Kerangka Teori Adalah Gambaran Penelitian, Ini Cara Membuatnya

Destiara Anggita Putri
16 Desember 2022, 16:03
Kerangka Teori Adalah
Unsplash
Ilustrasi, membuat kerangka teori.

Dalam proses penyusunan karya ilmiah, Anda perlu menyusun kerangka teori terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kegiatan penulisan berjalan mudah dan lancar.

Dikutip dari laman Sampoerna University, kerangka teori adalah suatu gambaran atau rencana yang isinya mengenai penjelasan dari semua hal yang dijadikan bahan penelitian berlandaskan hasil penelitian yang dilakukan.  Untuk informasi lebih lengkapnya, simak pembahasan berikut ini. 

Advertisement

Fungsi Utama Kerangka Teori

Kerangka teori memiliki fungsi utama yang berguna untuk membantu Anda menulis karya ilmiah dan sebagainya. Berikut ini penjelasan lima fungsi utama kerangka teori yang perlu diketahui.

1. Menetapkan Suatu Ketentuan

Fungsi utama yang paling dasar dari kerangka teori adalah untuk menentukan, atau menetapkan sejenis glosarium, atau istilah-istilah yang paling berhubungan dengan penelitian.

Bagian ini mempelajari mempelajari seluruh bagian dan setelah dengan intensitas kemunculan yang paling tinggi. Fungsi ini bertujuan mengklarifikasi beberapa teori, yang digunakan untuk mengatasi masalah yang muncul dalam proses penelitian. 

2. Menyatukan Bagian-bagian Penelitian

Fungsi berikutnya adalah menyatukan bagian-bagian penelitian yang didapatkan dalam proses penelitian. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah pembaca memahami isi karya ilmiah, yang dijelaskan oleh penulis di dalamnya.

3. Menggambarkan Latar Belakang

Kerangka teori juga memiliki fungsi utama untuk memberikan inti dari karya ilmiah melalui latar belakang. Nantinya, peneliti harus menjelaskan alasan mengenai objek penelitian tersebut. 

Kerangka teori juga berfungsi menjelaskan arti dan karakteristik dari topik yang dijadikan bahan penelitian. Selain itu, kerangka teori juga berguna untuk menjaga, dan menyimpan semua kesalahan agar tidak terulang kedepannya.

4. Menjadi Pembatas pada Penelitian

Membuat kerangka teori dapat membuat peneliti lebih mudah untuk membatasi topik yang akan diangkat, atau dibahas dalam karya ilmiah. Hal ini bertujuan agar topik bahasan dan karya ilmiah tidak menyimpang dari batasan yang dimuat

5. Berisi Informasi Mengenai Metode Penelitian yang Digunakan

Kerangka teori dapat menjadi salah satu cara bagi pembaca untuk mengetahui, dan memahami metode yang digunakan dalam menyusun karya ilmiah.  Selain itu, kerangka teori juga bermanfaat untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk membuat karya ilmiah, sesuai dengan topik atau bahasan yang sudah sudah dipilih sebelumnya.

Langkah-langkah Membuat Kerangka Teori

Bila Anda ingin membuat kerangka berpikir, ada 10 langkah yang bisa Anda praktekkan. Simak langkah-langkahnya di bawah ini. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement