Memahami Definisi, Keuntungan, dan Jenis-jenis E-Marketing

Dwi Latifatul Fajri
18 Juli 2022, 14:39
e marketing adalah
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
Ilustrasi, seorang perajin tas menunjukkan media sosial miliknya, yang digunakan untuk memasarkan produk.

Istilah e-marketing dewasa ini bukan merupakan hal yang baru. Ini merupakan istilah yang berhubungan dengan pemasaran. Secara spesifik, e marketing adalah model pemasaran yang menggunakan media internet, atau pemasaran secara daring (online).

Pemasaran yang dimaksud, bisa terhadap suatu merek berupa jasa, dan produk, hingga mempromosikan perusahaan. Tujuannya, adalah untuk menarik, mengembangkan, dan mempertahankan bisnis. E-marketing semakin dilirik, karena memiliki sejumlah keunggulan.

Apa tujuan perusahaan menjalankan strategi menggunakan e-marketing, dan apa saja manfaatnya? Simak ulasan singkat berikut ini.

Definisi dan Manfaat E-Marketing

Berasal dari bahasa Inggris, e marketing adalah strategi pemasaran yang mengandalkan internet dan media elektronik. Penggunaan e-marketing mencakup banyak proses, mulai perencanaan strategi pemasaran, distribusi, konsep, dan penetapan harga produk.

Melalui jaringan internet, e-marketing menjadi proses pertukaran dan memenuhi permintaan pelanggan. Penggunaannya lebih efektif, karena mengurangi biaya operasional dan membuat harga yang ditawarkan lebih kompetitif dibandingkan perusahaan lain.

Keunggulan strategi pemasaran menggunakan e marketing adalah, mampu menawarkan berbagai kemudahan untuk konsumen. Melalui metode e-marketing, konsumen mendapatkan informasi secara detail untuk pembelian barang, serta dapat mengakses informasi selama 24 jam melalui e-mail, website, dan mendapatkan kupon.

Mengutip dari encyclopedia.com, bagi konsumen beberapa keuntungan memanfaatkan e marketing adalah, dapat membandingkan harga barang dan menghemat biaya, serta waktu. Konsumen dapat berbelanja tanpa perlu pergi ke toko langsung.

Oleh karena itu, saat ini e-marketing menjadi opsi utama untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis. Secara spesifik, tujuan strategi e marketing adalah memanfaatkan teknologi untuk pemasaran, menambah target, dan mengembangkan bisnis.

Jenis E-Marketing

Mengutip dari indeed.com, ada beberapa jenis strategi e-marketing yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau pelaku usaha. Beberapa jenis e marketing adalah sebagai berikut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...