Customer Journey Adalah Proses Mengenal Brand, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
22 September 2022, 20:10
customer journey adalah
pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi, customer

Era teknologi mengubah pengenalan produk pada konsumen. Salah satu cara memahami konsumen secara online menggunakan Customer Journey. Dalam bahasa Indonesia, Customer journey artinya perjalanan pelanggan.

Tujuan customer journey ini untuk memahami pola pikir konsumen pada produk tertentu. Salah satu cara memahami konsumen yaitu membuat customer journey. Pemakaian peta perjalanan konsumen ini untuk memahami konsumen setelah pembelian produk.

Customer Journey ini bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Produsen dapat memahami keinginan konsumen tentang produk. Selain itu membantu membuat campaign marketing yang efektif dan efisien.

Pengertian Customer Journey

Apa yang dimaksud Customer Journey? Customer Journey adalah perjalanan konsumen menemukan informasi produk atau brand. Contohnya saja mengetahui seberapa sering konsumen mengunjungi website dan pembelian ulang.

Sedangkan customer journey map (CJM) membantu memahami apa yang dibutuhkan konsumen. Pemetaan ini untuk melihat apakah konsumen ragu atau khawatir sebelum membeli sebuah produk. Pengertian consumer journey map adalah bentuk visual pengalaman konsumen ketika interaksi produk.

Cara kerja CJM yaitu mengambil seluruh data pelanggan potensial. Data pelanggan ini dalam bentuk survey, penelitian di media sosial, dan alat analisis seperti Google.

Langkah Menyusun Customer Journey

Mengutip dari Manajemen Pemasaran (Perspektif Digital Marketing), berikut 5 langkah menyusun customer jo

1. Membangun Kesadaran Konsumen

Langkah pertama adalah mengenalkan produk yang ingin ditawarkan pada konsumen. Produsen dapat menggunakan saluran komunikasi pemasaran yang bisa dipakai. Contohnya saja promosi produk online melalui iklan Youtube, email, website, dan media sosial. Hal ini membantu konsumen untuk mempelajari produk yang ditawarkan.

2. Pertimbangan Konsumen

Kedua konsumen perlu mempertimbangkan produk sesuai kebutuhan. Beberapa produk yang ditawarkan memiliki atribut yang sama. Produsen perlu memberikan informasi supaya konsumen tertarik membeli produk. contohnya saja menyediakan alamat, keunggulan produk, logo, dan penawaran produk.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...