Memahami Beragam Cara Memanjangkan Kuku dengan Mudah

Cara memanjangkan kuku pada dasarnya cukup mudah dilakukan. Berikut ini penjelasan masing-masing cara tersebut.
Annisa Fianni Sisma
11 Januari 2023, 09:36
Cara Memanjangkan Kuku
Pexels
Ilustrasi Kuku

Kuku yang panjang dapat terlihat indah jika dirawat dengan baik. Oleh karena itu, tentu menarik membahas cara memanjangkan kuku secara alami selengkapnya.

Pada umumnya, menurut Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, yang berjudul Growth Rate OF Human Fingernails and Toenails in Healthy American Young Adults kuku jari manusia dewasa yang sehat tumbuh sepanjang 3.47 milimeter setiap bulan. Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti nutrisi dari makanan.

Jika kuku dirasa lambat bertambah panjang, maka kemungkinan ada kendala dalam pertumbuhannya. Namun tak perlu khawatir karena terdapat cara memanjangkan kuku yang akan diulas dalam pembahasan di bawah ini.

Cara Memanjangkan Kuku

CARA MEMANJANGKAN KUKU
CARA MEMANJANGKAN KUKU (Pexels)
  

Cara memanjangkan kuku sebenarnya cukup mudah. Lakukan cara alami yang dilakukan secara konsisten maka kuku akan tumbuh dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai cara memanjangkan kuku.

1. Mengkonsumsi Biotin

Cara memanjangkan kuku berikutnya adalah dengan mengonsumsi biotin. Biotin merupakan vitamin B7 yang memiliki peran mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh.

Biotin menjadi suplemen yang menyehatkan kuku sehingga kuku menjadi lebih kuat. Menurut National Library of Medicine, suplemen biotin yang dikonsumsi secara rutin mampu meningkatkan kekuatan kuku dan mempercepat pertumbuhannya hanya dalam beberapa minggu saja.

Jika tidak memiliki suplemen biotin, maka biotin juga dapat diperoleh melalui makanan yakni ragi, sarden, kedelai, biji-bijian, pisang, kembang kol, jamur, telur matang, dan lain sebagainya. Tak hanya bermanfaat untuk kulit, beragam makanan tersebut juga berefek baik untuk kesehatan tubuh keseluruhan.

2. Menjaga Kelembabannya

Salah satu cara memanjangkan kuku yang perlu diketahui adalah dengan menjaga kelembaban kuku. Melembabkan kulit dan kuku merupakan salah satu cara untuk menyehatkan kuku.

Kulit kering dan kuku kering akan membuat kulit dan kuku mudah pecah-pecah dan berdarah. Jamur dan bakteri pun semakin mudah menemukan inangnya sehingga kulit dan kuku akan terasa gatal bahkan infeksi.

Cara menjaga kelembaban kuku dan kulit tangan adalah dengan rutin mengoleskan lotion setelah mencuci tangan. Lakukan scrubbing juga sekitar satu minggu sekali untuk memperoleh hasil yang lebih signifikan.

Jika seseorang menderita penyakit kulit seperti eksim dan lain sebagainya, perhatikan kandungan yang ada pada lotin. Pasalnya, tidak semua lotion aman bagi kulit yang menderita eksim.

3. Hindari Kebiasaan Menggigit Kuku

Cara memanjangkan kuku yang perlu dilakukan dan mungkin sulit dibiasakan adalah menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku dapat membuat kuku menjadi rapuh dan tidak berhasil tumbuh dengan baik.

Kebiasaan menggigiti kuku tak hanya dapat berdampak pada gagalnya kuku bertumbuh, tetapi juga masalah kesehatan pencernaan. Pasalnya, tangan yang kotor setelah beraktivitas akan menyimpan beragam bakteri di kuku dan kulit jari tangan. Kemudian jika digigit, maka bakteri akan masuk ke dalam mulut dan dapat menyebabkan masalah pencernaan.

4. Keringkan Tangan Setelah Cuci Tangan dengan Handuk atau Tisu Bersih

Cara memanjangkan kuku berikutnya adalah menjaga kebersihan kulit dan kuku dengan mengeringkannya setelah mencuci tangan. Air dan sabun membuat kuku menjadi lebih lunak dan lemah, sehingga untuk mencegah kerusakan perlu segera mengeringkan kuku setelah mencuci tangan.

Cara aman untuk mengeringkan tangan setelah cuci tangan adalah dengan handuk atau tisu. Pastikan handuk dan tisu tersebut bersih agar tidak ada kuman yang tinggal di kuku maupun kulit tangan.

5. Jangan Gunakan Nail Remover Sembarangan

Nail remover memiliki senyawa yang membuat kuku lebih kuning dan kusam. Selain itu, nail remover juga dapat mengikis lapisan kuku. Oleh sebab itulah, salah satu cara memanjangkan kuku adalah dengan tidak menggunakan nail remover.

Aseton atau nail remover tidak boleh digunakan dengan cara merendam kuku dalam wadah berisi aseton. Kuku akan menjadi mudah rapuh dan rusak.

Jika memiliki kutek yang ingin dihapus, cukup gunakan cutton bud yang dibasahi aseton. Kemudian, usapkan aseton tersebut ke kuku. Selanjutnya, oleskan pelembab agar kuku tetap sehat.

CARA MEMANJANGKAN KUKU
CARA MEMANJANGKAN KUKU (Pexels)
  

6. Jangan Potong Bagian Kutikula Kuku

Cara memanjangkan kuku yang ketiga adalah terkait aktivitas memotong kuku. Tak jarang dalam memotong kuku, rasanya ingin juga memotong daging di sekitar kuku atau yang disebut dengan kutikula.

Menurut pengertian resminya melansir dari sehatq.com, kutikula merupakan lapisan kulit di pangkal tempat tumbuhnya kuku sebagai penghalang jamur dan bakteri agar tidak masuk ke lapisan dalam kuku. Oleh karena itulah, dengan memotong kutikula, bakteri dan jamur pun dapat mudah masuk ke kuku dan menginfeksi kuku.

Jika bakteri dan jamur masuk dan menginfeksi kuku, maka akan muncul penyakit seperti jamur kuku atau misalnya paronikia. Tentu kuku akan menjadi tidak sehat dan tidak nyaman dilihat.

Kutikula yang dipotong akan meninggalkan bekas putih atau garis putih di kuku. Jika tidak sedang memotong sendiri melainkan melakukan perawatan kuku di salon, maka katakan kepada pihak salon untuk tidak memotong kutikula tersebut.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait