Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Perlu Diperhatikan

Ghina Aulia
15 November 2022, 18:21
Cara Menentukan Jurusan Kuliah
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww.
Ilustrasi, petugas menyusun jarak bangku untuk perkuliahan di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Medan, Sumatera Utara.

Selesai menempuh pendidikan tingkat menengah atau sekolah menengah atas (SMA), perjalanan akademis seseorang umumnya akan berlanjut ke jenjang pendidikan tinggi. Salah satu dilema yang kerap terjadi, adalah menentukan jurusan kuliah.

Beberapa orang sudah menentukan pilihan sejak awal untuk masuk ke jurusan kuliah atau konsentrasi pendidikan tertentu di perguruan tinggi. Ini terutama untuk orang yang sudah mengetahui minat dan bakat yang dimiliki.

Advertisement

Namun, masih banyak siswa SMA yang kebingungan hendak memilih jurusan kuliah. Selain masih bimbang, hal yang juga ditakuti adalah salah memilih jurusan, yang biasanya menyebabkan kurang lancarnya proses perkuliahan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, ulasan berikut ini akan menguraikan bagaimana cara menentukan jurusan kuliah.

Sebelum masuk ke pembahasan, cara yang paling sederhana adalah berkonsultasi dengan konselor pendidikan. Misalnya Guru BK di sekolah. Selain itu, juga bisa dengan orang tua. Namun, penentuan bidang studi utamanya menjadi pilihan yang muncul dari dalam diri sendiri. Dilansir dari situs Zety, berikut ini adalah ulasannya.

Cara Menentukan Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah bisa menjadi tonggak karir Anda di masa depan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui minat dan keinginan. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah potensi dan tujuan yang ingin dicapai.

1. Identifikasi Minat, Nilai, Passion dan Kemampuan

Minat, nilai, passion dan kemampuan merupakan empat hal penting yang diketahui dari diri Anda sendiri. Ketika sudah tahu betul, Anda dapat mengambil jurusan kuliah yang sejalan.

Tujuannya, adalah mengembangkan apa yang sudah Anda miliki agar bisa lebih mahir. Namun Anda juga harus memastikan bahwa minat tersebut adalah yang paling cocok dan menanamkan prinsip bahwa itulah pilihan Anda.

2. Pertimbangan Masa Depan

Seperti yang beberapa kali dibahas di paragraf-paragraf sebelumnya, masa depan bisa menjadi hal utama yang dijadikan pertimbangan. Sederhananya, Anda dapat memperkirakan profesi apa yang ingin dijalani nanti. Bisa dari aspek pekerjaan, ekonomi dan peluang Anda mencapainya.

3. Pilih Universitas yang Tepat

Salah satu yang penting juga adalah menentukan kampus. Pastikan bahwa jurusan yang diinginkan berada di universitas yang memadai. Baik dari segi fasilitas, pengajar dan penunjang lainnya.

Anda harus mencari tahu apakah bakat dan minat Anda dapat dikembangkan secara maksimal atau tidak. Tidak hanya itu, mungkin Anda juga bisa mempertimbangkan hubungan kemitraan kampus untuk mencapai perusahaan impian.

4. Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Meski terkesan sepele, Anda sebaiknya memberikan waktu untuk merenung dan memikirkan lebih dalam mengenai jurusan yang akan dipilih. Dilansir dari Zety.com, beberapa kampus di Amerika Serikat (AS) biasanya memberikan waktu calon mahasiswa untuk memilih program studi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement