Mengenal Pengertian Analisis SWOT dan Unsur-unsurnya

Siti Nur Aeni
27 Juni 2022, 18:13
pengertian analisis SWOT
freepik.com
Ilustrasi, analisis SWOT.

Pengertian analisis SWOT merupakan pemahaman dasar yang harus dipahami oleh setiap pelaku usaha baik UMKM maupun perusahaan besar. SWOT diperlukan untuk mengetahui kekuatan maupun kekurangan dari usaha yang dimiliki.

Dengan memahami dan menerapkan analisis SWOT, maka usaha tersebut bisa bersaing dengan usaha sejenis. Lantas, apa itu analisis SWOT? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Apa Itu Analisis SWOT?

Dalam menjalankan usaha, analisis SWOT menjadi cara untuk mencapai tujuan. SWOT dianggap bisa metode analisis praktis yang berguna untuk meningkatkan kinerja sesuai target yang ditentukan.

Menurut penjelasan di buku “Panduan Analsisi SWOT Untuk Kesuksesan Bisnis: Jangan Buat Strategi Bisnis Sebelum Baca Buku Ini”, pengertian analisis SWOT adalah suatu metode yang berisi perencanaan strategis untuk evaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang bisa diaplikasikan dalam suatu protek atau spekulasi bisnis.

Proses analisis SWOT ini melibatkan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis. Agar bisa mendukung analisisnya, maka dilakukan juga identifikasi faktor internet dan eksternal.

Pengertian analisis SWOT lainnya yaitu identitas dari beragam faktor yang sistematis digunakan untuk merumuskan strategi pelayanan. Analisis ini dilakukan menggunakan logika yang bisa memaksimalkan peluang dan meminimalisir kekurangan serta ancaman.

Unsur dalam Analisis SWOT

SWOT merupakan sebuah akronim dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threat (ancaman). Maka dari itu, dalam analisis SWOT terdapat empat unsur. Mengutip etheses.iainkediri.ac.id, berikut penjelasan tentang unsur atau faktor analisis SWOT.

1. Strength (Kekuatan)

Kekuatan merupakan sumber daya yang bisa dikendalikan oleh perusahaan. Adanya kekuatan maka membuat perusahaan relatif lebih unggul dibandingkan kompetitor. Kekuatan ini bisa berasal dari sumber daya dan kompetensi yang ada di perusahaan tersebut.

Kekuatan yang dimaksud misalnya; sumber keuangan, citra, kepemimpinan pasar, hubungan dengan pembeli maupun suplier, serta faktor lainnya. Perlu diketahui bahwa faktor kekuatan yang dimiliki perusahaan merupakan kompetensi khusus yang ada dalam perusahaan tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement