Profile Gerald Jerry Lawson, Engineer Video Game yang Fenomenal

Annisa Fianni Sisma
1 Desember 2022, 16:16
Profile Gerald Jerry Lawson
blackpast.org
Ilustrasi, Gerald Jerry Lawson.

Gerald Jerry Lawson menjadi Google Doodle hari ini. Pasalnya, 1 Desember merupakan hari ulang tahun Gerald Jerry Lawson. Tentu menarik untuk membahas profil Gerald Jerry Lawson yang dikenal sebagai video game engineer  dan berkontribusi dalam pengembangannya.

Melansir dari biography.com, Gerald Jerry Lawson lahir di Brooklyn, New York pada 1 Desember 1940. Gerald Jerry Lawson merupakan pelopor video game rumahan pada 1970-an. Ia menciptakan Fairchild Channel F, sebuah sistem video game rumahan pertama.

Keluarganya termasuk orang-orang yang menyadari pentingnya pendidikan. Ayahnya merupakan seorang buruh pelabuhan dan gemar membaca buku sains. Sedangkan ibunya bekerja di New York sebagai pegawai negeri, dan presiden PTA di sekolah yang dihadiri Gerald.

Berikut ini profile Gerald Jerry Lawson, mulai dari kehidupan pribadinya, hingga perjalanannya menjadi pioneer video game rumahan.

Kehidupan Pribadi Gerald Jerry Lawson

Kakek Gerald Jerry Lawson adalah seorang postmaster by trade yang memahami fisika. Gerald Jerry Lawson memiliki satu saudara laki-laki bernama Michael. Gerald Jerry Lawson menikah dengan Catherine dan memiliki dua orang anak.

Didorong oleh keluarga yang cenderung memperhatikan pendidikan dan memahami sains, Gerald Jerry Lawson pun tertarik mempelajari komputer. Tak hanya itu, dalam hidupnya, ia terinspirasi karya George Washington Carver.

Gerald Jerry Lawson mendapatkan lisensi radio ham amatir ketika ia berusia 13 tahun. Setelah memperoleh lisensi itu, ia mulai menabung membeli alat elektronik untuk membangun stasiun radionya sendiri.

Saat SMA, ia semakin tertarik mencoba berbagai hal elektronik seperti memperbaiki televisi untuk menghasilkan uang. Kemudian, ia mendaftar di Queens College yang merupakan bagian dari New York University. Namun melansir dari blackpast-org, ia tak pernah menerima gelar.

Ketertarikannya dengan komputer membuatnya bergabung ke Klub Komputer Homebrew Silicon Valley pada 1970-an. Ia dan Ron Jones adalah satu-satunya anggota kulit hitam saat itu. Pada klub tersebut, ia bertemu Steve Jobs dan Steve Wozniak. Gerald Jerry Lawson menyebut Steve Jobs sebagai Sparkplug yang berpikiran tentang bisnis.

Menjadi Pioneer Video Game

Setelah kuliah, Gerald Jerry Lawson memulai karirnya di bidang elektronik dengan ITT. Ia diminta pergi ke Newfoundland untuk memasang perangkat radar dan memodifikasi beberapa unit agar mampu berfungsi.

Gerald Jerry Lawson juga mendapatkan pekerjaan dengan Grumman Aircraft, PRD Electronics, dan Kaiser Electronics. Ia pun mempelajari banyak hal dari pengalaman kerjanya.

Selanjutnya, pada sekitar pertengahan 1970-an, Gerald Jerry Lawson membantu menciptakan Fairchild Channel F. Fairchild Channel F adalah mesin hiburan yang diproduksi pada 1976 oleh Fairchild Semiconductor.

Ia telah memiliki pengetahuan terkait dengan manufaktur semikonduktor. Awalnya ia menjadi seorang konsultan desain keliling. Kemudian karirnya berkembang. Di situ, Gerald Jerry Lawson bekerja sebagai direktur teknik dan pemasaran. Beberapa tahun sebelumnya, Mike Markkula selaku salah satu pendiri Apple Computers Inc menjadi kepala pemasaran perusahaan tersebut.

Ia juga bereksperimen dengan elektronik di rumah. Gerald Jerry Lawson juga mengembangkan video game Demolition Derby miliknya sendiri pada 1973.

Kemudian, pada 1975 video game tampaknya menjadi industri baru yang diminati produk Fairchild. Shawn Fogarty selaku perwakilan suku cadang Fairchild pun dihubungi Norman Alpert untuk mengunjungi Alpex Computer Corporation. Ia diminta mendemonstrasikan prototipe yang sedang dikembangkan. Gerald Jerry Lawson pun terlibat dalam project tersebut.

Gerald Jerry Lawson juga menjadi KeyNote di Classic Gaming Expo pada 2005. Ia menyampaikan berbagai perkemangannya di Fairchild termasuk pengembangan Channel F dan lain sebagainya.

Kontribusi Gerald Jerry Lawson membuat banyak orang mampu bermain di rumah. Kontribusinya juga menjadi salah satu jalan bagi pengembangan Atari 2600, Xbox, PlayStation, dan Nintendo.

Menjadi salah satu orang kulit hitam yang berkecimpung di industri itu, Gerald Jerry Lawson mengatakan bahwa banyak rekan kerjanya yang terkejut saat mengetahui ada orang Afrika-Amerika yang bergabung. Ia cukup menjadi pusat perhatian saat itu.

Kemudian pada 1980, Gerald Jerry Lawson meninggalkan Fairchild dan mendirikan perusahaan game-nya sendiri. Ia menamai perusahaannya itu dengan Videosoft.

Videosoft memproduksi game pabrikan seperti Atari. Videosoft juga membuat satu katrid yakni “Color Bar Generator”. Color Bar Generator ini digunakan untuk mengkalibrasi warna televisi dan menyesuaikan pegangan gambar vertikal horizontal pada perangkat televisi. Dengan katrid tersebut, Gerald Jerry Lawson dan Videosoft tidak meraup untung yang besar. Namun ia cukup dikenal dalam permainan elektronik.

Pada 2011, Gerald Jerry Lawson menerima kehormatan sebagai perintis industri oleh International Game Developers Association. Namun hanya sebulan setelah menerima gelar, ia meninggal dunia.

Gerald Jerry Lawson meninggal dunia pada 9 April 2011 di Mountain View, California. Gerald Jerry Lawson meninggal pada usia 70 tahun. Ia mengalami komplikasi terkait penyakit diabetesnya. Ia pun meninggalkan seorang istri dan dua orang anak bernama Karen dan Marc.

Demikian penjelasan terkait profil Gerald Jerry Lawson dan kontribusinya dalam pengembangan video game yang dapat dinikmati masyarakat hingga kini.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait