Jangan Salah, Ini Penggunaan Bahasa Korea Semangat yang Baik dan Benar

Anggi Mardiana
6 Desember 2022, 12:37
Bahasa Korea Semangat
Korea.net
Ilustrasi, suporter Korea dalam pertandingan Piala Dunia.

Bahasa Korea semangat menjadi salah satu kata yang sering diucapkan dan digemari oleh penggemar K-Pop dan K-Drama. Tidak hanya kata semangat bahkan sejumlah kata Korea lainnya kerap dicari tahu untuk memahami isi konten idol tanpa memerlukan terjemahan.

Tidak perlu waktu lama untuk mempelajarinya, kini sudah banyak orang yang lancar mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Korea yang mereka dengar melalui YouTube. Banyak kata semangat yang mudah diucapkan dalam bahasa Korea, seperti hwaiting, untuk memberi semangat ke orang lain.

Apa saja bahasa Korea semangat itu, serta seperti apa penggunaannya yang baik dan benar? Simak ulasan singkat berikut ini.

Bahasa Korea Semangat "Hwaiting"

Pada dasarnya kata hwaiting merupakan bentuk "Konglish" atau “Korean English”, yang meminjam kata dari bahasa Inggris yaitu “fighting”. Kata fighting juga kerap digunakan sebagai ucapan kata semangat oleh orang Korea. Meski dalam tulisan dan pengucapan berbeda tetapi tetap memiliki arti sama.

Arti kata hwaiting sendiri adalah semangatlah atau berjuanglah. Ini menjadi salah satu kata dalam bahasa Korea yang digunakan oleh mereka untuk menyemangati orang di sekitarnya. Selain itu, kata hwaiting akan ditambahi kata “aja-aja” di bagian depan.

Biasanya orang Korea mengucapkan “Aja-aja, Hwaiting” yang artinya jangan menyerah atau jangan berhenti berjuang. Gabungan kata ini bisa diucapkan ketika melihat suatu pertandingan.

Kata hwaiting bersifat informal sehingga tidak bisa digunakan sembarangan, terlebih jika digunakan kepada orang yang lebih tua atau kedudukannya lebih tinggi. Kurang baik juga jika dikatakan kepada orang asing yang belum terlalu dekat.

Hwaiting mulai digunakan dari waktu cukup lama, yaitu sejak tentara Amerika Serikat (AS) datang ke Korea, ketika perang Korea terjadi pada awal dekade 1950-an. Kata ini kemudian diteriakkan untuk menyemangati atlet Taekwondo yang bertanding melawan AS, pada pertengahan 1980-an.

Bahasa Korea semangat ini kemudian semakin populer setelah drama yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Rain, yaitu “Full House”. Untuk informasi selengkapnya berikut momen yang cocok untuk penggunaan kata hawithing sebagai bahasa Korea semangat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...