Mengenal Jenis Jenis Kartu UNO Berupa Kartu Angka dan Kartu Aksi

Terdapat berbagai jenis jenis Kartu UNO yang menarik untuk dipahami sebelum memainkan UNO. Berikut penjelasannya.
Annisa Fianni Sisma
19 Desember 2022, 12:31
Jenis Jenis Kartu UNO
PEXEL
Ilustrasi, permainan kartu UNO,

Permainan UNO menjadi salah satu permainan yang menarik. Terdapat dua jenis permainan UNO, yakni UNO Kartu yang dimainkan dengan Kartu UNO dan UNO Stacko dengan Balok. Untuk itu menarik jika membahas jenis jenis Kartu UNO selengkapnya.

UNO dapat dimainkan oleh berbagai kalangan dengan berbagai usia. Permainan UNO dapat digunakan dalam momen tahun baru, hari raya, maupun sekedar kumpul bersama. Hal ini tentunya mampu mempererat hubungan antar anggota keluarga maupun teman-teman. Berkaitan dengan hal itu, berikut ini penjelasan terkait jenis jenis Kartu UNO selengkapnya.

Jenis Jenis Kartu UNO

Jenis jenis Kartu UNO dapat diketahui dari warna, simbol, dan angka yang terdapat di baliknya. Berikut ini rincian ulasan jenis jenis Kartu UNO.

1. Kartu Biasa atau Kartu Angka

Jenis jenis Kartu UNO yang pertama yakni kartu angka. Kartu ini memiliki empat warna yakni merah, kuning, hijau, dan biru. Setiap kartu memiliki angka dari 1 hingga 9 yang terdapat pada 2 kartu di setiap warnanya. Ada angka 0 yang hanya berjumlah satu kartu setiap warnanya.

Total dari setiap warna yakni 19 kartu merah, 19 kartu biru, 19 kartu kuning, dan 19 kartu hijau. Kartu angka ini menjadi jenis kartu yang pokok dan wajib dimiliki. Perhatikan jumlahnya agar tidak terselip dan dapat digunakan kemudian hari.

2. Kartu Aksi UNO

Kartu Aksi UNO memberikan kesempatan para penggunanya menyusun strategi dan menunjukkan senjata yang dimilikinya. Dalam satu set kartu UNO terdapat +2, +4, Kartu Reverse, Kartu Warna Bebas, dan Kartu Kosong. Berikut ini penjelasan jenis jenis Kartu UNO yakni Kartu Aksi.

  • Kartu 2+

Kartu 2+ ini dipakai saat warna kartu paling atas sama dengan Kartu 2+ baik warna yang sama maupun warna yang berbeda. Setiap pemain berikutnya yang terkena kartu itu harus mengeluarkan Kartu 2+. Jika pemain berikutnya tidak memiliki Kartu 2+, maka mereka harus mengambil 2 kartu dan tidak memiliki kesempatan bermain.

  • Kartu Reverse atau Turn Around

Setiap ada Kartu Reverse atau Turn Around atau Putar Balik, maka pemain dapat memutar rute permainan. Kartu ini boleh dikeluarkan tetapi harus menyesuaikan warna kartu sebelumnya atau sesama Kartu Reverse atau Turn Around atau Putar Balik.

Jika berhasil diterapkan, maka para pemain harus memutar arah giliran permainan. Jika sebelumnya berputar ke kanan, maka kali ini harus berputar ke kiri. Jika jumlah pemain hanya ada 2 orang, maka kartu itu akan menjadi kartu skip. Artinya, pemilik kartu bermain lagi setelah mengeluarkan kartu ini.

  • Kartu SKIP

Kartu SKIP atau Kartu Lingkaran Dicoret merupakan salah satu dari jenis jenis Kartu UNO yang strategis. Kartu strategi atau kartu aksi yang cukup menjengkelkan bagi pemain berikutnya. Fungsinya jelas sebagai pemotong permainan sehingga melewati pemain berikutnya.

Dalam penerapannya, pemain harus menyesuaikan warna atau simbol jika ingin mengeluarkan kartu ini. Fungsi kartu ini memberhentikan pemain berikutnya sesuai urutan jumlah Kartu SKIP yang dikeluarkan. Jika Kartu SKIP muncul di awal permainan, maka pemain pertama tidak boleh bermain dulu dan langsung ke pemain kedua.

  • Kartu 4+ atau Kartu Wild Draw Four

Kartu 4+ atau Kartu Wild Draw Four akan digunakan untuk semua warna. Fungsinya yakni hampir sama dengan Kartu 2+. Kartu ini hanya boleh digunakan saat kita tidak memiliki kartu lain di tangan. Pasalnya, kartu ini penyelamat bagi penggunanya.

Pemilik kartu ini mampu mengarahkan jalannya permainan dengan menentukan warna selanjutnya. Kartu ini tidak sah jika keluar di awal permainan. Jika tak sengaja keluar, maka harus dimasukkan kembali dan dicampur dengan tumpukkan kartu lainnya. Pemain harus mengambil kartu lainnya.

  • Kartu Wild

Kartu Wild menjadi salah satu dari jenis jenis Kartu UNO yang menari. Pasalnya, terdapat 4 Kartu Wild yang dapat dikeluarkan kapan saja dengan warna apa saja. Fungsi utamanya yakni memilih warna saat pemain tidak memiliki warna yang ada di bagian atas tumpukkan. Jika kartu ini muncul di awal permainan, maka pemain bebas memilih warna yang dimainkan dan boleh juga mengeluarkan kartu pertamanya.

  • Kartu Blank

Jenis jenis Kartu UNO berikutnya adalah Kartu Blank. Kartu Blank berjumlah 4 di setiap tumpukkan kartu UNO. Kartu Blank sebenarnya tidak mempunyai arti khusus. Namun, kartu ini dapat digunakan sebagai pengganti kartu yang hilang.

Selain itu, Kartu Blank juga dapat menjadi kartu lain dengan aturan yang dibuat sendiri. Kartu ini dapat sebagai mirror kartu sebelumnya sehingga permainan pun menjadi aman.

Demikianlah jenis jenis Kartu UNO beserta penjelasannya lengkapnya. Selanjutnya perlu diketahui bahwa Kartu UNO dapat digunakan dalam permainan UNO Kartu yang tanpa balok. Meskipun tanpa balok, permainan Kartu UNO ini dapat tetap menarik dengan adanya kejutan di setiap kartu. Permainan ini tidak akan membosankan dengan berbagai kejutan tersebut.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait