10 Cara Bangkit dari Keterpurukan agar Memiliki Semangat Hidup Kembali

Image title
20 Desember 2022, 19:20
Cara Bangkit dari Keterpurukan
Katadata
Ilustrasi, cara bangkit dari keterpurukan.

Cara bangkit dari keterpurukan diperlukan bagi Anda yang tengah mengalami kegagalan atau masa-masa sulit yang membuat sedih, kecewa dan depresi. Jika mengalami kondisi seperti ini, Anda harus tetap mengingat bahwa hidup harus terus berjalan dan melangkah.

Keterpurukan bisa membuat seseorang mengurung diri, anxiety yang sebetulnya tidak akan merubah keadaan apa pun. Untuk terus bergerak maju lakukanlah beberapa cara untuk bangkit dari keterpurukan. Ketika mengalami kegagalan silahkan bersedih dan meluapkan emosi namun jangan berlarut-larut.

Cara Bangkit dari Keterpurukan

Melansir dari Generali.co.id, berikut 10 cara bangkit dari keterpurukan yang bisa Anda coba agar tidak stres:

1. Menerima dan Menyadari Kenyataan

Seseorang yang tidak  bisa menerima dan menyadari kenyataan bisa terjebak dalam keterpurukan dan menyia-nyiakan hidupnya yang berharga. Ketika mengalami kegagalan, cobalah mengingat bahwa gagal bukan merupakan hal yang memalukan dan banyak orang di luar sana yang mengalami hal sama.

2. Menenangkan Pikiran

Menghadapi masalah, kecewa dan kegagalan secara bertubi-tubi menjadi hal berat untuk dilalui namun jika terus bersedih dan membiarkan diri dalam keterpurukan, tubuh akan merasa lelah. Tubuh dan pikiran memiliki batasan dan perlu istirahat.

3.  Membahagiakan Diri Sendiri

Ingatlah tidak ada yang bisa membuat Anda bahagia selain diri sendiri. Umumnya orang lain hanya membantu dan menambahkan saja. Anda harus menciptakan kebahagiaan sendiri meski kondisi hidup sedang berantakan yaitu dengan membuat diri bahagia.

4. Bersyukur

Bersyukur menentukan bagaimana Anda menjalani hidup. Banyak orang yang memilih mengeluh karena tidak berhasil atau tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Cobalah untuk tetap bersyukur atas apa yang Anda miliki sekarang.

5. Memotivasi Diri 

Setelah berdamai dengan keadaan dan diri sendiri, cobalah bergerak untuk menata kehidupan yang lebih baik kembali. Memotivasi diri bisa jadi cara paling efektif karena Anda harus mengingat kembali impian yang dikejar, orang tua dan pasangan yang jadi alasan Anda berjuang selama ini.

6. Menyusun Rencana untuk Masa Depan

Menyusun rencana untuk masa depan jadi cara bangkit dari keterpurukan berikutnya. Siapkan plan A dan plan B untuk menghadapi segala kemungkinan buruk seperti kegagalan. Cara bangkit dari kegagalan ini mudah dilakukan namun setiap orang memiliki masa lalu dan waktu penyelesaian yang berbeda-beda.

7. Menjadikan Masa Lalu Sebagai Pelajaran

Ketika kehidupan berada di bawah memang sulit untuk bisa berpikir positif. Jadikan masa lalu yang tidak menyenangkan jadi pelajaran berharga untuk terus bisa menghadapi beragam tantangan di masa depan. Kegagalan merupakan hal biasa yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi beragam tantangan di masa depan.

8. Akui Emosi yang Anda Rasakan

Mengalami keterpurukan bisa menimbulkan beragam emosi yang tidak nyaman seperti marah, malu, sedih, cemas atau terpukul. Sebagian besar orang mungkin akan menyangkal perasaan tersebut dan membuatnya lebih terpuruk. Dengan mengakui dan mengenali emosi negatif yang tengah dirasakan bisa jadi solusi lebih baik di masa depan.

9.  Berdialog dengan Diri Sendiri

Cara bangkit dari keterpurukan berikutnya bisa dilakukan dengan berdialog pada diri sendiri.  Anda bisa mulai berbicara pada diri sendiri dan mencari solusi agar bisa keluar dari emosi tersebut. Misalnya ketika merasa terpuruk dan kehilangan kepercayaan akibat ditolak masuk kantor tertentu.

Advertisement

10. Hindari Membandingkan Diri dengan Pencapaian Orang Lain

Membandingkan diri dengan pencapaian orang lain hanya akan meningkatkan perasaan negatif dan menurunkan kepercayaan pada diri sendiri. Cara bangkit dari keterpurukan yang paling penting ialah dengan berhenti mengadu nasib pada orang lain.

Cara Bangkit dari Keterpurukan Usaha

Melansir dari Lemonilo.com, berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk bangkit dari keterpurukan usaha yaitu sebagai berikut:

1. Catat Kesahalan di Masa Lalu

Mengelola sebuah usaha tidak terlepas dari permasalahan dan tidak jarang seseorang mengalami permasalahan yang sama. Untuk menghindarinya, cobalah catat beberapa kesalahan yang pernah terjadi untuk menghindari masalah yang sama di masa depan.

2. Memulai lagi 

Ketika mengalami kegagalan dalam usaha, jangan merasa sedih secara terus-menerus tapi ambil pelajaran dan memulainya kembali. Dengan memulai usaha lagi, Anda bisa mengidentifikasi kekuatan usaha yang dimiliki dan mengembangkan usaha kembali, Anda bisa menggunakan prinsip SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threats).

3. Keluar dari Zona Nyaman

Wirausaha berkaitan erat dengan risiko. Tidak jarang untuk bisa menjalankan usaha dengan sukses, Anda harus bisa keluar dari zona nyaman. Misalnya mencoba dan mempelajari bidang usaha lain yang lebih menarik. Dari sini, Anda akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang tidak kalah berharga.

10 cara bangkit dari keterpurukan ini bisa dicoba oleh Anda yang sedang mengalami kegagalan. Cara ini bisa membantu Anda terhindar dari stres akibat keterpurukan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara bangkit dari keterpurukan usaha.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait