Patut Dicoba, Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk pada Diri Sendiri

Image title
20 Desember 2022, 15:33
Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk
Freepik
Ilustrasi, seorang anak menggunakan gadget.

Cara menghilangkan kebiasaan buruk penting diketahui untuk membangun kebiasaan yang lebih baik. Beberapa kebiasaan buruk yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari di antaranya merokok, menggigit kuku, kentut sembarangan, menghamburkan uang dan malas belajar.

Kebiasaan buruk yang terus dibiarkan bisa membuat orang lain ilfeel atau muak. Untuk menghilangkannya memang tidak mudah sehingga perlu dilakukan secara bertahap. Berikut cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa dilakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Melansir dari Piji.uma.ac.id, untuk menghilangkan kebiasaan buruk bisa mencoba beberapa cara ini:

1. Menyadari Kebiasaan yang Dilakukan 

Langkah pertama menghilangkan kebiasaan buruk ialah dengan menyadari hal yang Anda lakukan merupakan kebiasaan buruk. Cara ini bisa membantu Anda menahan diri untuk tidak melakukannya lagi. Mulai tanamkan dalam pikiran bahwa kebiasaan yang dilakukan merupakan hal negatif yang harus dihindari.

2. Membuat Rencana Secara Matang

Menghilangkan kebiasaan buruk selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat rencana secara matang. Pastikan mulai dari kapan Anda akan menghentikan kebiasaan dan memikirkan beragam upaya yang bisa dilakukan. Mulai buat target dari waktu ke waktu mengenai perubahan yang telah dilakukan.  

3. Mengalahkan Perhatian ke Hal Lain

Ketika Anda mulai terpicu untuk melakukan kebiasaan buruk coba mulai alihkan perhatian ke hal lain. Misalnya ketika Anda ingin menggigit kuku segera ambil ponsel atau mengambil benda lain untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Mulai fokuskan diri sehingga kebiasaan menggigit kuku bisa hilang.

4. Menulis Peringatan Positif

Untuk menghentikan kebiasaan buruk, mulailah menuliskan peringatan di ponsel atau memo yang menempel di dinding. Tuliskan dengan kata-kata positif sebagai pengingat bagi Anda untuk tidak melakukannya lagi.

5. Mendapatkan Dukungan

Carilah rekan yang sama-sama sedang mencoba menghilangkan kebiasaan buruk, baik teman bergaul atau teman yang Anda temui dalam komunitas. Anda bisa mulai berbagi cerita dengannya dan membuat diri mendapatkan dukungan lebih agar bersemangat lagi dan menghentikan kebiasaan buruk.

6.  Memberi Reward Pada Diri Sendiri

Memberikan reward pada diri sendiri bisa jadi cara untuk menghilangkan kebiaasaan buruk misalnya memberi target untuk berhenti merokok selama satu bulan dan jika berhasil hadiahi diri Anda dengan apa yang dibutuhkan. Terus naikan target hingga sepenuhnya Anda bisa menghindari kebiasaan buruk. 

7. Bersabar dan Konsisten

Seringkali sikap tidak sabar dan konsisten bisa meruntuhkan upaya yang dilakukan, alhasil kembali melakukannya lagi. Bagi Anda yang benar-benar ingin menghentikan kebiasaan buruk mulailah bersabar dan lebih konsisten. Kuatkan tekat semaksimal mungkin, jangan sampai terkecoh dan jatuh ke lubang yang sama.

8. Mencari Bantuan Profesional

Cara menghilangkan kebiasaan buruk berikutnya dengan mencari bantuan profesional. Hal ini perlu dilakukan jika Anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan buruk meski sudah mencoba menghindarinya. Misalnya kebiasaan buruk  merokok dan minum alkohol.

Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Harus Dihindari

Kurangnya pengetahuan karena kehidupan yang sibuk kerap membuat seseorang jatuh ke dalam kebiasaan tidur yang buruk dan sulit untuk keluar dari kebiasaan tersebut. Berikut kebiasaan buruk sebelum tidur yang harus dihilangkan melansir dari Shopweathers.com:

Advertisement

1. Minum-minuman yang Mengandung Kafein 

Minum di malam hari memang cukup umum dilakukan namun jika minuman tersebut mengandung kafein hal ini bisa mengganggu kualitas tidur. Jika ingin melepaskan dahaga, cobalah minum teh tanpa kafein. Teh bisa meningkatkan kualitas tidur dan tidak memberikan efek negatif seperti kopi, soda atau alkohol.

2. Membawa Perangkat Teknologi ke Tempat Tidur

Membawa perangkat teknologi ke tempat tidur kerap dilakukan dan perlu dihindari. Sebab perangkat teknologi di tempat tidur bisa mengganggu kualitas tidur. Sebagai gantinya, cobalah untuk membatasi sejumlah barang elektronik di kamar tidur dan hentikan semua aktivitas layar sebelum naik ke tempat tidur. 

3. Mengonsumsi Makanan Berat

Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur termasuk kebiasaan buruk yang harus dihindari. Sebab bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung, meningkatkan berat badan dan mengganggu kualitas tidur. Namun jika Anda merasa lapar di malam hari bisa menggantinya dengan pisang, yogurt, kiwi atau kacang pistachio.

8 cara menghilangkan kebiasaan buruk pada diri bisa Anda coba untuk membangun kebiasaan yang lebih baik. Jika sulit, lakukanlah secara bertahap dan konsisten. Selain menghilangkan kebiasaan buruk secara umum, Anda juga bisa mulai mengurangi kebiasaan buruk sebelum tidur.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait