Memahami Struktur Batin Puisi untuk Membuat Puisi yang Indah

Destiara Anggita Putri
1 Desember 2022, 14:20
Struktur Batin Puisi
Unsplash
Ilustrasi, seseorang menulis puisi menggunakan mesin ketik.

Puisi merupakan salah satu karya sastra dimana penulis bisa mengekspresikan perasaan atau isi hati terhadap seseorang atau keadaan. Namun, dalam pembuatan puisi, penuis perlu memperhatikan dua unsur pada puisi yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Hal ini diperlukan untuk membangun puisi dari dalam dan luar sehungga puisi bisa menjadi indah.

Unsur intrinsik adalah unsur yang terdapat di dalam karya sastra. Terdapat dua struktur dalam unsur intrinsik yang salah satunya adalah struktur batin puisi. Simak pembahasannya lebih dalam mengenai struktur batin puisi di bawah ini.

Struktur Batin Puisi 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, unsur intrinsik pada puisi dibagi menjadi dua struktur. Salah satunya adalah struktur batin puisi yang merupakan struktur pembangun puisi dari dalam yang tidak terlihat langsung pada penulisan puisi.

Terdapat empat unsur dalam struktur batin yaitu tema, rasa, nada, dan amanat. Berikut penjelasan masing-masing unsur di bawah ini. 

1. Tema

Tema adalah unsur utama yang dalam puisi karena merupakan pokok pikiran dasar untuk membuat dan mengembangkan puisi. Tema juga bisa membantu menyampaikan pesan yang  ingin diungkapkan oleh penyair.

2. Rasa

Unsur berikutnya adalah rasa yang merupakan sikap, ungkapan, atau ekspresi penyair terhadap suatu masalah yang dituangkan ke dalam puisi. Rasa berkaitan erat dengan latar belakang sosial dan psikologi penyair seperti pendidikan, agama, jenis kelamin, status sosial. dan lain-lain.

3. Nada

Nada adalah sikap penyair terhadap pembaca yang memiliki kaitan erat dengan tema dan rasa. Unsur ini dapat membantu penyair membacakan puisinya dengan berbagai nada.

Nada dalam pembuatan puisi bisa disampaikan dengan mensihati, menggurui, bersikap tegas, atau menyindir.

4. Amanat

Amanat adalah pesan atau yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca atau audiens melalui puisinya. Amanat ini bisa diperoleh baik secara tersurat maupun tersirat

Struktur Fisik Puisi 

Selain struktur batin puisi, terdapat juga struktur fisik pada unusr intrinsik.  Struktur fisik puisi adalah struktur yang membahas bentuk fisik atau bentuk yang tampak pada puisi.

Ada enam unsur yang terdapat dalam struktur fisik puisi yaitu gaya bahasa, rima/irama, tipografi, diksi, imaji dan kata konkret. Berikut penjelasan masing-masing unsur di bawah ini. 

1. Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah cara penyair dalam menggunakan rangkaian kata untuk mengungkapkan sesuatu dalam puisinya. Setiap penyair memiliki  gaya bahasa masing-masing.

Biasanya, hal ini bisa dilihat dari majas-majas yang sering digunakan yaitu majas metafora, majas personifikasi, majas eufimisme, atau bahkan majas ironi,

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...