Menilik Komponen Servis Motor Listrik dan Kerusakan yang Kerap Terjadi

Anggi Mardiana
9 Desember 2022, 08:59
Servis Motor Listrik
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Ilustrasi, Direktur Utama BRI Finance (BRIF) Azizatun Azhimah mencoba motor listrik produksi Smoot Motor Indonesia di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Servis motor listrik perlu dilakukan secara berkala sama halnya dengan dengan motor bermesin bakar. Untuk servisnya sendiri meliputi dinamo, baterai, control modul hingga sistem mekanika seperti rem. Baterai motor listrik perlu diganti karena memiliki umur 2-3 tahun.

Motor listrik bisa mengalami kerusakan karena beragam faktor seperti kelembaban, kotor, panas dan kualitas sumber tenaga. Faktor kerusakan bisa dari bagian luar, seperti sumber tenaga, kondisi lingkungan panas, lembab, tidak ada ventilasi, beban.

Kerusakan motor listrik juga bisa berasal dari dalam, seperti karena penuaan, serta masa pakai seperti dari bearing dan rotor.

Komponen Servis Motor Listrik

Dinamo motor listrik tidak luput dari pemeriksaan ketika melakukan servis motor listrik secara berkala. Di servis berkala, pihak bengkel akan membongkar lalu membersihkannya agar kinerjanya semakin maksimal.

Di motor listrik juga terdapat modul atau control, yang fungsinya mirip dengan ECU pada motor injeksi. Control atau modul pada motor listrik bisa rusak, biasanya karena pemakaian yang berlebihan.

Jika motor listrik digunakan harian, sebaiknya lakukan servis motor listrik setiap 3 bulan sekali. Minimal melakukan pemeriksaan pada kabel dan part mekanika seperti sistem rem. Soal biaya servis berkala tidak terlalu mahal, yakni di kisaran Rp 300.000-an.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...