Gwenchana Artinya Tidak Apa-apa, Ini Penjelasan Penggunaannya

Dalam bahasa Korea, Gwenchana artinya kata yang menyatakan tidak apa-apa atas suatu kabar atau menjawab permintaan maaf. Berikut ulasan mengenai penggunaan kata Gwenchana yang benar.
Image title
7 Desember 2022, 12:24
Gwenchana Artinya
Freepik
Ilustrasi, Gyeongbukgung.

Dalam bahasa Indonesia, gwenchana artinya tidak apa-apa. Kata bahasa Korea ini cocok digunakan untuk orang yang usianya lebih muda dan sudah akrab. Misalnya ke saudara, anak-anak, teman dekat atau bisa juga ke orang tua.

Kata gwenchana dalam bahasa Korea bisa menjadi pertanyaan jika diucapkan menggunakan nada naik. Misalnya menanyakan kabar seseorang apakah ia merasa baik-baik saja atau apa sesuatu tersebut bisa diterima. Untuk penggunan kata gwenchana yang benar, bisa Anda cari tahu melalui ulasan berikut.

Penggunaan Gwenchana dalam Situasi Formal dan Informal

Mengutip Lister.co.id, gwenchana artinya "tidak apa-apa" dan merupakan kata formal. Untuk bentuk formalnya, bisa menggunakan kata gwenchanayo (괜찮아요). Kata ini cenderung sopan sehingga bisa digunakan untuk beragam situasi. Namun, jika digunakan ke orang yang sudah akrab justru terkesan canggung.

Kata gwenchanayo (괜찮아요) lebih cocok digunakan untuk guru, atasan di tempat kerja, guru, kakek-nenek, orang yang kurang akrab atau lebih tua. Adapun, kata yang lebih formalnya lagi, adalah gwenchansumnida (괜찮습니다) tapi hanya digunakan di situasi resmi seperti saat presentasi, siaran berita atau pidato.

Jika di dalam kamus, bentuk dasar dari gwenchana, adalah gwenchanta (괜찮다). Ketika digunakan dalam percakapan harus menggunakan konjungsi, sehingga menjadi gwenchana atau gwenchanayo. Perbedaan gwenchana atau gwenchanayo yaitu ada penambahan “yo” sehingga jadi formal.

Contoh Penggunaan Kata Gwenchana

Penggunaan kata gwenchana bisa digunakan dalam beragam konteks kalimat. Contohnya untuk menanyakan kabar, menolak tawaran dan menerima permintaan maaf. Berikut contoh penggunaannya:

1. Menanyakan Kabar Seseorang

A: gwaenchanh-a (괜찮아)? artinya “apa kamu tidak apa-apa”
B: gwaenchana (괜찮아) artinya “tidak apa-apa”

2. Menjawab Permintaan Maaf

Untuk permintaan maaf, kata gwenchana bisa digunakan dalam kata berikut:

  • Contoh 1

A: mianhae (미안해), artinya “maaf”
B: gwaenchana (괜찮아), artinya “tidak apa-apa" atau "tidak perlu minta maaf”

  • Contoh 2

Rina: “Nomu mianhaeyo" artinya “aku sungguh meminta maaf”
Salma: “Gwenchanayo” artinya “tidak apa-apa, ini bukan masalah”

3. Menolak Tawaran

Kata gwenchana juga dapat digunakan ketika menolak tawaran bisa diucapkan seperti ini:

A: jibe teryeodajulkka (집에 데려다줄까)? artinya “mau aku antar pulang?
B: gwenchana (괜찮아) artinya “tidak perlu”

4. Forum Resmi

Bentuk kata gwenchana lainnya, adalah yaitu Gwenchanseumnida. Umumnya digunakan ketika forum resmi seperti pidato, presentasi, pengumuman atau membacakan berita di televisi. Gwenchanseumnida juga cocok digunakan kepada seseorang yang pangkatnya lebih tinggi atau usianya lebih tua. Untuk penggunaan kalimatnya yaitu sebagai berikut:

• Gwaenchanseumnida? geuleon tteus-i anieoseo joesonghabnida (괜찮습니다? 그런 뜻이 아니어서 죄송합니다), artinya "apakah Anda baik-baik saja" atau "maaf saya tidak bermaksud seperti itu".

Munjega haegyeoldoeeossseubnida. modeunge gwaenchanhseubnida (문제가 해결되었습니다. 모든게 괜찮습니다), artinya "masalah sudah diselesaikan" atau "semua baik-baik saja".

Bisa disimpulkan, kata gwenchana artinya "tidak apa-apa" sehingga cocok digunakan untuk menanyakan kabar seseorang atau menjawab permintaan maaf. Bentuk penggunaannya ada formal dan informal sehingga perlu disesuaikan dengan situasi.

Aplikasi untuk Membantu Belajar Bahasa Korea

Kata dalam bahasa Korea yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari tentunya cukup banyak, tidak hanya gwenchana, ada juga bahasa Korea semangat. Untuk belajar bahasa Korea, ada beberapa aplikasi belajar bahasa yang bisa Anda coba, berikut di antaranya:

1. Learn Korean Language & Hangul

Aplikasi belajar bahasa Korea ada Learn Korean Language & Hangul yang dikembangkan oleh Drops Languages. Pembelajaran di aplikasi ini dikemas secara otomatis dengan permainan dan kuis sehingga penggunanya bisa lebih cepat menguasai bahasa tersebut.

2. Learn Korean – Beginners

Aplikasi Learn Korean dilengkapi dengan fitur tes untuk latihan menulis, mendengarkan kosa kata bahasa Korea dan membaca. Tidak hanya itu, aplikasi Learn Korean bisa diakses secara offline dan bisa digunakan secara gratis.

3. Aplikasi Korlink Talk to Me in Korean

Aplikasi belajar Korea selanjutnya ada Korlink Talk to Me in yang dirancang untuk orang yang ingin belajar bahasa Korea secara gratis. Aplikasi ini dilengkapi dengan penjelasan dalam bahasa Inggris sehingga cocok digunakan oleh pemula.

4. Eggbun: Learn Korean Fun Aplikasi

Aplikasi Eggbun Learn Korean Fun Aplikasi bisa diunduh secara gratis di Play Store. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Eggbun memiliki sistem chatbot yang bisa berfungsi sebagai tutor untuk Anda ketika mulai belajar bahasa Korea. Aplikasi chat bisa membantu pengguna saat belajar bahasa Korea dengan lebih menyenangkan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait