Cara Menerapkan Kejujuran di Rumah pada Anak

Anggi Mardiana
20 Desember 2022, 08:07
Cara Menerapkan Kejujuran di Rumah pada Anak
Katadata
Ilustrasi, cara menerapkan kejujuran di rumah pada anak.

Cara menerapkan kejujuran di rumah penting dilakukan. Apalagi jika sikap jujur telah diterapkan sejak dini maka karakter ini akan terus terbawa hingga anak dewasa kelak. Kejujuran adalah sikap yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Sikap jujur harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari rumah, sekolah, hingga di masyarakat. Kejujuran bisa diwujudkan melalui perkataan dan perbuatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sikap sederhana seperti jujur mampu membuat seseorang menjauhkan diri dari hal-hal yang dilanggar oleh norma. Selain itu, perilaku jujur akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Bersikap jujur akan memberikan kebahagian untuk diri sendiri dan juga orang lain.

Cara Menerapkan Kejujuran di Rumah pada Anak

Perilaku jujur merupakan tindakan terpuji yang dihargai oleh banyak orang. Dengan bersikap jujur, banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Melansir dari laman Paudpedia, berikut cara membangun kejujuran yaitu:

1. Bangun Kelekatan Emosional dengan Anak

Cara menerapkan kejujuran di rumah yaitu dengan meningkatkan hubungan emosional antara anak dan orang tua, guru dan orang dewasa yang terlibat saat mengasuh anak. Saat anak bersikap jujur, berikan apresiasi atau pujian. Hal ini perlu dilakukan agar anak merasa dihargai.

Terutama ketika anak jujur mengenai kesalahan atau hal yang ia takuti. Sebelum memberikan koreksi, lebih baik berikan pemahaman bahwa kejujuran itu hal yang baik. Anak akan merasa aman dan membantu untuk menanamkan perilaku jujur seterusnya.

2. Biasakan Jujur dalam Kehidupan Sehari-hari

Anak seringkali mengambil contoh dari lingkungan sekitarnya. Jadi, sebelum menuntut agar anak bersikap jujur, orang tua perlu memberikan contoh dan perilaku baik kepada anak. Orangtua diharapkan menjadi teladan dengan berbuat jujur di depan anak.

Dengan begitu, anak akan termotivasi untuk berperilaku jujur mengikuti orang tuanya. Jangan dibiasakan membohongi anak apapun alasannya. Jika anak mengetahui bahwa orang tuanya berbohong maka anak akan menganggap bahwa sikap berbohong itu boleh dilakukan.

3. Memberikan Cerita Kejujuran

Anak sangat menyukai berbagai cerita. Oleh karena itu, cara menerapkan kejujuran di rumah bisa dengan mengenalkan anak kepada berbagai cerita yang memiliki nilai kejujuran. Dengan membaca dan mendengar cerita tersebut, anak akan belajar betapa pentingnya berperilaku jujur.

Biasanya di dalam cerita banyak mengenalkan kebiasaan baik bagi anak-anak. Pilihlah cerita yang mudah dimengerti dan diikuti ole anak. Anak akan memahami pentingnya membangun dan bersikap jujur.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement