5 Rekomendasi Film Gangster Malaysia yang Seru untuk Ditonton

Image title
12 Januari 2023, 14:42
film gangster malaysia
IMDB
Ilustrasi, poster film KL Gangster.

Banyak orang masih menganggap bahwa film gangster terbaik hanya dirilis oleh industri perfilman Amerika Serikat (AS), atau yang sering disebut Hollywood.  Namun, faktanya film gangster juga banyak dirilis oleh industri perfilman negara lain, termasuk Malaysia.

Bila Anda penggemar film gangster, tidak ada salahnya Anda menonton film gangster Malaysia untuk memperluas wawasan.  Jika Anda bingung, ada beberapa pilihan film yang bisa ditonton. Simak rekomendasinya di bawah ini.

Film Gangster Malaysia

Berikut ini rekomendasi lima film gangster Malaysia beserta sinopsisnya yang bisa dijaidikan alternatif tontonan yang seru.

1. KL Gangster

Tahun Rilis: 2011
Genre: Action
Sutradara: Syamsul Yusof
Pemain: Aaron Aziz, Syamsul Yusof, Adi Putra
Rumah Produksi: Skop Productions Sdn. Bhd.

Film pertama adalah KL Gangster yang tayang pada 2011 lalu. Seperti judulnya, film ini mengangkat konflik gangster atau keluarga sebagai masalah utama. Film ini juga memiliki perpaduan menarik antara aksi dan drama yang menjadikan film ini unik dan patut untuk ditonton.

KL Gangster menceritakan adik kakak bernama Malek dan Jai yang terlibat dalam sebuah gangster pimpinan King. Dalam film, Malek harus menghabiskan lima tahun di penjara setelah dikhianati oleh kelompoknya dengan ide dari Shark, anak tiri dari King. Di sisi lain, Jai masih menjalani hidupnya dalam dunia gangster dna menjadi anak buah Shark.

Setelah bebas, Malek ingin memulai kehidupan baru dan merawat ibunya yang sudah tua. Sayangnya,  gangster-gangster lainnya masih mengganggunya.hingga membuat king sampai turun tangan agar Malek tidak diganggu lagi.

Shark pun merasa terancam dengan kehadiran Malek. Ia pun memerintahkan Jai untuk menghabisi Malek. Di sisi lain, King merasa anak tirinya membuat banyak perpecahan dalam gangster. Hal ini membuat hubungan King dan Shark memburuk. 

2. Kepong Gangster

Tahun Rilis: 2012
Genre: Action
Sutradara: Teng Bee
Pemain: Melvin Sia, Henley Hii, Hero Tai
Rumah Produksi: Mahu Pictures

Film berikutnya adalah Kepong Gangster yang rilis pada 2012. Film ini menceritakan tentang lima orang pemuda yaitu Ah Zhong, Ah Hai, Chew Boy, Billy, dan Bing yang merupakan korban perundungan.

Dalam film, mereka memutuskan untuk bergabung dengan sebuah gangster karena merasa sudah muak dengan perundingan tersebut. Dengan bergabung dalam gangster, mereka berharap orang-orang akan berpikir dua kali untuk mengganggu mereka.

Ketika sudah bergabung, pemimpin mereka, Gai Tong Tor  memberikan mereka tugas untuk membunuh. Mereka pun berhasil melaksanakan tugas tersebut sehingga membuat posisi mereka dihargai.  Bahkan mereka mendapat julukan batu yaitu Lima Harimau yang sangat terkenal di Kampung Baru Cina. 

Sayangnya keterlibatan mereka dalam dunia gangster mulai mengubah karakter dan tujuan awal mereka  Mereka pun mulai dikuasai oleh rasa rakus yang berujung pada konflik pengkhianatan dan perebutan kekuasaan

3. 8 Jam

Tahun Rilis: 2012
Genre: Action, Drama, Romance,
Sutradara: Ahmad Idham
Pemain: Shaheizy Sam, Yana Samsudin, Fimie Don
Rumah Produksi: Metrowealth Movies Production

Film gangster Malaysia berikutnya adalah 8 jam yang tayang pada 2012 lalu. 8 Jam berfokus pada Alang, seorang anak yang kehilangan ibunya setelah dibunuh oleh Ah Long. Peristiwa  ini terjadi ketika mereka melarikan dari tempat tinggal mereka.

Setelah kejadian itu, Alang dimasukkan ke rumah yatim piatu. Disana, ia bertemu dengan Julia yang selalu berada disisinya, Hubungan pertemanan mereka pun mulai berubah menjadi cinta. Sayangnya, mereka harus berpisah.

Alang memutuskan kembali ke tempatnya semasa kecil untuk memulai hidup baru. Tetapi, ia diganggu oleh geng setempat yang meminta uang perlindungan. Di sana ia kembali bertemu dengan Julai yang sedang kesulitan. Namun, gang Ah Long sering mengganggu mereka. Alang sebenarnya ingin membina hubungan dengan Julia. Tapi disisi lain nyawa mereka berdua terancam

4. Jagat

Tahun Rilis: 2015
Genre: Crime, Drama, Family
Sutradara: Shanjey Kumar Perumal
Pemain: Karnan G. Crack, Tinesh Sarathi Krishnan, Kuben Mahadevan
Rumah Produksi: KL POST Sdn Bhd

Tayang pada 2015, Jagat merupakan film gangster Malaysia yang menampilkan setting di tahun 1990-an. Diceritakan pada masa itu orang-orang keturunan Malaysia dan India diharuskan pindah ke kota-kota lain,

Kisah dimulai dari Apoy, seorang anak keturunan Malaysia dan India berusia 12 tahun dikisahkan tinggal bersama ayah, paman, dan seorang anggota gangster bernama Dorai. Dalam film, ia diceritakan lebih suka menonton film-film gangster daripada belajar.

Apoy juga sering mengerjai orang-orang lewat telepon. Melihat kelakuan Apoy yang demikian, sang ayah mulai menekannya dan bertindak kasar. Namun, tindakan ayahnya itu justru membuat Apoy memiliki kedekatan dengan pamannya, bekas pengguna narkoba dan anggota gangster lokal.

5. KL Special Force

Tahun Rilis: 2018
Genre: Action
Sutradara: Shafiq Yusof
Pemain: Rosyam Nor, Fattah Amin, Syamsul Yusof
Rumah Produksi: Damofa Productions Sdn.  Bhd., Viper Studios Sdn. Bhd.

Film terakhir adalah film KL Special Force yang mengisahkan tentang Asyraff, seorang ketua gangster terkenal di Kuala Lumpur bernama Geng Anarkis. Dalam film, ia diceritakan sering membuat kekacauan dan bahkan perampokan dengan strategi licik untuk mengelabui pihak berwajib  setempat.

Semakin hari, tindakan geng tersebut semakin merekahkan dan mendapatkan perhatian dari kepolisian. Tim khusus oun dibentuk untuk menghentikan tindakan Geng Anarkis.

Roslan pu ditunjuk menjadi ketua tim khusu tersebut. Zulkifli, serpong polisi muda juga dilibatkan dalam tim untuk membantu tuga Roslan. Sayangnya, kedua orang tersebut memiliki masalah pribadi masing-masing.

Roslan sering bertengkar dengan istrinya, sedangkan Zul memiliki masalah dengan tunangan nya, Mia. Tunangannya adalah anak dari Dato’ Mior, pemilik bank Samofa. Menariknya, Gneg Anarkis ternyata hanya merampok bank tertentu.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait