Mencermati 6 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Destiara Anggita Putri
9 Desember 2022, 12:46
Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan
Freepik
Ilustrasi, minyak ikan.

Minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstrak dari jaringan ikan dan umumnya berasal dari jenis ikan tinggi lemak seperti mackerel, tuna atau hati ikan kod. Minyak ikan mengandung 30% asam lemak omega-3 dan 70% lemak lain. Selain itu, minyak ikan juga mengandung vitamin A dan vitamin D.

Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Karena itulah biasanya orang-orang mengkonsumsi minyak ikan untuk menjaga kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan? Berikut ini informasi enam manfaat minyak ikan untuk kesehatan yang sayang dilewatkan.  

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut WHO (World Heart Organization), penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan jantung.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan secara teratur. Menurut sebuah studi, orang yang rutin mengkonsumsi minyak ikan dua kali seminggu berisiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki tekanan  darah yang lebih terkontrol.

Minyak ikan ternyata juga .bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah hingga sekitar 15-30 persen.. Perlu Anda ketahui jika semakin tinggi kadar trigliserida didalam tubuh maka semakin tinggi juga risiko terkena penyakit jantung. 

Namun risiko ini bisa dikurangi bila mengkonsumsi minyak ikan  yang mengandung senyawa omega-3. Senyawa ini adalah  asam lemak esensial yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. 

Manfaat lain dari minyak ikan untuk kesehatan jantung adalah dapat mencegah plak yang terbentuk di arteri . Selain itu, pada orang yang berisiko jantung minyak ikan dapat mengurangi terjadinya aritmia yang fatal. Ini merupakan kondisi dimana ritme jantung menjadi abnormal sehingga bisa menyebabkan serangan jantung pada kasus tertentu.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usai, tuang mulai kehilangan mineral esensial dan membuatnya rapuh. Jika hal ini tidak segera ditangani maka dapat mengakibatkan penyakit osteoporosis.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan tulang dengan cara mengkonsumsi minyak ikan secara rutin. Hal ini dikarenakan minyak ikan mengandung omega-3 yang mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah keretakan tulang.

Manfaat ini juga telah dibuktikan pada percobaan yang dilakukan dengan membandingkan antara pemberian asam lemak omega -3 dan asam lemak omega-6 pada tikus. 

Hasilnya, tikus yang diberikan asam lemak omega-6 memiliki tulang yang lebih rapuh  dan mineral dalam tulang yang lebih sedikit dibandingkan dengan tikus yang diberikan asam lemak omega-3

3. Menyehatkan Mata

Pada umumnya, kesehatan mata cenderung menurun seiring bertambahnya usia sehingga berisiko mengalami degenerasi makula. Namun, dengan mengkonsumsi minyak ikan, maka reaksi tersebut bisa berkurang.

Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh Pharma Nutrition. Studi ini menemukan bahwa konsumsi minyak ikan ikan selama 19 minggu bisa meningkatkan penglihatan pada kaum lansia yang mengalami gangguan mata.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...