Kurangi Overthinking, Ini Cara Menghilangkan Beban Pikiran dan Stres

Anggi Mardiana
20 Desember 2022, 17:33
Cara Menghilangkan Beban Pikiran
Katadata
Ilustrasi, overthinking.

Cara menghilangkan beban pikiran penting diketahui agar tidak mudah stres dan bisa kembali memulihkan ketenangan hidup yang sempat kacau. Untuk menghilangkannya, Anda tidak perlu menginvestasikan banyak waktu. Namun jika beban pikiran tidak terkendali segera cari pertolongan cepat.

Memikirkan banyak hal yang berada di luar kendali bisa berdampak negatif terhadap keadaan pikiran. Tidak bisa disangkal, bahwa berpikir secara berlebihan bisa menyebabkan frustasi, cemas dan stres. Terlalu memikirkan banyak hal inilah yang dikenal dengan overthinking.

Cara Menghilangkan Beban Pikiran

Melansir dari Mayoclinic.org,  berikut cara efektif menghilangkan beban pikiran:

1. Menjadi Aktif

Hampir semua aktivitas fisik dipercaya bisa meredakan stres. Sebab aktivitas fisik bisa memompa endorfin sehingga Anda merasa nyaman dan juga menghasilkan bahan alami yang bisa meningkatkan rasa sejahtera. Menjadi aktif bisa dilakukan dengan berolahraga untuk memfokuskan kembali pikiran pada gerakan tubuh yang bisa meningkatkan suasana hati.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat jadi bagian penting dari merawat diri sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan memakan beragam buah, sayuran dan biji-bijian. Mulai ubah pola makan sehat dengan memperhatikan menu sarapan hingga makan makanan berat.

3. Meditasi 

Selama melakukan meditasi, Anda bisa memusatkan perhatian dan menenangkan aliran pikiran yang campur aduk. Meditasi bisa menanamkan rasa tenang, damai dan seimbang sehingga bermanfaat untuk kesejahteraan emosional dan kesehatan secara keseluruhan.

4. Lebih Banyak Tertawa

Memiliki selera humor yang baik dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit dan membantu Anda merasa lebih baik. Tertawa tidak hanya meringankan beban mental tetapi juga menyebabkan perubahan fisik yang positif bagi tubuh.

5. Terhubung dengan Orang Lain

Terhubung dengan orang lain merupakan pereda stres yang baik karena bisa mengalihkan perhatian, memberikan dukungan dan membantu menolerir pasang surut hidup. Jadi istirahatlah sejenak bersama teman, mengirim email ke kerabat atau menjadi sukarelawan untuk mengumpulkan donasi.

6. Membuat Jurnal

Menuliskan isi pikiran dan perasaan bisa jadi cara pelepasan emosi yang terpendam. Jangan pikirkan tentang apa yang akan ditulis, langsung saja tulis apa pun yang terlintas di dalam pikiran karena tidak akan ada yang membacanya. Biarkan isi pikiran mengalir di atas kertas atau layar komputer.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement