Ragam Rumus Perkalian Excel yang Mudah Dipahami

Tifani
Oleh Tifani
16 November 2022, 13:06
Rumus Perkalian Excel
Katadata
Ilustrasi, seorang perempuan bekerja menggunakan Microsoft Excel.

Microsoft Excel adalah salah satu alat profesional yang paling mudah digunakan saat ini. Excel biasa digunakan untuk mengerjakan operasi dasar yang berkaitan dengan angka, data, grafik dan masih banyak lagi.

Maka tak herankan apabila aplikasi ini memiliki banyak formula rumus yang dapat digunakan. Salah satunya adalah rumus perkalian Excel.

Rumus Perkalian Excel

Rumus perkalian excel menjadi salah satu formula paling dasar untuk dipahami. Cara menerapkan rumus ini juga terbilang sederhana, cepat, dan mudah.

Dikutip dari laman support.microsoft.com, rumus perkalian Excel ini sangat membantu pengguna dalam mengolah data agar tidak perlu manual, sehingga dapat cepat diselesaikan. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk menggunakan rumus perkalian Excel.

1. Rumus Perkalian Excel yang Sederhana

Rumus ini cukup sederhana dan mudah dipahami. Formula ini juga disebut sebagai rumus asterisk (*) karena dalam penerapannya, akan menggunakan simbol asterisk atau bintang (*).

Contohnya, jika akan mengalikan angka 5 dengan 4, maka rumusnya adalah =5*4. Rumus ini juga berlaku untuk mengalikan bilangan yang ada dalam cell.

Misalnya, jika akan mengalikan angka dalam cell A1 dan A2, maka pada kolom hasil rumusnya yaitu =A1*A2.

2. Perkalian Menggunakan Nilai Konstanta

Rumus perkalian excel yang satu ini sangat membantu jika akan mengalikan data dengan nilai konstanta. Nilai konstanta adalah nilai yang tidak berubah atau tetap.

Penerapan formula ini hanya dengan menambah simbol $ pada rumus. Sebagai contoh, ketika akan mengalikan angka pada kolom A2 dengan C4, maka rumusnya yaitu =A2*$C$4.

Penggunaan simbol $ sebagai tanda bahwa angka pada cel C4 bersifat absolut atau tidak bisa diubah. Rumus ini dapat langsung diterapkan pada kolom lain dengan cara menyeret formula ke kolom selanjutnya.

3. Fungsi PRODUCT dalam Excel

Rumus ini cocok untuk mengalikan data dengan jumlah banyak secara otomatis. Dengan menggunakan fungsi PRODUCT, kita dapat mengerjakan perkalian data pada satu range sekaligus.

Contohnya, jika akan mengalikan angka pada cell B2 hingga B10, maka rumus Excel dapat ditulis sebagai berikut: =PRODUCT(C2:C10). Tanda titik dua (:) diartikan sebagai range atau rentang datanya, jadi bukan tanda bagi.

4. Rumus Perkalian Excel dengan Presentase

Cara menghitung presentase atau persen tentunya sering dibutuhkan dalam proses pembuatan laporan. Excel memiliki cara cepat dalam mengalikan bilangan dengan persentase.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...