Cara Menggunakan Motor Listrik dan Perawatannya agar Aman Berkendara

Anggi Mardiana
1 Desember 2022, 08:15
Cara Menggunakan Motor Listrik
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Ilustrasi, pengunjung melihat modifikasi motor listrik pada Pameran Kendaraan Listrik Dishub Fair, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9/2022).

Bagi pengguna baru, informasi mengenai cara menggunakan motor listrik penting diketahui. Sebab, motor listrik berbeda dibandingkan dengan motor biasa, termasuk dengan teknik mengendarainya. Di motor listrik, tidak ada getaran mesin yang dihasilkan, sehingga sulit merasakan apakah motor sudah hidup atau belum.

Menjelang tahun 2023, pemerintah menyiapkan skema subsidi untuk pembelian motor listrik baru. Kabar ini dikonfirmasi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Skema subsidi disiapkan untuk mendorong masyarakat membeli motor atau mobil yang ramah lingkungan.

Sejumlah merek yang sudah memasarkan motor listrik di antaranya Viar Motor Indonesia, ada juga dari dalam negeri, yakni PT Gesits Technologies Indonesia, dengan merek Gesits. Konsumen memilih motor listrik karena adanya kesadaran untuk mengurangi polusi udara dan dari segi komponen cenderung lebih sedikit.

Perawatan Motor Listrik

Sebelum membahas seputar cara menggunakan motor listrik, melansir dari Carmudi.co.id, perawatan motor listrik bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Mengganti Van Belt

Van belt memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang agar motor bisa melaju. Namun posisi vant belt yang terekspos dari luar dan memiliki usia pakai sampai 3.000 km sehingga harus diganti meski tarikan motor masih baik-baik saja.

Jika tidak segera diganti, dikhawatirkan van belt putus di tengah jalan. Untuk cara penggantiannya cukup mudah yaitu hanya perlu membuka baut yang berada di roda belakang dan as lengan ayun. Untuk harganya berkisar Rp 135.000 an.

2. Jangan Menerobos Banjir

Banjir menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh calon pengguna kendaraan motor listrik saat hujan. Nmaun konsumen tidak perlu khawatir karena motor listrik sudah dirancang agar tetap aman saat digunakan.

Sekitar 2 tahun ke belakang motor Gesits sudah melewati tahap uji coba dengan melewati genangan air dan terbukti tidak ada masalah. Namun sebisa mungkin menghindari banjir yang tingginya melebihi soket pengisian daya.

3. Hindari Mencuci Motor Menggunakan Air Bertekanan

Anjuran menghindari mencuci motor menggunakan air bertekanan ialah demi keamanan komponen listrik. Jangan memakai semprotan, jadi cukup menggunakan kain kanebo saja. Terutama ketika membersihkan bagian kolong bodi motor.

Jika diperhatikan, bagian kolong motor terdapat kisi-kisi udara yang bisa menjadi celah air masuk ke dalam sistem kelistrikan. Jika air masuk, cukup berbahaya karena bisa terjadi korsleting.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...