Mengenal Sosok Roscoe Pound, Ahli Hukum Asal Amerika Serikat

Annisa Fianni Sisma
30 Januari 2023, 21:02
Roscoe Pound
britannica.com
Ilustrasi, Roscoe Pound

Roscoe Pound merupakan seorang ahli hukum, ahli botani dan pendidik asal Amerika. Roscoe Pound merupakan salah satu pemikir hukum yang pemikiran dan karyanya selalu diperbincangkan. Ia adalah sosok yang terkemuka di aliran sociological jurisprudence dan pragmatic legal realism.

Sosoknya sangat dikenal dalam perkembangan ilmu hukum karena kontribusinya terhadap ilmu tersebut. Berkenaan dengan itu, berikut ini biogradi Roscoe Pound melansir dari britannica.com dan Jurnal Ilmu Hukum Padjadjaran (2014) yang berjudul ‘Khazanah Roscoe Pound’ oleh Atip Latipulhayat.

Advertisement

Keluarga, Pendidikan, Karir dan Akhir Hayat Roscoe Pound

Roscoe Pound
Roscoe Pound (digital.library.ucla.edu)
 

Roscoe Pound lahir pada 27 Oktober 1870 di Lincoln, Nebraska, Amerika Serikat dengan nama lengkap Nathan Roscoe Pound. Orang tuanya adalah Stephen Bosworth Pound dan Laura Pound.

Stephen Pound adalah seorang hakim yang turut terkemuka. Bagi, Roscoe Pound, ayahnya merupakan sosok pria yang paling jujur.

Selain itu, Roscoe Pound memiliki dua orang saudari yang bernama Louise Pound dan Olive Pound. Louise Pound adalah seorang ahli bahasa, folklorist, dan profesor di University of Nebraska.

Setelah mengenyam pendidikan tentang botani di University of Nebraska dan hukum di Harvard pada 1889 hingga 1890, Roscoe Pound diterima di Nebraska dan praktik hukum sekaligus mengajar di universitas negeri pada 1890 hingga 1903.

Latar belakang pendidikannya itu membuatnya dianggap memiliki figur yang memiliki kecenderungan kuat membuat klasifikasi tentang bahan-bahan hukum. Selain itu, Roscoe Pound juga dijuluki sebagai figur yang melakukan botanisasi hukum atau botanized law.

Roscoe Pound pernah menjabat sebagai direktur survei botani di negara bagian sejak 1892 hingga 1903. Pada saat masa jabatannya itu, Pound menemukan lumut langka yang disebut dengan Roscopoundia.

Tak hanya itu, Roscoe Pound juga sempat menjabat sebagai anggota Komisi Banding di Mahkamah Agung Nebraska pada 1901 hingga 1903. Ia menghasilkan sekitar 102 pendapat hukum yang dijadikan rujukan hingga kini. Roscoe Pound juga menjabat sebagai anggota komisi Unifikasi Hukum untuk Nebraska pada 1904 hingga 1907.

Roscoe Pound juga menjadi pengajar di beberapa Fakultas Hukum di Universitas Nebraska, Universitas Northwestern, Universitas Chicago pada 1909 hingga 1910, dan Universitas Harvard.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement