Memahami 2 Cara Restart iPhone 12 Pro Max dengan Mudah

Cara restart Iphone 12 Pro Max menjadi informasi yang berguna untuk membantu penggunanya mengatasi Iphone yang freeze atau hang. Berikut ulasannya.
Image title
24 November 2022, 19:35
Cara Restart iPhone 12 Pro Max
Instagran/@theapplehub
Ilustrasi, iPhone 12.

Sebelum mengetahui cara restart iPhone 12 Pro Max, ketahui dulu apa itu restart. Mengutip recode.id, restart adalah suatu tindakan mematikan perangkat untuk beberapa saat lalu mengaktifkannya lagi. Biasanya dilakukan untuk mengatasi eror kecil di HP.

Tujuan melakukan restart iPhone adalah, mematikan seluruh sistem aplikasi yang berjalan dan memulainya kembali dari awal sehingga bisa lebih fresh. Biasanya dilakukan saat sinyal internet lemot dan aplikasi sulit terbuka sehingga perlu melakukan restart.

Cara Restart iPhone 12 Pro Max

Memulai ulang kembali iPhone 12 Pro Max bisa dilakukan secara force dan normal. Berikut 2 cara memulai ulang Iphone 12 Pro Max kami lansir dari Pukeva.com:

1. Force Restart iPhone 12 Pro Max

Force restart yaitu memulai ulang kembali smartphone dengan cara paksa. Fungsinya untuk mengatasi HP iPhone 12 Pro Max yang tiba-tiba lag, freeze, hang dan tidak bisa merespon apapun. Berikut caranya:

Advertisement
  • Menekan tombol volume bagian atas lalu lepas.
  • Tekan juga tombol volume bagian bawah lalu lepaskan .Langkah selanjutnya tekan dan tahan tombol Power/Samping/Lock hingga Iphone melakukan restart dan memunculkan logo Apple.

Restart secara paksa sebaiknya dilakukan jika cara normal tidak menunjukan perubahan. Sebab jika sering dilakukan cukup berisiko bagi kondisi smartphone Anda.

2. Restart Normal iPhone 12 Pro Max

Restart bisa dilakukan seminggu sekali untuk menyegarkan sistem pada Iphone 12 Pro Max. Berikut caranya:

  • Dimatikan

Cara restart normal bisa dilakukan dengan mematikan lalu menyalakannya kembali. Anda bisa menekan atau menahan tombol Power/Samping/Lock.

  • Menggunakan Assistive Touch

Assistive Touch yaitu menu yang digunakan untuk membantu Anda dalam menggunakan beragam pintasan fungsi Iphone 12 Pro Max, salah satunya mematikan perangkat.

Fungsi Restart HP iPhone 12 Pro Max

Setelah mengetahui cara restart Iphone 12 Pro Max, perlu Anda ketahui bahwa melakukan restart di HP Iphone 12 Pro Max memiliki beberapa fungsi. Berikut 5 fungsi restart HP Iphone 12 Pro Max yang kami lansir dari Carisinyal.com:

1. Sistem Bisa Berfungsi Kembali

Salah satu manfaat melakukan restart HP iPhone 12 Pro Max yaitu sistem bisa kembali berfungsi. Sistem Iphone bisa berhenti ketika pengguna sedang berselancar di internet. Kini Anda tidak perlu panik karena bisa memulai ulang dengan melakukan restart.

2. MengatasI Overload

Sama seperti ponsel Android, iPhone terkadang mengalami overload karena digunakan secara terus-menerus. Kondisi ini bisa terjadi karena cache menumpuk dan aplikasi yang dijalankan cukup banyak. Untuk mengatasinya, bisa melakukan restart agar cache kembali bersih.

3. Menyempurnakan Aplikasi yang Baru Saja Diunduh

Fungsi selanjutnya yaitu menyempurnakan aplikasi yang baru saja diunduh di AppStore atau situs lainnya. Biasanya layar menampilkan perintah melakukan restart iPhone di layar. Lakukan cara ini untuk menyempurnakan proses instalasi aplikasi.

4. Mengistirahatkan HP Setelah Digunakan Lama

Sistem di dalam perangkat HP bisa lelah jika digunakan secara berhari-hari tanpa istirahat. Dengan melakukan restart setelah digunakan lama maka akan membuat smartphone lebih tahan lama. Anda bisa melakukan restart Iphone 3-4 hari sekali.

5. Melakukan Tes Jaringan

Fungsi restart iPhone 12 Pro Max yang tidak kalah penting ialah untuk test jaringan yang terkoneksi ke smartphone. Misalnya saat Anda melakukan browsing di HP terasa lemot maka bisa melakukan restart untuk memastikan kondisi jaringan. Sebab restart bisa memperbarui jaringan sehingga bisa cepat dan normal kembali.

Penyebab HP iPhone Perlu Restart Terus-menerus

Dalam konidisi tertentu, Iphone terkadang melakukan restart secara terus-menerus. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, berikut di antaranya:

1. Software iOS Rusak

Penyebab pertama iPhone melakukan restart secara terus-menerus ialah software mengalami kerusakan. Bisa terjadi karena adanya kode yang mengalami kesalahan sehingga software terganggu. Solusinya, Anda perlu melakukan restore Iphone.

2. Adanya Kerusakan Pada Hardware

iPhone melakukan restart secara terus-menerus juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware. Hal ini bisa terjadi, karena usia HP iPhone yang sudah terlalu lama. Untuk mengatasinya, Anda bisa membawanya ke service center Iphone.

3. Ada Aplikasi Konflik

Penyebab selanjutnya bisa karena aplikasi mengalami konflik sehingga memaksa iPhone melakukan restart. Solusinya, Anda perlu menghapus semua aplikasi yang mengalami konflik. Bisa juga menggunakan cara lain, yaitu hard reset pada iPhone.

4. Terkena Virus

iPhone yang terkena virus juga bisa melakukan restart secara terus-menerus. Hal ini terjadi ketika pengguna melakukan jailbreak sehingga sistem keamanan bisa terbuka dan virus masuk ke dalamnya. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya hapus jailbreak atau unjailbreak.

Cara restart iPhone 12 Pro Max bisa dilakukan secara paksa atau normal. Namun, cara paksa tidak disarankan karena bisa berisiko terhdap kondisi Iphone. Sebaiknya lakukan restart dengan menggunakan cara normal.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait