Mencermati Pentingnya Mempertahankan Pancasila sebagai Sumber Nilai

Annisa Fianni Sisma
13 Desember 2022, 15:30
Pancasila sebagai Sumber Nilai
Ilustrasi
Ilustrasi, Garuda Pancasila.

Pancasilasebagai sumber nilai terdengar kerap disinggung dalam berbagai pembahasan. Pernyataan tersebut berkaitan dengan sejarah lahirnya Pancasila dan penerapan Pancasila oleh masyarakat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Pancasila terdiri dari 5 sila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pancasila juga tercantum dalam Preambule Alenia 4 UUD NRI 1945.

Advertisement

Pancasila sebagai Sumber Nilai

Mengutip paper berjudul "Pancasila Sebagai Sumber Nilai Tertinggi Bagi Peningkatan dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Indonesia Di Era Revolusi 4.0" ada beberapa pengertian terkait maksud Pancasila sebagai sumber nilai. Berikut ini pengertian Pancasila sebagai sumber nilai.

1. Tak Boleh Ada yang Bertentangan dengan Pancasila

Pengertian pertama terkait Pancasila sebagai sumber nilai yakni seluruh perkembangan ilmu pengetahuan maupun sistem dan pemerintahan, tidak boleh ada yang bertentangan dengan lima sila yang tergandung dalam Pancasila.

Dalam pelaksanaannya, masing-masing gagasan dan bidang akan berkembang dengan sendirinya. Namun, semakin berkembang dan semakin baiknya gagasan di masing-masing bidang tersebut haruslah selaras dengan nilia-nilai Pancasila.

2. Harus Memasukkan Nilai Pancasila

Pengertian Pancasila sebagai sumber nilai selanjutnya dalam penerapannya yakni seluruh perkembangan ilmu pengetahuan, urusan pemerintahan, pengaturan, kebijakan haruslah memasukkan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal utama.

Pengertian ini menegaskan bahwa sejak awal perkembangannya haruslah memasukkan nilai-nilai Pancasila meskipun berkembang secara otonom. Artinya, eksistensinya pun harus diperiksa apakah sudah selaras dengan nilai-nilai pada Pancasila atau justru bertentangan.

3. Pancasila Berperan Sebagai Rambu Normatif

Pengertian Pancasila sebagai sumber nilai yang ketiga yakni menekankan terkait aturan. Setiap perkembangan ilmu pengetahuan, pengaturan, kebijakan, dan penerapan kebijakan tersebut haruslah sesuai dengan Pancasila.

Pancasila hadir dan berperan sebagai pengontrol keadaan agar tidak keluar dari metode berpikir dan bertindak serta agar tetap sesuai dengan dasar negara Indonesia.

Dalam penerapannya, sejak awal haruslah ada aturan yang disepakati bersama oleh para penggagas, peneliti, ilmuan, pembuat kebijakan, pelaksana kebijakan, penerima kebijakan sebelum benar-benar diterapkan dan dikembangkan. Nilai-nilai ini dan seluruh kesepakatan di dalamnya haruslah selaras dengan nilai Pancasila dan harus selalu ditaati.

Jika ada tanda-tanda terjadi tujuan yang melenceng, maka seluruh gagasan visi dan misi dapat dikembalikan sesuai aturan. Oleh karena itu, pemikiran kritis dalam bertindak yang didasarkan dengan Pancasila pun diperlukan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement