Menilik 5 Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk

Anggi Mardiana
21 Desember 2022, 14:53
Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Ilustrasi, konsumen memilih produk.

Proses pengambilan keputusan konsumen meliputi identifikasi kebutuhan, mengumpulkan informasi, mengevaluasi alternatif dan akhirnya membuat keputusan pembelian. Perilaku konsumen tersebut bisa ditentukan oleh faktor ekonomi, psikologis dan lingkungan sekitar.

Pengambilan keputusan konsumen merupakan prosedur yang kompleks dan melibatkan beragam hal mulai dari pengenalan masalah hingga aktivitas setelah pembelian. Setiap konsumen memiliki kebutuhan berbeda dalam kehidupan sehari-harinya dan kebutuhan tersebut membuat keputusan berbeda.

Keputusan konsumen bisa rumit seperti mengevaluasi, membandingkan, memilih dan membeli produk bergantung pada pendapat konsumen lain terhadap produk tersebut.

Hal ini memberikan pemahaman dasar tentang masalah dasar dari proses pengambilan keputusan konsumen untuk membuat produk pemasar berbeda dari yang lain.

Pentingnya Memahami Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Memahami proses pengambilan keputusan konsumen terbilang penting untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan merencanakan strategi penjualan atau pemasaran. Berikut beberapa alasan pentingnya:

1. Memenangkan Persaingan

Dengan memahami kebiasaan membeli yang dilakukan oleh konsumen maka pelaku bisnis memiliki kesempatan untuk mengembangkan inisiatif penjualan dan pemasaran unik. Melalui cara ini, konsumen yang tertarik membeli produk Anda akan lebih banyak daripada pesaing.

2. Memberikan Informasi Berbasis Kebutuhan Pelanggan

Anda bisa menggunakan proses pengambilan keputusan konsumen sebagai panduan untuk melakukan kampanye pemasaran, peluncuran produk atau iklan. Proses ini akan mendorong pelaku usaha untuk mengetahui beberapa hal berikut:

• Mengetahui kebutuhan konsumen
• Mendorong Anda memilih channel penjualan yang bisa digunakan untuk memasarkan produk
• Mengetahui bahan pertimbangan konsumen sebelum menentukan produk yang akan dibeli seperti desain, harga dan kualitas produk

3. Meningkatkan Basis Pelanggan dan Penjualan

Ketika meninjau proses pengambilan keputusan konsumen dan menentukan metode paling efektif bagi konsumen, secara tidak langsung bisa meningkatkan penjualan produk dan memperluas basis pelanggan. Jika Anda memahami bagaimana pelanggan merasakan kebutuhan, Anda bisa memberikan pemasaran dan metode distribusi yang lebih relevan.

5 Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Melansir dari Ilmukomunikasi.uma.ac.id, perilaku pembelian adalah metode yang digunakan oleh pemasar untuk melakukan identifikasi dan menelusuri proses pengambilan keputusan pelanggan dari awal hingga akhir. Berikut 5 proses pengambilan keputusan konsumen:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...