Mengenal Cara Resign yang Baik dan Contoh Suratnya

Annisa Fianni Sisma
22 Desember 2022, 19:41
Cara Resign yang Baik
Freepik
Ilustrasi, karyawan resign.

Resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan merupakan salah satu pilihan yang dijalani oleh pekerja atau buruh dengan alasan tertentu. Namun, tentu para pekerja atau buruh yang ingin resign harus mengetahui cara resign yang baik.

Dalam berkarir, terkadang resign atau mengundurkan diri merupakan pilihan yang tepat karena berbagai alasan. Alasan resign tersebut dapat meliputi alasan pribadi maupun faktor lainnya yang mendukung.

Cara Resign yang Baik

Cara Resign yang Baik
Cara Resign yang Baik (PEXEL)

Berkaitan dengan keinginan untuk resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan, berikut ini penjelasan terkait tahapan dalam cara resign yang baik.

1. Tetapkan Waktu untuk Resign

Sebelum benar-benar mengajukan resign, seorang pekerja atau buruh karus menentukan waktu yang tepat untuk resign. Pastikan hindari kesalahpahaman dengan atasan maupun rekan kerja.

Waktu yang tepat untuk resign diantaranya yakni menjelang tahun baru. Pasalnya, pekerjaan di akhir tahun cenderung mengalami tutup buku karena kegiatan pada satu tahun tersebut telah dipertanggungjawabkan.

Waktu lainnya yang tepat untuk resign adalah ketika tanggung jawab telah selesai. Tidak ada salahnya ketika setelah selesai mengerjakan proyek maka resign menjadi pilihan.

Selain itu, waktu tepat untuk mengajukan resign adalah setelah menerima hak-hak. Jika ada gaji yang belum dibayarkan, tunjangan yang belum diperoleh, jaminan dan bonus yang berhak untuk diterima tetapi belum diperoleh, maka pastikan telah menerima hak pekerja atau buruh tersebut terlebih dahulu. Hal ini juga dibutuhkan kesadaran perusahaan untuk memperhatikan dan memberikan hak pekerja atau buruh.

2. Tetapkan Alasan yang Tepat dan Tidak Menimbulkan Salah Paham

Berikan alasan resign yang bijak adalah salah satu cara resign yang baik. Gunakan kata-kata yang dapat dipertanggungjawabkan dan mengatakannya kepada atasan dengan baik dan sopan. Dengan cara ini, perusahaan dan atasan akan menilai pegawai itu merupakan orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Sampaikan alasan tersebut secara tertulis.

Cara Resign yang Baik
Cara Resign yang Baik (PEXEL)
 

3. Siapkan Surat Pengunduran Diri Kerja

Selain mempersiapkan alasan dan waktu dengan tepat, siapkan juga surat pengunduran diri yang baik. Berkaitan dengan surat resign, berikut ini contoh format surat resign yang dapat digunakan.

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth.
Human Resource Development
PT [Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama : [Nama Lengkap Pekerja]
Jabatan : [Jabatan Terakhir Pekerja]
Alamat : [Alamat Lengkap Pekerja]
Nomor HP : [Nomor Telepon Aktif]

Melalui surat ini saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan
tersebut di [Nama Perusahaan] terhitung mulai tanggal [tanggal resign]. Adapun alasan
pengunduran diri ini saya ajukan adalah karena [Masukkan Alasan Pengunduran Diri dengan Jelas dan Sopan].

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement