Mengenal Ahli Hukum Inggris John Austin dan Karya Terkemukanya

Annisa Fianni Sisma
12 Januari 2023, 13:19
John Austin
allpoetry.com
Ilustrasi, John Austin.

John Austin merupakan sosok ahli hukum asal Inggris yang terkenal dengan tulisannya dengan judul The Province of Jurisprudence Determined (1832). John Austin menyarankan definisi hukum dan membedakan hukum positif dari moralitas yang berkaitan juga dengan Jeremy Bentham.

Kontribusinya dalam perkembangan ilmu hukum terasa hingga kini. Pemikirannya yang analitis dan kejujuran intelektualnya membuat rekan-rekannya terkesan. Karyanya pun mempengaruhi para ahli hukum berikutnya termasuk Oliver Wendell Holmes, Jr.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui John Austin memiliki peran yang besar dalam perkembangan ilmu hukum dan mempengaruhi ahli hukum setelah dirinya. Berkaitan dengan itu, tentu menarik membahas biografi John Austin hingga menjadi sosok ahli hukum terkemuka.

Sepak Terjang John Austin: Awal Kehidupan, Pendidikan dan Karir

John Austin lahir di Creeting Mill, Suffolk, England pada 3 maret 1790. Dalam beberapa tahun kemudian tepatnya pada 1812 ia mulai mempelajari bidang ilmu hukum setelah sebelumnya menjadi tentara sejak 1818.

Ia memiliki kemampuan analisis yang baik sehingga membuat orang di sekitarnya terkesan. Hingga akhirnya pada 1826, John Austin pun dinobatkan sebagai profesor yurisprudensi pertama ketika University College, London didirikan.

John Austin juga menghabiskan waktu selama 2 (dua) tahun di Jerman untuk mempelajari hukum Romawi dan karya para ahli Jerman terkait hukum perdata modern. Hukum perdata yang dipelajarinya mempengaruhinya setelah Jeremy Bentham.

Ia dan sang istri, Sarah, digambarkan dalam britannica.com sebagai sosok utilitarian yang bersemangat. Keduanya adalah teman dekat Jeremy Bentham, James, dan John Stuart Mill.

Pada kuliah pertama yang digelar John Austin pada 1828, dihadiri oleh banyak orang terhormat pada masa itu. Sayangnya, pada saat itu ia gagal membuat para siswa tertarik dengan materi kuliahnya hingga John Austin mengundurkan diri pada 1834. Ia mengundurkan diri setelah menyampaikan materinya secara lebih singkat dan mewariskan ajaran yurisprudensi.

Kemudian pada 1833, ia diangkat ke komisi Hukum Pidana. Namun karena sedikit pihak yang mendukungnya, dirinya akhirnya mengundurkan diri karena frustasi setelah menandatangani dua laporan pertamanya. Selanjutnya pada 1836, John Austin diangkat sebagai Komisaris Urusan Malta.

Karya John Austin The Province of Jurisprudence Determined yang Terkemuka

John Austin
The Province of Jurisprudence Determined oleh John Austin (lawbookexchange.com) 

John Austin memiliki karya yang paling terkenal dan termasuk materi kuliahnya. Karya tersebut berjudul The Province of Jurisprudence Determined terbit pada 1832.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...