Mencermati Rantai Makanan Ekosistem Hutan

Annisa Fianni Sisma
20 Desember 2022, 17:44
Rantai Makanan Ekosistem Hutan
PEXEL
Ilustrasi, ekosistem hutan.

Rantai makanan ekosistem hutan menjadi salah satu pembahasan yang menarik. Pasalnya hal ini menjadi fakta bahwa seluruh hewan yang hidup berkaitan satu sama lain.

Dalam ekosistem, terjadi hubungan yang disebut rantai makanan dan rantai makanan terdapat di laut dan darat. Hubungan antar makhluk hidup itu saling mempengaruhi satu sama lain. Berkaitan dengan hal itu, berikut penjelasan lebih lanjut terkait rantai makanan ekosistem hutan selengkapnya.

Advertisement

Pengertian Ekosistem dan Rantai Makanan

Ekosistem merupakan sistem ekologi yang muncul dan terbentuk oleh adanya hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungan yang ditempatinya. Terdapat dua jenis ekosistem yakni biotik yang artinya makhluk hidup dan abiotik yang artinya makhluk tak hidup.

Ekosistem sangat berkaitan erat dalam berlangsungnya rantai makanan. Pasalnya, dalam rantai makanan ekosistem hutan, maka yang ada di dalamnya adalah hewan darat, tumbuhan, pepohonan, hewan yang mampu bertahan dalam suhu tertentu, bernafas dengan paru-paru atau trakea, dan lain sebagainya.

Rantai makanan dalam ekosistem di laut juga berbeda. Pasalnya, hal ini juga berkaitan dengan hewan yang hidup di laut, tumbuhan yang hidup di laut, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rantai makanan merupakan istilah biologi yang digunakan untuk menjelaskan proses perolehan makanan pada organisme yang terjadi secara berantai. Mekanisme ini terjadi secara linear dari produsen hingga pemangsa paling atas.

Pengertian lain dari rantai makanan yakni peristiwa makan dan dimakan antar sesama makhluk hidup yang terjadi dalam urutan tertentu. Setiap rantai makanan, ada makhluk yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer. Setiap perannya mempengaruhi satu sama lain.

Komponen Penyusun Rantai Makanan Ekosistem Hutan

Mengutip rimbakita.com, dalam rantai makanan ekosistem hutan, terdapat berbagai komponen yang meliputinya. Masing-masing komponen memiliki peran masing-masing. Berikut penjelasannya.

1. Energi Matahari

Energi matahari merupakan dasar penyusun rantai makanan di hutan yang terpenting. Cahaya matahari dibutuhkan untuk menghasilkan makanan. Meskipun merupakan faktor abiotik, ternyata matahari berperan penting dalam proses fotosintesis tumbuhan.

2. Produsen

Komponen dalam rantai makanan ekosistem hutan berikutnya yakni produsen. Produsen adalah organisme yang mampu menghasilkan makanannya sendiri tanpa bergantung dengan organisme yang lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement