Cara Menutup Tabungan Emas Pegadaian di Kantor Cabang Terdekat

Anggi Mardiana
17 November 2022, 21:30
cara menutup tabungan emas pegadaian
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz
Ilustrasi, nasabah melakukan transaksi di salah satu Kantor Cabang Pegadaian.

Cara menutup tabungan emas Pegadaian masih banyak ditanyakan karena memang jumlah orang yang menabung emas di sini tidak sebanyak nasabah bank. Anda bisa menutup tabungan emas dengan mudah jika tidak ingin melanjutkannya.

Banyak orang menutup tabungan emas di Pegadaian karena sejumlah alasan, salah satunya terdapat biaya yang harus dibayar per tahun. Ditambah sudah banyak fasilitas tabungan yang menggratiskan biaya admin sehingga lebih menarik bagi konsumen.

Ada juga yang memilih menutup tabungan emas Pegadaian karena harga buyback lebih rendah daripada pembelian sehingga dinilai merugikan. Menabung emas di Pegadaian memang lebih cocok digunakan untuk investasi jangka panjang.

Syarat Menutup Tabungan Emas di Pegadaian

Memang ada kerugian yang harus ditanggung oleh konsumen mulai dari harga buyback yang lebih rendah sehingga agar balik modal harus menunggu harga emas naik. Untuk menunggunya membutuhkan waktu beberapa bulan hingga tahunan.

Untuk menutup tabungan emas di Pegadaian tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena ada syarat dan biaya yang perlu disiapkan. Namun pada dasarnya akun Pegadaian digital tidak bisa dihapus tapi tetap bisa menutup rekening tabungan emas tersebut. Jadi akun tetap bisa digunakan, hanya saja tidak bisa melakukan buyback.

Persyaratan menutup tabungan emas di Pegadaian relatif mudah. Berikut beberapa hal yang harus dipenuhi dan disiapkan, kami lansir dari triveks.com:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • NPWP.
  • Buku tabungan emas Pegadaian.
  • CIF Pegadaian.
  • Nama, NIK, alamat surat, nomor HP atau email.
  • Swafoto pemilik rekening emas Pegadaian.
  • Pastikan saldo tabungan emas sudah dicairkan.
  • Katakan alasan menutup tabungan emas Pegadaian.
  • Siapkan uang untuk membayar admin.

Besar biaya admin tabungan emas Pegadaian ialah Rp 30.000. Biaya ini akan diberikan kepada petugas Pegadaian di kantor tempat Anda terdaftar sebagai nasabah. Saat menutup tabungan emas Pegadaian, Anda tetap bisa melakukan pencairan emas menjadi tunai sesuai dengan saldo yang tersedia

Cara Menutup Tabungan Emas Pegadaian

Menutup tabungan emas Pegadaian bisa dilakukan di kantor cabang terdekat. Alamatnya bisa dilihat di buku tabungan emas atau aplikasi Pegadaian Digital. Proses menutupnya bisa dilakukan dalam hitungan menit, yang terpenting sudah melengkapi syarat dan dokumen.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...