Memahami 5 Urutan Body Care Agar Penggunaan Produk Lebih Efektif

Kulit tubuh, tangan, dan kaki juga perlu dirawat dengan berbagai produk sesuai kebutuhan. Namun produk tersebut harus diaplikasikan sesuai dengan urutan body care.
Annisa Fianni Sisma
4 Januari 2023, 15:42
Urutan Body Care
PEXELS
Ilustrasi, body care.

Tak hanya wajah saja yang memerlukan perawatan, kulit tubuh dan kaki serta tangan juga memerlukan perawatan agar tetap sehat. Berkaitan dengan itu, tentu dalam menggunakan skincare diperlukan pengetahuan mengenai urutan body care.

Setiap body care memiliki kandungan yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Setiap body care juga harus digunakan dalam urutan yang tepat agar berfungsi dengan baik.  Pemahaman terkait urutan body care pun menjadi penting jika ingin memiliki kulit yang sehat. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini body care selengkapnya.

URUTAN BODY CARE
URUTAN BODY CARE (PEXELS)
 

Sebelum menggunakan body care, sebaiknya bersihkan kulit terlebih dahulu. Produk body care akan lebih efektif bekerja jika diaplikasikan di kulit yang bersih seperti setelah mandi. Berkaitan dengan itu, berikut ini urutan body care yang tepat agar dapat berfungsi efektif.

1. Bersihkan dengan Body Wash

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, body care lainnya akan berfungsi secara efektif jika kulit bersih. Oleh sebab itu, urutan body care yang pertama adalah dengan membersihkan tubuh menggunakan body wash.

Pilih produk body wash yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika kulit kering dan kasar, gunakan body wash yang membantu melembabkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Sebaliknya, jika kulit berminyak dan cenderung berjerawat, maka solusinya adalah gunakan body wash dengan bahan dasar lemon atau formula yang mampu mengurangi minyak berlebih.

Jika perlu, gunakan body wash yang mengandung antiseptik agar kuman dapat hilang dari tubuh. Tidak semua body wash yang mengandung antiseptik tidak baik untuk kulit. Terdapat berbagai produk body wash dengan antiseptik yang juga mampu merawat dan meremajakan kulit dengan baik.

2. Gunakan Body Scrub

Urutan body care berikutnya setelah mandi adalah lakukan eksfoliasi. Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit. Penggunaan scrub haruslah dilakukan secara teratur agar berhasil. Kulit akan menjadi cerah, sehat, kencang, dan mencegah penuaan dini.

Lakukan scrubbing ke seluruh tubuh setiap 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Gunakan produk yang mengandung AHA BHA agar mampu membuat kulit lebih cerah.

AHA merupakan kandungan yang dapat larut dalam air, sedangkan BHA merupakan larutan yang mampu larut dalam minyak. AHA akan bekerja di permukaan kulit paling luar. BHA akan bekerja pada permukaan luar kulit hingga ke pori-pori kulit.

AHA direkomendasikan bagi pemilik kulit normal atau cenderung kering, kulit rusak karena sinar UV, kulit yang kusam atau mengalami penuaan. AHA berasal dari zat alami yakni gula tebu, anggur, susu asam, dan lain sebagainya.

BHA lebih cocok bagi pemilik kulit yang berminyak dan bermasalah dengan jerawat, komedo hitam, komedo putih. BHA memiliki kandungan Salicylic Acid untuk mengobati jerawat. BHA yang larut dalam minyak itu mampu digunakan untuk deep cleansing. BHA juga mengandung formula anti inflamasi dan anti bakteri. Gunakan AHA dan BHA dalam waktu yang berbeda.

Body scrub tidak boleh digunakan terlalu sering pada kulit. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan justru berbahaya ketika menggunakan produk lainnya.

3. Gunakan Body Serum

Urutan body care berikutnya adalah dengan menggunakan serum. Serum dapat membantu regenerasi kulit dan mengatasi masalah kulit sehingga lebih sehat. Gunakan serum yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah kulit. Hal ini penting agar masalah kulit mampu teratasi dengan baik.

Serum kulit juga sangat dibutuhkan jika memiliki masalah kulit yang cukup berat. Contohnya yakni kulit bersisik, kulit kasar dan benar-benar kering, dan kulit yang ingin dicerahkan.

4. Lotion

Setelah menggunakan body wash, body scrub, dan serum, langkah berikutnya adalah menggunakan lotion untuk kulit. Lotion dapat berfungsi mencerahkan, melembabkan, meremajakan, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Pilih lotion yang sesuai untuk kulit dan mampu mengatasi permasalahan kulit. Gunakan lotion secara teratur agar efeknya lebih terlihat. Lotion yang beredar dipasaran memiliki harga yang bervariasi. Harga tersebut dapat selaras dengan efektifitasnya.

URUTAN BODY CARE
URUTAN BODY CARE (PEXELS)
 

5. Gunakan Tabir Surya atau Sunscreen

Tabir surya atau Sunscreen, atau juga kerap disebut sebagai tirai. Sunscreen merupakan urutan body care kelima setelah 4 tahap di atas.

Penggunaan sunscreen sangat diharuskan terlebih ketika kerap beraktivitas di luar ruangan. Produk ini mencegah timbulnya flek hitam pada kulit dan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Pilih sunscreen yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Jika aktivitas dilakukan di dalam ruangan, maka cukup gunakan SPF 30++. Namun, jika kerap berada di luar ruangan, maka gunakan SPF 50++.

Setelah menggunakan body care di atas, langkah berikutnya adalah menggunakan parfum. Parfum akan lebih tahan lama ketika disemprotkan di kulit yang lembab.

Dengan telah menerapkan langkah di atas, maka aktivitas sehari-hari pun dapat dilakukan tanpa takut kulit menjadi rusak karena paparan sinar matahari dan lain sebagainya.

Itulah urutan body care yang sesuai agar masing-masing produk bekerja dengan baik. Jangan lupa berikan jeda setiap penggunaan agar produk dapat terserap sempurna terlebih dahulu sebelum ditimpa dengan produk lainnya.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait