Mencermati 5 Manfaat Kacang Merah yang Menyehatkan Tubuh

Destiara Anggita Putri
8 Desember 2022, 10:38
Manfaat Kacang Merah yang Menyehatkan Tubuh
Unsplash
Ilustrasi, kacang merah.

Kacang merah merupakan jenis kacang yang mudah ditemukan di banyak tempat dan disukai banyak orang. Hal ini dikarenakan kacang merah memiliki rasa yang lezat serta mudah diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman.

Selain itu, kacang merah juga mengandung sejumlah nutrisi penang untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral.

Advertisement

Untuk penjelasan lebih lengkap, simak pembahasan lima manfaat kacang merah yang menyehatkan tubuh di bawah ini.

1. Melancarkan Pencernaan

Bila memiliki masalah pencernaan, Anda sebaiknya perlu mengonsumsi kacang merah secara rutin. Pasalnya kacang merah mengandung serat yang tinggi  yang dapat melancarkan pencernaan.

Dalam 100 gram kacang merah mengandung kira-kira 13 gram serat larut dan tak larut air. Serat tak larut banyak terkandung di bagian kulit sedangkan serat larut banyak terkandung di dalam daging kacang. 

Serat tak larut ini dapat membantu mendorong makanan masuk ke usus sehingga melancarkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, serat tak larut juga bisa membuang racun-racun yang tersisa didalam tubuh serta menjaga keasaman lambung. 

DI sisi lain, serat larut akan bercampur bersama dengan air dan mengikatnya menjadi lebih kental seperti gel. Nantinya, gel ini akan tetap berada di lambung untuk waktu yang cukup lama sehingga perut tidak akan menjadi kosong. Dengan demikian, resiko maag pun bisa berkurang

Tidak hanya serat, kacang merah juga mengandung  pati yang bisa membantu perkembangan bakteri baik di usus besar. Bakteri baik ini bermanfaat untuk melawan berbagai masalah pencernaan.

2. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang ditakuti banyak orang. Untuk mencegahnya, Anda bisa dengan mengkonsumsi kacang merah yang kaya akan serat.

Dengan mengkonsumsi 100 gram kacang merah, Anda sudah bisa mendapatkan sekitar 52% kebutuuhan serat dalam sehari. Selain itu, kandungan serat juga dapat membantu menurunkan resiko terserang kanker. 

Manfaat ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society. Penelitian ini mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makan tinggi serat bisa mencegah kanker terutama kanker payudara.

Tidak hanya itu, menurut penelitian di Prancis yang diterbitkan dalam the Journal of Nutrition, makanan tinggi serat juga bisa menurunkan risiko kanker prostat. 

Selain mengandung serat, menurut American Institute of Cancer Research kacang merah juga mengandung komponen penting lainnya. Kandungan tersebut adalah saponin dan lignin yang bisa membantu mencegah pertumbuhan tumor. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement