Diversifikasi Adalah Upaya Memvariasikan Produk, Ini Penjelasannya

Image title
10 Agustus 2022, 19:17
diversifikasi adalah
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/hp.
Ilustrasi, seorang pekerja menunjukkan tahu telur kuning hasil diversifikasi produk usaha pembuatan tahu Afifah di Kelurahan Nunu, Palu, Sulawesi Tengah.

Sebuah perusahaan besar biasanya tidak hanya bergerak pada satu sektor bisnis saja. Mereka sering melakukan diversifikasi sebagai salah satu strategi untuk menambah keuntungan, sehingga arus kas perusahaan lebih stabil.

Secara sederhana diversifikasi adalah salah satu strategi untuk menghindarkan perusahaan dari risiko kerugian. Caranya dengan menambah atau memvariasikan produk, agar mereka bisa bertahan apabila salah satu produknya tidak laku di pasaran.

Diversifikasi adalah hal yang sangat penting untuk dipahami oleh seorang pebisnis. Ini juga berlaku bagi Anda calon pengusaha pemula, agar kegiatan usaha yang sedang dilakukan bisa berkembang.

Selain dalam bisnis, diversifikasi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi pada dunia investasi. Lantas seperti apa pengertian dan manfaat dari diversifikasi? Berikut Katadata.co.id sudah merangkum pembahasannya untuk Anda.

Definisi Diversifikasi

Secara umum, yang dimaksud dengan diversifikasi adalah upaya menghasilkan produk atau layanan jasa untuk meningkatkan profitabilitas. Langkah ini juga sekaligus dapat mengamankan keuangan sebuah perusahaan agar tetap stabil.

Sebagai contoh, apabila Anda merintis usaha kuliner pastinya menu yang ditawarkan tidak hanya satu jenis makanan saja. Anda mungkin saja menambahkan beberapa menu agar konsumen tidak merasa bosan dan terus membeli produk Anda. Singkatnya, upaya ini termasuk ke dalam contoh diversifikasi.

Melansir dari situs Nibusinessinfo.co.uk, diversifikasi adalah strategi pertumbuhan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk memasuki pasar atau industri baru. Maksudnya yaitu perusahaan tersebut tetap memproduksi produk lamanya, sembari menciptakan produk lain untuk pasar baru tersebut.

Dengan melakukan diversifikasi, sebuah perusahaan akan mendapatkan peluang untuk mengembangkan bisnisnya dengan produk baru. Selain bisa meningkatkan profit, upaya ini juga bisa menghasilkan produk yang sangat beragam.

Perlu diingat meskipun diversifikasi adalah hal yang lazim dilakukan oleh perusahaan besar, namun biasanya mereka akan mencoba menambah produk baru yang masih berkaitan dengan bisnis inti mereka. Alasannya karena apabila mereka memperluas bisnis ke sektor lain yang tidak memiliki keterkaitan dengan bisnis sebelumnya, risiko kerugian bisa saja menimpa mereka.

Jadi untuk melakukan ekspansi bisnis memakai metode diversifikasi, sebaiknya Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu produk atau layanan jasa yang sesuai dengan bisnis Anda sekarang.

Arti Diversifikasi dalam Investasi

Setelah Anda memahami definisi diversifikasi dalam dunia bisnis, tidak ada salahnya Anda juga memahami arti metode diversifikasi pada praktik investasi.

Menurut Forbes, diversifikasi adalah strategi investasi yang digunakan untuk mengelola risiko. Daripada memusatkan uang di satu perusahaan, industri, sektor atau kelas aset, investor melakukan ekspansi investasi mereka di berbagai sektor yang berbeda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...