10 Cara Bangkit dari Keterpurukan agar Memiliki Semangat Hidup Kembali

Anggi Mardiana
20 Desember 2022, 19:20
Cara Bangkit dari Keterpurukan
Katadata
Ilustrasi, cara bangkit dari keterpurukan.

Cara bangkit dari keterpurukan diperlukan bagi Anda yang tengah mengalami kegagalan atau masa-masa sulit yang membuat sedih, kecewa dan depresi. Jika mengalami kondisi seperti ini, Anda harus tetap mengingat bahwa hidup harus terus berjalan dan melangkah.

Keterpurukan bisa membuat seseorang mengurung diri, anxiety yang sebetulnya tidak akan merubah keadaan apa pun. Untuk terus bergerak maju lakukanlah beberapa cara untuk bangkit dari keterpurukan. Ketika mengalami kegagalan silahkan bersedih dan meluapkan emosi namun jangan berlarut-larut.

Cara Bangkit dari Keterpurukan

Melansir dari Generali.co.id, berikut 10 cara bangkit dari keterpurukan yang bisa Anda coba agar tidak stres:

1. Menerima dan Menyadari Kenyataan

Seseorang yang tidak  bisa menerima dan menyadari kenyataan bisa terjebak dalam keterpurukan dan menyia-nyiakan hidupnya yang berharga. Ketika mengalami kegagalan, cobalah mengingat bahwa gagal bukan merupakan hal yang memalukan dan banyak orang di luar sana yang mengalami hal sama.

2. Menenangkan Pikiran

Menghadapi masalah, kecewa dan kegagalan secara bertubi-tubi menjadi hal berat untuk dilalui namun jika terus bersedih dan membiarkan diri dalam keterpurukan, tubuh akan merasa lelah. Tubuh dan pikiran memiliki batasan dan perlu istirahat.

3.  Membahagiakan Diri Sendiri

Ingatlah tidak ada yang bisa membuat Anda bahagia selain diri sendiri. Umumnya orang lain hanya membantu dan menambahkan saja. Anda harus menciptakan kebahagiaan sendiri meski kondisi hidup sedang berantakan yaitu dengan membuat diri bahagia.

4. Bersyukur

Bersyukur menentukan bagaimana Anda menjalani hidup. Banyak orang yang memilih mengeluh karena tidak berhasil atau tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Cobalah untuk tetap bersyukur atas apa yang Anda miliki sekarang.

5. Memotivasi Diri 

Setelah berdamai dengan keadaan dan diri sendiri, cobalah bergerak untuk menata kehidupan yang lebih baik kembali. Memotivasi diri bisa jadi cara paling efektif karena Anda harus mengingat kembali impian yang dikejar, orang tua dan pasangan yang jadi alasan Anda berjuang selama ini.

6. Menyusun Rencana untuk Masa Depan

Menyusun rencana untuk masa depan jadi cara bangkit dari keterpurukan berikutnya. Siapkan plan A dan plan B untuk menghadapi segala kemungkinan buruk seperti kegagalan. Cara bangkit dari kegagalan ini mudah dilakukan namun setiap orang memiliki masa lalu dan waktu penyelesaian yang berbeda-beda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement