Cara Memasukan Voucher Telkomsel dan Ketentuan Penggunaannya

Telkomsel menyediakan Voucher untuk paket tertentu. Berikut ini cara memasukan voucher Telkomsel dengan mudah beserta ketentuannya.
Annisa Fianni Sisma
2 Januari 2023, 12:49
Cara Memasukan Voucher Telkomsel
TELKOMSEL.COM
Ilustrasi, kartu PraBayar Telkomsel.

Telkomsel menjadi salah satu provider telekomunikasi besar di Indonesia dan menjadi pilihan banyak orang. Penyebabnya, Telkomsel kerap memberikan bonus dan poin untuk penggunanya serta harga voucher yang terjangkau. Oleh karena itu, menarik untuk membahas cara memasukan voucher Telkomsel selengkapnya.

Voucher internet Telkomsel merupakan produk Telkomsel yang memungkinkan pengguna dapat membeli paket internet Telkomsel dalam bentuk voucher fisik. Voucher itu dapat dibeli melalui outlet terdekat.

Voucher internet Telkomsel ini dapat digunakan oleh semua pelanggan PraBayar Telkomsel. Untuk memahami lebih lanjut, berikut rincian langkah dalam cara memasukan voucher Telkomsel.

CARA MEMASUKAN VOUCHER TELKOMSEL
CARA MEMASUKAN VOUCHER TELKOMSEL (TELKOMSEL.COM)
 

Cara Memasukan Voucher Telkomsel

Cara memasukan voucher Telkomsel pada dasarnya mirip dengan operator lainnya. Namun, tentu saja ada beberapa ketentuan yang berbeda dan perlu diperhatikan.

Untuk itu, berikut ini penjelasan khusus terkait cara memasukan voucher Telkomsel selengkapnya.

1. Gosok Voucher

Setelah melakukan pembelian voucher yang ingin digunakan, lihat pada bagian bawah depan atau belakang voucher. Terdapat bagian kotak berwarna abu-abu yang dapat digosok.

Gosok bagian tersebut untuk melihat kode pada voucher. Kode itu disebut dengan HRN atau Hidden Recharge Number yang memiliki pembatasan regional. Pembatasan Regional tersebut yakni Sumatera Bagian Utara, Sumatra Bagian Tengah, Sumatera Bagian Selatan, Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Papua-Maluku.

2. Masukkan Kode

Setelah itu, masukkan kode voucher melalui UMB *133# untuk melanjutkan penggunaan voucher.

3. Verifikasi

Tahap selanjutnya dalam cara memasukan voucher Telkomsel adalah verifikasi kode dan lokasi. Pihak Telkomsel akan melakukan verifikasi terhadap kode voucher dan lokasi agar dapat diketahui apakah voucher dapat digunakan atau tidak.

4. Tunggu Notifikasi

Cara memasukan voucher Telkomsel berikutnya adalah menunggu notifikasi pengisian kuota. Pada tahap ini terdapat ketentuan yang tergantung dengan lokasi pengguna. Berikut ketentuannya:

  • Regional dan zona sesuai dengan paket, maka semua kuota dalam paket dapat digunakan.
  • Regional sesuai tetapi zona tidak sesuai dengan paket, pengguna hanya dapat menggunakan Kuota Nasional.
  • Regional tidak sesuai, kode voucher akan ditolak dan pengguna tidak dapat memakai voucher tersebut.

Jika proses redeem atau aktivasi paket gagal, maka pelanggan akan memperoleh notifikasi gagal. Notifikasi tersebut yakni, “Maaf, voucher tidak dapat digunakan di regional Anda. Info lebih Lanjut Hubungi: 188”.

Namun, jika redeem berhasil, maka notifikasinya yakni sebagai berikut: “Selamat, Paket 1GB & 1GB Lokal Zona-1/5 hari Rp 8000 telah aktif, berlaku s/d tgl 12/03/2021 pk. 23.59 WIB. cek lokasi zona kuota lokal di tsel.me/voucherfisik. Info: 188”.

CARA MEMASUKAN VOUCHER TELKOMSEL
CARA MEMASUKAN VOUCHER TELKOMSEL (TELKOMSEL.COM)
 

Ketentuan Penggunaan Voucher Telkomsel

Setelah memahami bagaimana langkah-langkah dalam cara memasukan voucher Telkomsel, tentu perlu juga mengetahui ketentuan yang berlaku terkait voucher Telkomsel tersebut. Berkaitan dengan itu, berikut ini ketentuan penggunaan voucher Telkomsel.

1. Masa Berlaku Voucher Internet Telkomsel

Pengguna dapat membeli berbagai macam voucher internet Telkomsel berdasarkan masa berlakunya. Masa berlaku tersebut mulai dari 3 hari, 5 hari, 7 hari, hingga 30 hari.

2. Harga dan Kuota Voucher Internet Telkomsel

Ketentuan lainnya dalam penggunaan voucher ini adalah harga dan kuota yang dapat berbeda-beda. Harga dan kuota voucher ditentukan oleh Telkomsel berdasarkan lokasi regional saat melakukan pengisian paket oleh outlet atau reseller. Harga dan kuota tersebut terbagi menjadi 3 (tiga) zona masing-masing regional.

Selain itu, kuota paket terdiri dari tiga jenis kuota. Kuota tersebut yakni Kuota Nasional yang berlaku nasional, Kuota Lokal yang berlaku regional dan zona, dan Kuota OMG! yang berlaku nasional.

Kuota Lokal hanya dapat digunakan pada regional dan zona ketika voucher itu diisi paket internetnya oleh reseller pada regional dan zona yang sama. Kuota OMG! menyediakan varian voucher internet dengan jangka waktu 30 hari.

3. Perbedaan Masa Aktif Voucher dan Masa Aktif Paket Internet

Terdapat perbedaan antara Masa Aktif Voucher dan Masa Aktif Paket Internet. Masa Aktif Voucher fisik adalah 120 hari ke depan sejak reseller melakukan pengisian kuota paket internet. Masa Aktif Paket Internet adalah masa berlaku penggunaan paket internet sejak diaktifkan atau redeem. Masa Aktif Paket Internet bervariasi yakni 3 hari, 5 hari, 7 hari, hingga 30 hari.

4. Jenis Paket dan Penggunaannya

Terdapat tiga jenis paket yang dapat digunakan pengguna yakni Kuota OMG!, Kuota Lokal, dan Kuota Nasional. Ketiganya memiliki prioritas konsumsi masing-masing yang dapat dipahami dalam ulasan sebagai berikut:

  • Kuota Nasional

Kuota Nasional merupakan kuota internet yang dapat digunakan di seluruh regional. Kuota Nasional juga dapat digunakan di seluruh jaringan Telkomsel yakni 2G, 3G, dan 4G.

  • Kuota Lokal

Kuota Lokal merupakan kuota internet yang hanya dapat digunakan saat pelanggan berada di regional atau zona inject atau input voucher internet. Kuota ini juga dapat digunakan di seluruh jaringan Telkomsel 2G, 3G. 4G.

  • Kuota OMG!

Kuota OMG! merupakan kuota aplikasi yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi tertentu tanpa memotong Kuota Nasional. Aplikasi tersebut yakni YouTube, Facebook, Instagram, MAXStream, VIU, dan KlikFilm.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait