7 Rekomendasi Film Korea Kisah Nyata Terbaik yang Wajib Ditonton

Image title
9 Desember 2022, 14:56
Film Korea Kisah Nyata
IMDB
Ilustrasi, cuplikan adegan dalam film Korea berjudul "Midnight".

Meski dikenal sebagai negara maju, dengan sifat penduduk yang umumnya ramah, Korea Selatan juga tidak luput dari kasus kriminalitas. Beberapa kasus, bahkan sempat menjadi teror yang menakutkan.

Sama seperti industri perfilman negara lain, industri film Korea juga kerap menelurkan beberapa film Korea kisah nyata, yang mengangkat pembunuhan berantai sadis dan kasus pembunuhan yang masih misterius.

7 Rekomendasi Film Korea Kisah Nyata Terbaik

Ada banyak pilihan film Korea yang diangkat dari kisah nyata dan menarik untuk ditonton, berikut di antaranya:

1. Midnight (2021)

Film Korea Midnight diangkat dari kisah nyata tentang seorang pembunuh berantai di Korea bernama Yoo Young-chul yang dijuluki sebagai “Pembunuh Berjas Hujan”. Pada tahun 2003-2004, ia telah membunuh 20 orang dan yang mengerikan sebagian korban dimakan hatinya.

Di film Midnight, diketahui ada seorang gadis yang dibunuh dengan kejam dan dilihat oleh seorang perempuan tuli yang bekerja sebagai penerjemah bahasa isyarat. Ia pun jadi sasaran sang pembunuh selanjutnya.

2. My First Client (2019)

My First Client menceritakan tentang seorang pemuda yang bekerja sebagai pengacara dan mendapat klien pertama seorang anak perempuan usia 10 tahun. Ia mengaku telah membunuh adik laki-lakinya. Film ini diperangkan oleh Lee Dong-hwi, Choi Myung-bin, Yoo Sun dan Lee Joo-won.

Cerita kasus pembunuhan ini diambil dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 2013 di Chilgok, Provinsi North Gyeongsang. Kenyataannya pembunuh anak tersebut merupakan ibu tirinya namun memaksa anak tiri lainnya untuk mengaku.

3. Dark Figure of Crime (2018)

Rekomendasi film Korea kisah nyata selanjutnya, adalah Dark Figure of Crime, yang terinspirasi oleh episode ke-869 dari Unanswered yaitu sebuah program investigasi Korea Selatan yang menceritakan kisah nyata di busan. Di program tersebut menceritakan ada pembunuhan yang tidak pernah ditemukan dan investigasi tidak terjadi.

Dark Figure of Crime menceritakan tentang Kim Hyung-min, yakni seorang detektif Busan yang tidak peduli dengan promosi jabatan kepolisian tetapi memiliki dedikasi tinggi untuk menyelesaikan kasus yang ditanganinya.

Suatu waktu, ia bertemu dengan Kang Tae-oh yaitu seorang informan yang membawa Hyung-min pada sebuah kasus pembunuhan korban tanpa identitas.

4. New Trial (2017)

New Trial menceritakan tentang kisah pilu yang dialami oleh Jo Hyun-woo setelah melihat kasus pembunuhan seorang sopir taksi. Bukan dijadikan saksi dalam kasus, Hyun-woo justru dituduh melakukan pembunuhan tersebut.

Joon-ho terpaksa harus mengakui pembunuhan yang tidak dilakukan karena dianiaya oleh polisi. Akhirnya Joon-ho bertemu bertemu dengan Lee Joon-young yaitu seorang pengacara yang banyak utang untuk membersihkan namanya. Film ini diadaptasi dari kasus pembunuhan Iksan yang membuat remaja laki-laki itu jadi tersangka pembunuhan.

5. A Taxi Driver (2017)

Film A Taxi Driver berlatar dekade 1980-an, tepatnya ketika terjadi Gwang-ju Uprising atau GwangJu Democratization Movement. Ini merupakan aksi demonstrasi massal yang dilakukan oleh anak muda di Provinsi Gwang-ju yang menuntut tegaknya demokrasi di negara mereka. Aksi dipicu oleh kematian para demonstran yang beraksi sebelumnya.

A Taxi Driver terinspirasi dari cerita reporter Jerman yang bernama Jurgen Hinzpeter dan sopir taksi dari Seoul bernama Kim Sa-bok. Sang supir taksi tidak tahu bahwa penumpangnya itu merupakan seorang reporter dan ia juga tidak membayangkan jika dirinya akan masuk ke area demonstrasi besar yang akan mengubah sejarah negaranya.

6. Northern Limit Line (2015)

Northern Limit Line menjadi salah satu film Korea kisah nyata yang wajib ditonton. Film ini menceritakan tentang Kopral Park Dong-hyuk, yang baru saja menjadi anggota Angkatan Laut Republik Korea kemudian ditugaskan di Kapal Patroli PKM 375.

Singkat cerita, Kapal PKM 357 berhasil menangkap seluruh penumpang mata-mata dan akhirnya dibebaskan atas intruksi dari pemerintah. Sebulan kemudian, terjadi pengintaian yang dilakukan oleh Angkatan Laut Rakyat Korea secara berulang kali masuk ke perairan Korea Selatan.

Situasi semakin memanas sampai tanggal 29 Juni 2002 dan pertempuran Yeopyeong kedua dimulai dengan serangan mendadak terhadap PKM 357 oleh kapal patroli Korea Utara. Film Korea ini menceritakan kisah heroik prajurit laut yang turut jadi korban dalam pertempuran tersebut.

7. Memories of Murder (2003)

Rekomendasi film Korea kisah nyata berikutnya, adalah Memories of Murder. Film ini diperankan oleh Song Kang-ho, Kim Roi-ha, Kim Sang-kyung, Park Hee-il dan Byun Hee-bong.

Memories of Murder menceritakan kasus pembunuhan ini terjadi di provinsi kecil Korea pada 1986. Film ini menceritakan kisah 2 detektif bernama Park dan Seo. Mereka ditugaskan memecahkan kasus kejahatan beberapa gadis yang diperkosa dan dibunuh oleh pelaku yang tidak diketahui identitasnya.

Bagi pencinta film Korea kisah nyata pembunuhan, 7 rekomendasi film ini bisa ditonton untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Beberapa alur ceritanya mengundang teka-teki sehingga tidak membosankan saat ditonton.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait