Rekomendasi 7 Film Tentara Korea, Ada yang Diangkat dari Kisah Nyata

Annisa Fianni Sisma
7 Desember 2022, 14:23
Film Tentara Korea
imdb.com
Ilustrasi, cuplikan adegan dalam film 6/45

Kehidupan militer di Korea Selatan seakan menjadi menarik untuk diperbincangkan dan diangkat dalam sebuah film. Oleh karena itulah banyak film tentara Korea yang memadukan ide ini dengan berbagai kehidupan masyarakat Korea.

Berkaitan dengan hal tersebut, beberapa kisah dalam film tentara Korea seakan menjadi gambaran bagaimana kehidupan sehari-hari tentara Korea. Oleh karena itu, untuk memahami lebih lanjut, berikut ini film tentara Korea yang menarik untuk dibahas dan dijadikan pilihan saat waktu luang.

1. 6/45 (2022)

Film tentara Korea yang direkomendasikan pertama berjudul 6/45. Film ini merupakan kisah dua tentara Korea Utara dan Korea Selatan yang memperebutkan sebuah lotre. Lotre tersebut bernilai 5,7 miliar won.

Film Korea ini memiliki sentuhan komedi di dalamnya. Awalnya tentara Korea Selatan dan Korea Utara sedang memperebutkan tiket lotre. Namun angin menerbangkan selembar tiket tersebut melewati garis demarkasi militer Korea Selatan sehingga masuk ke Korea Utara.

Chun Woo yang diperankan oleh Go Pyung Pyo memenangkan lotre dengan hadiah 5,7 miliar won. Ia adalah petugas penjagaan garis depan Korea Selatan. Ia pun mengerahkan berbagai cara untuk mengambil tiket tersebut yang akan digunakan untuk masa depannya. Kisah yang menarik itu tentunya menjadi keistimewaan sendiri bagi para penonton.

Film ini menyajikan ketegangan, situasi politik, dan kondisi antara dua negara dengan komedi yang menghibur. Oleh karena itu, film ini layak masuk dalam daftar film tentara Korea yang siap ditonton bersama keluarga.

2. Ode to My Father (2014)

Film Ode to My Father merupakan film tentara Korea yang menyajikan kisah seseorang untuk menyatukan keluarganya yang terpisah. Duk Soo kehilangan ayahnya dan juga adik kandung perempuannya saat Perang Korea terjadi.

Duk Soo kemudian pergi ke Jerman untuk bekerja dan mengikuti Perang Vietnam. Ia berharap mampu menemukan adik kesayangannya.

3. Swing Kids (2018)

Film tentara Korea yang tak kalah menarik berikutnya berjudul Swing Kids. Film ini rilis pada 19 Desember 2018. Kisah film Swing Kids berlatar belakang ketika Perang Korea yakni antara Korea Utara dan Cina. Tahanan Korea Utara dan China berada di Pulau Geoje, Korea Selatan. Kemudian mereka membentuk grup tap dance bernama Swing Kids.

4. A Melody To Remember (2016)

Film tentara Korea yang menjadi rekomendasi berikutnya adalah A Melody to Remember (2016). Film ini mengisahkan tentang kelompok paduan suara anak-anak di masa peperangan. Ia bertekad untuk melindungi mereka yang telah kehilangan banyak hal. Kisah film ini cukup mengharukan dan menyentuh hati. Inilah yang menjadi daya tarik film A Melody to Remember.

5. Welcome to Dongmakgol (2005)

Film tentara Korea yang berjudul Welcome to Dongmakgol ini memiliki kisah yang tak kalah menarik. Film ini menceritakan kehidupan baru tentara-tentara yang terjebak di desa terpencil. Tak hanya terjebak sendirian, mereka terjebak dalam desa terpencil itu bersama musuh.

6. Love, Lies (2019)

Film Love, Lies mengisahkan tentang kisah cinta, persahabatan, dan juga mimpi seorang gisaeng. Film yang rilis pada 2019 ini mengisahkan kehidupan wanita giseng di masa zaman Joseon.

Advertisement

Gadis bernama Jung So Yool lebih terkenal di antara giseng lainnya. Ia memiliki paras yang cantik dan menawan serta suara yang indah. Ternyata, eksistensinya juga semakin disorot karena ia merupakan anak gisaeng yang melegenda.

Suatu ketika Jung So Yool berkenalan dengan Seo Yeon Hee. Seo Yoon Hee adalah gadis yang dijual ayahnya ke agensi gisaeng. Mereka pun bersahabat dekat dan memiliki selera yang sama.

Kemampuan nyanyi mereka semakin disorot dan Seo Yeon Hee pun mendapatkan hal yang tidak pernah ia peroleh. Konflik diantara keduanya pun muncul semenjak Seo Yeon Hee lebih banyak mendapatkan kesempatan.

7. The Battleship Island (2017)

Film The Battleship Island diangkat dari kisah nyata. Film ini menyajikan kisah penderitaan pada masa kerja paksa Korea di pertambangan batu bara Jepang. Terdapat sekitar 400 pekerja Korea berusaha untuk kabur dari wilayah sengketa pada masa kolonial Jepang.

8. The Long Way Home (2015)

Film tentara Korea yang berikutnya yakni tentang pertarungan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Tak hanya menyajikan kisah menegangkan, film ini juga dibalut dengan komedi yang membuatnya menyenangkan untuk ditonton.

Pada masa perang Korea, Nam-Bok yang merupakan tentara Korea Selatan diperintah untuk mengirim sebuah dokumen. Namun ia diserang dan kehilangan dokumen itu. Seorang tentara Korea Utara yang dikenal ceroboh bernama Yeong-gwang pun menemukan dokumen itu. Keduanya akhirnya bertemu di bagian barat.

9. Northern Limit Line (2015)

Northern Limit Line menjadi salah satu film tentara Korea yang mengisahkan angkatan laut Korea Selatan. Film ini berlatarkan pertempuran Yeonpyeong. Pertempuran itu terjadi di tahun 2002.

Itulah 7 film tentara Korea yang menjadi rekomendasi. Dapat diketahui beberapa film-film di atas ada yang mengangkat ide dari kisah nyata dan sejarah Korea.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait