Melirik Sejarah Hari Dongeng Nasional dan Contoh Dongeng Terkenal

Destiara Anggita Putri
28 November 2022, 21:38
Hari Dongeng Nasional
Unsplash
Ilustrasi, seorang perempuan membaca buku.

Dongeng merupakan sebuah cerita fiksi yang bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dongeng dibuat karena terinspirasi dari sebuah peristiwa yang kemudian akan diceritakan kembali secara berulang-ulang oleh orang.

Dongeng juga memiliki pengertian yang berbeda-beda. Menurut James Danandjaja, dongeng merupakan suatu cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh empu cerita. Sedangkan menurut Poerwadarminta, dongeng merupakan cerita mengenai kejadian zaman dahulu yang aneh atau cerita yang tidak benar terjadi.  

Dongeng sendiri telah lama menjadi budaya bertutur di Indonesia. Oleh karena itu, menurut Forum Dongeng Nasional, perlu ada perhatian lebih besar terhadap dongeng dari seluruh masyarakat  Indonesia. Maka sebagai bentuk apresiasi ditetapkanlah Hari Dongeng Nasional setiap tanggal 28 November. 

Lalu, bagaimana sejarah Hari Dongeng Nasional? Simak pembahasannya berikut ini.

Sejarah Hari Dongeng Nasional

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap tanggal 28 November selalu diperingati Hari Dongeng Nasional. Peringatan ini sendiri dilakukan sejak tahun 2015 setelah dideklarasikan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penetapan Hari Dongeng Nasional pun dideklarasikan  di 11 daerah Indonesia. 11 daerah tersebut yaitu Jakarta, Bandung, Bogor. Surabaya, Lampung, Ponorogo, NTB, Makassar, Saparua, Banjarmasin, dan Pinran.

Deklarasi Hari Dongeng Nasional ini dilakukan serempak pada pukul 10.00 Wib di masing-masing kota

Penetapan Hari Dongeng Nasional sendiri tidak bisa lepas dari sejarah dan sosok Drs. Suaidi atau lebih dikenal sebagai Pak Raden. Sebagai tokoh legenda dongeng Indonesia, tanggal lahir beliau dianggap cocok untuk dijadikan sebagai Hari Dongeng Nasional.

Pak Raden sendiri lahir pada tanggal 28 November 1932. Semasa hidup, beliau banyak memberikan tayangan edukatif anak-anak melalui berbagai media, termasuk televisi.

Beliau memiliki dua karya yang cukup terkenal yaitu Si Unyil dan Laptop si Unyil. Dedikasi dan jasa beliau terhadap perkembangan anak-anak Indonesia tenunya patut mendapat perhatian lebih.

Oleh karena itu, puluhan pendongeng, komunitas dongeng, dan komunitas literasi berinisiatif menjadikan hari kelahiran Pak Raden sergai hari Hari Dongeng Nasional. Mereka pun secara sukarela mendukung inisiasi ini dengan menggelar acara dongeng secara serempak di beberapa kota. 

Contoh dan Sinopsis Dongeng Populer Indonesia

Indonesia memiliki banyak dongeng populer yang diwariskan dari masa ke masa. Dongeng dongeng ini tentunya menghibur dan sarat akan makna kehidupan. Berikut ini enam contoh dongeng populer Indonesia beserta sinopsisnya.

1. Sangkuriang

Sangkrina merupakan dongeng yang berasal dari Jawa Barat. Dongeng ini menceritakan tokoh Sangkuriang yang berkeinginan untuk menikahi seorang wanita. Namun, ia tidak mengetahui jika wanita tersebut adalah ibunya sendiri. Dayang Sumbi, sang ibu, rupanya adalah seorang bidadari yang berperawakan awet muda.

Untuk bisa menikah nianya, Sangkuriang harus bisa memenuhi syarat yang diminta. Namun, apa akhirnya, hal ini digagalkan oleh Dayang Sumbi sendiri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...