mencari item di kolom, tabel kemudian mengambil nilai dari kolom lain pada tabel yang dimaksud. Contohnya jika pengguna ingin mengetahui jumlah anak dari seseorang yang ada pada data.
Rumus VLookUp
vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh VLookUp
=vlookup("Melani",A1:C11,3,0)
14. Rumus Excel untuk Admin Berupa Trim
Rumus Excel berikutnya adalah rumus excel Trim. Rumus ini memiliki fungsi untuk membenarkan teks dengan menghapus adanya spasi yang berlebihan.
Rumus Trim
trim(text)
Contoh Trim
=trim("Anna sedang minum kelapa muda")
Itulah 14 rumus excel untuk admin yang mudah dipelajari. Namun pada pokoknya terdapat 4 jenis rumus excel untuk admin yang wajib diketahui, yang merupakan rumus dasar. Apabila sudah mengetahui rumus dasar, maka seorang admin dapat memahami 14 rumus yang telah dijelaskan.
Rumus Dasar Excel
1. Rumus SUMIF & SUMIFS
Rumus ini digunakan untuk admin gudang dalam membuat laporan gudang.
Contoh rumus untuk menghitung total penjualan
=SUMIF(B2:B8,">120000")
Contoh untuk menghitung produk yang dijual
=SUMIF(B2:B8,">120000",C2:C8)
Pengguna cukup menyesuaikan dengan kolom yang dimaksud
2. Rumus IFERROR dan INDEX
Rumus ini digunakan oleh admin keuangan untuk menyusun laporan keuangan. Rumus IFERROR digunakan saat admin mencari nilai tertentu jika rumus excel yang digunakan menghasilkan nilai ERROR. Penggunaan rumus INDEX dan IFERROR diaplikasikan pada nota penjualan barang, arus keluar masuk barang, slip gaji, dan lain sebagainya.
Contoh rumus INDEX
=INDEX(A3:D12,5,3)
Artinya yakni dari data cell A3 sampai D12 di baris ke 5 dan 3.
3. Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP
Seperti yang sudah dijelaskan di atas rumus VLOOKUP cukup mudah diterapkan. Rumus LOOKUP untuk mencocokan data teks atau numerik, sedangkan VLOOKUP dan HLOOKUP untuk mencocokan data numerik saja.
4. Rumus Excel Dasar IF
Rumus excel dasar IF digunakan untuk administrasi perkantoran. Rumus excel untuk admin yang berupa IF berfungsi mengambil salah satu nilai suatu kondisi tertentu. Berikut ini rumus IF selengkapnya.
Rumus IF
IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Contoh IF
=IF(50>,"Lulus","Tidak Lulus") > "Kanan" =IF(50<,"Lulus","Tidak Lulus") > "Tidak Lulus"
Selanjutnya dapat diketahui bahwa penggunaan software Microsoft Excel akan sangat membantu apabila penggunanya mengetahui rumus agar lebih efektif penggunaannya.