7 Cara Jadi Reseller Shopee Bagi Pemula agar Produk Laku Terjual

Ada 7 cara jadi reseller Shopee yang perlu dipahami agar produk laku terjual. Dengan menjadi reseller Shopee, pelaku usaha akan mendapat sejumlah keuntungan.
Image title
2 Desember 2022, 19:18
Cara Jadi Reseller Shopee
Freepik
Ilustrasi, reseller.

Informasi mengenai cara jadi reseller Shopee berguna bagi pelaku usaha pemula banyak keuntungan karena tidak membutuhkan modal besar. Terlebih jual beli online saat ini semakin digemari. Bahkan sudah banyak bisnis offline yang beralih ke online.

Jadi reseller Shopee cukup menguntungkan, dilansir dari store.sirclo.com, rata-rata jumlah kunjungan ke situs Shopee mencapai lebih dari 120 juta kali. Banyaknya kunjungan ke marketplace Shopee membuka peluang bisnis lebih besar bagi reseller.

Cara Jadi Reseller Shopee

Untuk bisa menjadi reseller Shopee tanpa mengeluarkan modal yaitu dengan menghubungi pihak supplier langsung dan mendapatkan untung dari selisih harganya. Berikut caranya:

1. Menentukan Produk untuk Dijual

Cara jadi reseller Shopee pertama ialah menentukan produk yang akan dijual. Anda bisa menjual produk apa saja namun pastikan dibutuhkan oleh banyak orang. Terkait ini, bisa mencari referensi dengan melihat produk terlaris.

2. Membuka Toko di Shopee

Berjualan di Shopee terbilang mudah karena penjual cukup menggunakan satu aplikasi saja. Untuk membuka toko di Shopee bisa masuk ke aplikasi, buka laman profil dan klik “Toko Saya”. Jika melalui situs, Anda bisa membuka laman Seller Centre.

3. Mencari Pemasok

Langkah selanjutnya yaitu mencari pemasok atau toko online di Shopee yang menyediakan produk tersebut. Tentunya akan ada banyak pemasok, pilihlah yang menawarkan harga dan kualitas baik. Cari juga pemasok terpercaya seperti menyediakan harga khusus untuk pembelian grosir lebih murah.

4. Product Knowledge

Menjadi reseller di Shopee juga perlu memahami produk yang akan dijual. Anda perlu memahami rincian produk agar bisa menjawab pertanyaan dari calon pembeli. Contohnya ketika menjadi reseller produk pakaian, ketahui jenis bahan, detail ukuran, kelebihan dan cara mencucinya.

5. Menentukan Keuntungan

Menentukan keuntungan merupakan cara jadi reseller Shopee agar untungnya jelas diketahui. Pihak reseller bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dengan mengambil produk yang memberikan harga grosir sehingga lebih murah dari harga satuan.

6. Memahami Intens Produk Reseller

Reseller berpengalaman akan terlihat dari cara menjawab pertanyaan pembeli, baik dari live chat maupun ulasan penjualan. Jika reseller asal-asalan menjawab pertanyaan maka tingkat kepercayaan pembeli akan menurun.

7. Mempromosikan Produk

Cara yang tidak kalah penting diperhatikan, adalah mempromosikan produk. Seperti reseller pada umumnya, Anda harus melakukan optimasi produk agar bisa muncul di halaman atas pencarian Shopee. Terkait hal ini, Anda perlu menambah pemahaman tentang optimasi produk agar muncul paling atas.

Keuntungan Menjadi Reseller Shopee

Menjadi reseller Shopee mendatangkan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha pemula. Tidak hanya mendapatkan keuntungan berupa uang dari hasil pembayaran dan selisih harga produk, reseller juga akan mendapat beberapa keuntungan lainnya, yakni sebagai berikut:

1. Modal Jualan Kecil

Tidak seperti toko offline pada umumnya yang mana harus menyediakan banner, tempat dan promosi dengan modal awal cukup besar. Selain itu, reseller akan mendapatkan potongan harga dari supplier jika membeli barang dalam jumlah banyak.

2. Menghemat Waktu Jualan

Jika menjadi penjual langsung, Anda harus memikirkan waktu produksi, pengemasan produk dan waktu pengiriman sedangkan reseller tidak perlu melakukannya. Karena jadi reseller, Anda hanya perlu memasarkan produk sampai ke tangan pembeli.

3. Branding Toko Sendiri

Anda pasti pernah menemukan reseller yang melakukan re-packing terhadap produknya. Tujuannya agar reseller bisa tampil sebagai toko sendiri meski produk yang dijual bukan hasil produksi sendiri. Cara ini bisa membangun branding toko dan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen.

4. Risiko Kecil

Keuntungan selanjutnya ialah risiko kerugian kecil sehingga tidak perlu memikirkan risiko. Selain itu, tidak perlu memikirkan produk rusak, produksi macet dan gagal terjual. Sebagai reseller, Anda bisa mengantisipasi barang tidak laku dengan melakukan riset terhadap barang yang paling banyak dicari.

5. Keuntungan Lebih Besar

Keuntungan menjadi seorang reseller bisa diperoleh dari perbedaan harga pembelian dan penjualan yang dikenal “Margin Keuntungan”. Semakin besar margin produk yang diperoleh maka keuntungan juga bisa semakin besar. Karena itu, pilihlah supplier yang memberikan keuntungan lebih besar.

Beberapa cara jadi reseller Shopee yang telah dijabarkan dalam ulasan ini perlu dipertimbangkan agar produk laku terjual. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh untung lebih besar. Meski menjadi reseller, tetap bisa memperoleh sejumlah keuntungan seperti modal kecil, menghemat waktu jualan, risiko kecil, branding toko sendiri dan keuntungan lebih besar.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait