Patut Dicoba, Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk pada Diri Sendiri

Anggi Mardiana
20 Desember 2022, 15:33
Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk
Freepik
Ilustrasi, seorang anak menggunakan gadget.

Cara menghilangkan kebiasaan buruk penting diketahui untuk membangun kebiasaan yang lebih baik. Beberapa kebiasaan buruk yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari di antaranya merokok, menggigit kuku, kentut sembarangan, menghamburkan uang dan malas belajar.

Kebiasaan buruk yang terus dibiarkan bisa membuat orang lain ilfeel atau muak. Untuk menghilangkannya memang tidak mudah sehingga perlu dilakukan secara bertahap. Berikut cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa dilakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Melansir dari Piji.uma.ac.id, untuk menghilangkan kebiasaan buruk bisa mencoba beberapa cara ini:

1. Menyadari Kebiasaan yang Dilakukan 

Langkah pertama menghilangkan kebiasaan buruk ialah dengan menyadari hal yang Anda lakukan merupakan kebiasaan buruk. Cara ini bisa membantu Anda menahan diri untuk tidak melakukannya lagi. Mulai tanamkan dalam pikiran bahwa kebiasaan yang dilakukan merupakan hal negatif yang harus dihindari.

2. Membuat Rencana Secara Matang

Menghilangkan kebiasaan buruk selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat rencana secara matang. Pastikan mulai dari kapan Anda akan menghentikan kebiasaan dan memikirkan beragam upaya yang bisa dilakukan. Mulai buat target dari waktu ke waktu mengenai perubahan yang telah dilakukan.  

3. Mengalahkan Perhatian ke Hal Lain

Ketika Anda mulai terpicu untuk melakukan kebiasaan buruk coba mulai alihkan perhatian ke hal lain. Misalnya ketika Anda ingin menggigit kuku segera ambil ponsel atau mengambil benda lain untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Mulai fokuskan diri sehingga kebiasaan menggigit kuku bisa hilang.

4. Menulis Peringatan Positif

Untuk menghentikan kebiasaan buruk, mulailah menuliskan peringatan di ponsel atau memo yang menempel di dinding. Tuliskan dengan kata-kata positif sebagai pengingat bagi Anda untuk tidak melakukannya lagi.

5. Mendapatkan Dukungan

Carilah rekan yang sama-sama sedang mencoba menghilangkan kebiasaan buruk, baik teman bergaul atau teman yang Anda temui dalam komunitas. Anda bisa mulai berbagi cerita dengannya dan membuat diri mendapatkan dukungan lebih agar bersemangat lagi dan menghentikan kebiasaan buruk.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement