6 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Destiara Anggita Putri
16 Desember 2022, 11:15
makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol.
Freepik
Ilustrasi, daging merah, yang merupakan salah satu bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Siapa saja bisa mengalami kolesterol tinggi. Mengutip Hello Sehat, seseorang dikatakan memiliki kolesterol tinggi bila kadarnya lebih dari 200 mg/dL. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup terutama makanan yang dikonsumsi.

Jika Anda mengalami kondisi yang sama, Anda bisa menurunkannya dengan menghindari makanan tinggi kolesterol. Cara ini juga bisa membantu mencegah berbagai komplikasi kolesterol yang mungkin terjadi.

Lalu, apa saja makanan yang perlu dihindari? Berikut ini informasi enam makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol.

1. Makanan yang Digoreng

Makanan seperti gorengan merupakan makan yang pantang dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Hal ini dikarenakan makanan yang digoreng biasanya memiliki kadar kalori dan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. 

Terlebih lagi jika digoreng menggunakan minyak yang banyak dan telah dipakai berulang kali. Selain itu, diikuti dari Pakistan journal of Medical Science, makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung obesitas, dan diabetes. 

Bila Anda masih suka memasak dengan cara digoreng, Anda sebaiknya mencoba untuk mengubahnya. Ana bisa memasak dengan cara dipanggang, dikukus, direbus atau cara lain yang lebih aman untuk kesehatan., 

2. Makanan Cepat Saji 

Sebenarnya tidak ada masalah mengkonsumsi makanan ini. Namun Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi nya setiap hari. Hal ini dikarenakan makan cepat saji atau fast food  biasanya merupakan makanan olahan dan digoreng dengan minyak yang banyak.

Cara memasak seperti inilah yang membuatnya memiliki kandungan kolesterol, gula, lemak jenuh, dan lemak trans yang  tinggi. Bila makanan dengan  kolesterol yang tinggi sering dikonsumsi maka  bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan obesitas. 

Sedangkan lemak trans  yang terdapat pada fast food dapat meningkatkan kadar LDL dalam tubuh serat menurunkan kadar kolesterol baik. Dengan demikian, potensi Anda megamai diabetes tipe 2 semakin tinggi.

Hal yang sama juga disampaikan sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Health Promotion Perspectives. Penelitian ini menyebutkan basah terlalu sering mengkonsumsi fast food dapat mengaktifkan kadar kolesterol dalam darah, lemak di area perut, serta masalah pada regulasi gula darah didalam tubuh.

Selain itu, makanan ini juga tidak memiliki nurisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol.

3. Udang

Makan selanjutnya yang pantang dikonsumsi penderita kolesterol adalah udang. Meskipun termasuk makanan rendah lemak, namun ternyata udang memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan makanan laut lainnya. 

Satu porsi udang mengaung 170 miligram kolesterol atau lebih dari setengah asupan harian yang direkomendasikan. Meskipun mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh, Anda sebaiknya tetap berhati-hati dan tidak mengkonsumsinya dengan porsi yang berlebihan. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement