Memahami Cara Minta Naik Gaji yang Tepat dan Sesuai

Annisa Fianni Sisma
22 Desember 2022, 17:47
Cara Minta Naik Gaji
PEXEL
Ilustrasi, sekelompok karyawan dalam suatu perusahaan.

Gaji atau upah merupakan upaya memberikan penghidupan yang layak bagi para pekerja atau buruh. Berkaitan dengan itu, terkadang ada pekerja atau buruh yang merasa gaji atau upah yang didapatkan tidak atau kurang sesuai, namun tidak mengetahui cara minta naik gaji yang tepat.

Cara minta naik gaji sebenarnya cukup sederhana. Pada intinya, sampaikan keluhan dengan sopan dan objektif tanpa mendiskriminasi atau mendiskreditkan pihak perusahaan.

Namun, tentu saja kalimat tersebut kurang lengkap apabila tidak dibahas lebih lanjut. Oleh karena itu, berikut ini penjelasan terkait cara minta naik gaji yang tepat selengkapnya.

CARA MINTA NAIK GAJI
CARA MINTA NAIK GAJI (PEXEL)

Cara Minta Naik Gaji Bagi Pekerja

Berikut ini adalah 8 tips terkait cara minta naik gaji yang tepat.

1. Siapkan Mental dan Percaya Diri

Dalam langkah apapun, tentu kepercayaan terhadap diri sendiri itu sangat diperlukan. Pasalnya, kepercayaan diri akan berpengaruh pada cara diri sendiri mengkomunikasikan tujuan kepada orang lain.

Cara membangun kepercayaan diri adalah dengan memahami seluruh pengaturan terkait gaji dan pengupahan yang diterapkan oleh pemerintah maupun perusahaan. Pastikan aturan perusahaan tidak bertentangan dengan pemerintah.

Selanjutnya, pastikan telah menganalisis kemungkinan adanya kenaikan gaji atas kemampuan atau kompetensi pekerja atau buruh. Hal ini menjadi faktor pendukung naiknya gaji seorang pekerja atau buruh.

2. Cari Waktu yang Sesuai dan Tepat

Cara minta naik gaji berikutnya adalah mengkomunikasikan pembahasan ini kepada atasan di waktu yang tepat. Waktu yang tepat artinya hindari membicarakan hal ini ketika di luar jam kerja, melalui panggilan telepon atau teks WhatsApp, dan ketika atasan sedang terlihat senggang.

Waktu yang tepat tersebut juga dapat terlihat ketika seorang pekerja atau buruh memiliki beban kerja yang cukup tinggi tetapi gaji tidak sesuai. Jika sudah mengalami fase ini, negosiasi terkait kenaikan gaji pun semakin perlu dilakukan.

3. Membuat Janji Terlebih Dahulu

Cara minta naik gaji berikutnya adalah setelah memahami bahwa atasan sedang cukup senggang, maka hubungi dan minta janji untuk bertemu dan berdiskusi. Jangan buat janji mendadak agar kedua belah pihak dapat mempersiapkan diri dengan baik. Selain itu, jangan lupa gunakan pakaian yang sopan dan rapi.

4. Lakukan Diskusi secara Langsung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara minta naik gaji yang sesuai adalah dengan bertemu secara langsung. Jika bertemu secara langsung, maka kedua belah pihak akan memahami dan secara sungguh-sungguh fokus dengan pembicaraan.

Obrolan pun akan mengalir dengan lebih baik dan dapat sesuai dengan keinginan kedua belah pihak. Tunjukkan bahwa pekerja atau buruh tersebut memang pantas mendapatkan kenaikan gaji.

5. Berikan Penjelasan Aturan, Pertimbangan dan Capaian

Cara minta naik gaji yang berikutnya adalah menjelaskan terkait aturan, pertimbangan dan capaian. Hal ini merupakan dasar yang penting terkait pengupahan dan cara menghargai pekerja. Untuk menjelaskan aturan, maka seorang pekerja harus memahami aturan pengupahan.

Aturan pengupahan telah tercantum pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan juncto Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja beserta aturan turunannya seperti Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan. Pahami aturan di atas dan sampaikan yang sesuai dengan ketentuan normatifnya.

Selain itu, cara minta naik gaji berikutnya adalah sampaikan pertimbangan lain dan pencapaian pekerja atau buruh. Berikan pertimbangan berupa beban kerja dan jam kerja lalu pencapaian yang menjadi prestasi pekerja atau buruh tersebut.

CARA MINTA NAIK GAJI
CARA MINTA NAIK GAJI (PEXEL)

6. Usulkan Kisaran Nominal

Cara minta naik gaji berikutnya adalah terkait nominal gaji yang akan ditetapkan. Jelaskan pertimbangan berupa ketentuan pengupahan dan kisaran gaji umumnya yang diterima pekerja atau buruh dengan jabatan sejenis di perusahaan lain atau perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

7. Berikan Pilihan Benefit

Cara minta naik gaji berikutnya adalah memberikan pilihan benefit. Hal ini dapat diterapkan ketika kenaikan gaji tidak dikabulkan.

Contohnya yakni mintalah benefit berupa partner kerja lain karena pekerjaan yang menumpuk dan tidak bisa dilakukan hanya satu orang. Benefit lainnya yakni berupa jaminan sosial, fasilitas, layanan, kemudahan, atau pilihan lainnya.

8. Ucapkan Terima Kasih

Setelah itu, jangan lupa ucapkan terima kasih atas kesempatan berdiskusi terkait kenaikan gaji. Dengarkan pula penjelasan atasan dengan seksama dan pertimbangan lainnya, maka kedua belah pihak pun merasa nyaman dan mengerti satu sama lain.

Ucapkan terima kasih karena telah memberikan waktu dan berkenan untuk mendengarkan pertimbangan dari pemohon kenaikan gaji. Hal ini akan memberikan kesan baik dan sopan untuk kesempatan atau benefit lainnya.

Demikianlah penjelasan terkait cara minta naik gaji dengan sopan dan bijaksana. Cara-cara di atas dapat dilakukan dengan mudah dan disesuaikan dengan budaya perusahaan. Jika mengalami kendala atau besaran gaji kurang sesuai tetapi pekerja atau buruh diam saja, maka atasan akan menganggap pekerja atau buruh itu menerima gaji yang ditetapkan. Jangan lupa untuk menyampaikan kendala dengan sopan dan pertimbangan yang matang agar kenaikan gaji dapat dikabulkan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait