Cara Menjadi Pendengar yang Baik agar Teman Nyaman untuk Curhat

Image title
21 Desember 2022, 16:57
Cara menjadi pendengar yang baik
Katadata
Ilustrasi, dua orang sedang bercengkrama.

Cara menjadi pendengar yang baik penting diketahui karena seseorang pasti membutuhkan orang lain untuk mencurahkan isi hatinya.

Jika ada seseorang yang berani membicarakan hal apa pun kepada Anda, maka jagalah kepercayaan tersebut. Sebab tidak semua orang bisa menceritakan isi hatinya termasuk rasa kesalnya.

Untuk menjadi seorang pendengar yang baik, cobalah untuk tidak menghakimi seseorang yang sedang bercerita dengan Anda. Jangan sampai ada perilaku atau perkataan yang menyakiti teman yang sedang curhat.

Pada dasarnya mereka hanya butuh didengarkan untuk memvalidasi emosi yang dirasakan meski Anda tidak memiliki solusi untuknya.

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Mengutip Gokampus.com, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi pendengar yang baik:

1. Jangan Menyela atau Memotong Pembicaraan

Ketika lawan bicara sedang berbicara, cobalah untuk fokus terhadap pembicaraannya. Jika Anda tidak fokus atau memotong pembicaraannya maka lawan bicara akan merasa tidak nyaman dan menganggap Anda tidak menghargainya.

2. Menenangkan Lawan Bicara

Tidak semua situasi membutuhkan kritik atau saran terlebih mengingat keadaan psikologi lawan bicara Anda yang kurang stabil karena sudah meluapkan emosinya. Respon vocal atau bentuk ucapan tidak terlalu dibutuhkan namun berikanlah ruang hening selama percakapan., biarka lawan bicara meluapkan emosinya dengan nyaman.

3. Melakukan Kontak Mata dengan Lawan Bicara

Melakukan kontak mata dengan lawan bicara jadi cara menjadi pendengar yang baik berikutnya. Hal ini menunjukan bahwa Anda serius mendengarkan pembicaraannya dan memperhatikan penuh topik yang tengah dibicarakan. Dengan begitu, lawan bicara bisa lebih percaya diri dalam menyampaikan ceritanya.

4. Menunjukan Gestur yang Positif

Anda bisa menunjukan gestur positif berupa anggukan atau beragam ekspresi wajah positif ketika mendengarkan lawan bicara atau teman. Menunjukan gestur dan mimik muka bisa menjadi pertanda bahwa Anda antusias terhadap topik pembicaraan yang sedang berlangsung.

5. Berempati dan Memahami Perasaan Lawan Bicara

Penting untuk memiliki empati terhadap lawan bicara. Berempati bisa ditunjukan dengan menempatkan diri pada posisi lawan bicara . Dengan begitu, Anda menunjukan kepeduliaan terhadap lawan bicara dan ia akan merasakan bahwa Anda peduli dan memahaminya.

6. Memberikan Saran Jika Lawan Bicara Meminta

Perlu Anda ingat, jangan memberikan saran jika lawan bicara tidak meminta atau bertanya. Terkadang seseorang bercerita hanya butuh didengarkan tanpa mendapatkan feedback. Jika lawan bicara meminta pendapat atau saran, sebisa mungkin Anda tidak menyudutkannya.

7. Berikan Pernyataan yang Membuatnya Merasa Dimengerti

Jika lawan bicara sudah selesai bercerita, Anda bisa meresponnya dengan pernyataan yang menenangkan. Misalnya "Aku paham masalah ini pasti berat buat kamu. Memang tidak mudah untuk melewati masalah seperti ini, tapi aku percaya kamu bisa melewatinya".

Cara Menjadi Pendengar yang Baik di Dunia Kerja

Adapun cara menjadi pendengar yang baik bisa Anda lakukan di dunia kerja dengan mengikuti cara berikut:

1. Mendengarkan Seperti Sedang Belajar

Untuk menjadi pendengar yang baik di dunia kerja bisa Anda lakukan dengan mendengarkan seperti sedang belajar. Sama halnya seperti sedang mengikuti sesi kuliah, selama 1 jam pertama Anda bisa mendengarkan dengan baik dan menangkap semua yang orang katakan karena Anda mendengarkan untuk belajar.

2. Mengajukan Pertanyaan Lanjutan

Bagian terpenting dari mendengarkan yaitu terlibat dengan pembicara. Pendengar yang baik akan mendorong apa yang pembicara katakan dan memastikan mereka bisa memahami apa yang sedang dikomunikasikan. Ajukan pertanyaan yang relevan untuk mendapatkan informasi lebih detail.

3. Memberikan Jeda Jika Diperlukan

Cara menjadi pendengar yang baik di dunia kerja berikutnya yaitu dengan memberikan jeda jika diperlukan. Berhenti sejenak diperlukan untuk mengumpulkan pemikiran dan menyusun tanggapan yang akan Anda katakan. Berikan tanggapan seperlunya agar mudah dipahami.

4. Menghindari Gangguan Media Sosial

Sebagai pendengar yang baik, Anda perlu menghindari gangguan media sosial karena bisa memecah konsentrasi. Bermain sosial media akan mengganggu proses komunikasi yang sedang dilakukan.

Untuk menghindari gangguan media sosial, Anda bisa mengaktifkan mode senyap di ponsel dan menonaktifkan notifikasi pada HP maupun komputer.

7 cara menjadi pendengar yang baik ini bisa Anda coba terapkan ketika teman sedang curhat. Melalui beberapa cara ini, teman akan merasa nyaman dan tenang karena ceritanya didengarkan. Hindari memotong pembicaraan atau mengeluarkan kata yang seolah menghakimi.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait