Mencermati 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Destiara Anggita Putri
29 November 2022, 20:58
Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil
Freepik
Ilustrasi, buah alpukat.

Selama masa kehamilan, calon ibu perlu memperhatikan setiap nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Hal ini dikarenakan nutrisi yang masuk ke tubuh berperan penting bagi perkembangan janin.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah buah alpukat. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki beragam nutrisi yang dapat mendukung kesehatan ibu dan janin

Lantas, apa saja manfaat buah alpukat? Berikut penjelasan lima manfaat buah alpukat untuk ibu hamil selengkapnya.

1. Baik untuk Perkembangan Janin

Selama masa kehamilan, calon ibu sebaiknya perlu mengonsumsi buah alpukat. Dilansir dari Nutrients, buah alpukat memiliki kandungan folat dan kalium yang tinggi yang baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Setengah buah alpukat sendiri mengandung sekitar 90 mikrogram (mcg). Kandungan asam folat ini dibutuhkan ibu hamil untuk memproduksi dan memelihara sel-sel baru. Dengan demikian, maka bisa mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

Kebutuhan folat ini sangat penting bagi janin terutama pada trimester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan sistem saraf pusat bayi (termasuk otak dan sumsum tulang belakang) sedang terbentuk di masa ini. Karena itulah ibu hamil perlu mengkonsumsi buah alpukat untuk mencegah cacat tulang pada bayi. 

Selain itu, asam folat yang tercukupi pada ibu hamil juga dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti depresi, anemia, cacat lahir, keguguran, dan preeklamsia.

2. Membantu Mempercepat Proses Penyerapan Nutrisi

Buah alpukat mengandung banyak kandungan yang dibutuhkan ibu hamil untuk membantu memenuhi  memenuhi asupan hariannya. Kandungan yang terdapat pada buah ini yaitu protein, vitamin A. vitamin K, folat, vitamin C, vitamin B, dan masih banyak lagi.

Vitamin C pada buah ini memiliki banyak manfaat seperti  melindung dan menjaga kesehatan sel, membentuk kolagen, mempercepat penyembuhan, memperbaiki jaringan yang rusak, dan membantu tubuh menyerap zat ebsi. 

Tidak hanya itu, kombinasi kandungan pada buah ini ternyata juga bisa memberikan manfaat lain untuk ibu hamil. Misalnya buah alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik dari sumber lainnya yang masuk ke tubuh.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang terbit dalam Nutrition Journal. Penelitian ini menunjukkan bahwa makan buah alpukat meningkatkan penyerapan karotenoid oleh tubuh yang ditemukan dalam wortel, ubi jalar, dan sayuran hijau.

Selain dari penelitian tersebut, University of New Hampshire juga telah membuktikan bahwa buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi makanan  lain yang ibu hamil konsumsi sepanjang hari. 

3. Mengontrol Kadar Gula

Ibu hamil perlu menjaga kadar gula darah dan lemak darah untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan aman. Oleh karena itulah, ibu hamil sebaiknya perlu mengonsumsi buah alpukat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...