Memahami 8 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dan Penyebab Sakit Gigi

Cara mengatasi gigi ngilu terus menerus bisa dilakukan secara alami. Agar terhindar dari kondisi tersebut, ketahui juga beberapa penyebab sakit gigi.
Image title
16 Januari 2023, 08:30
Cara Mengatasi Gigi Ngilu
Freepik
Ilustrasi, dokter gigi memeriksa pasiennya.

Cara mengatasi gigi ngilu penting diketahui karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman ketika makan, terutama saat menyantap sesuatu yang dingin seperti es krim. Agar terhindar dari gigi ngilu, Anda bisa menyikat gigi dua kali sehari sehingga kebersihan dan kesehatan gigi selalu terjaga.

Gigi terasa ngilu cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera cari tahu cara mengatasinya. Dokter gigi akan membantu mengidentifikasi hal apa saja yang jadi penyebab perasaan tidak nyaman pada gigi.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

CARA MENGOBATI SAKIT GIGI BERLUBANG
Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus (FREEPIK)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melansir dari Halodoc.com, cara mengatasi gigi ngilu terus menerus karena gigi berlubang atau saat minum es bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa cara berikut:

1. Pasta Gigi Desensitisasi

Pasta gigi desensitisasi bisa dicoba untuk mengatasi gigi ngilu. Setelah digunakan beberapa kali, biasanya membantu gigi memblokir rasa tidak nyaman yang berhubungan dengan gigi sensitif. Ada banyak pilihan produk yang bisa dipilih, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter gigi.

2. Mengoleskan Fluoride

Cara mengatasi gigi ngilu terus menerus berikutnya yaitu dengan mengoleskan fluoride ke area gigi yang sensitif. Cara ini digunakan untuk memperkuat enamel gigi dan mengurangi rasa sakit yang timbul. Dokter gigi akan memberikan beberapa resep menggunakan fluoride di rumah yang bisa diaplikasikan menggunakan alat khusus.

3. Pembedahan Gusi

Jika akar gigi telah kehilangan jaringan gusi, sebagian kecil jaringan pada gusi bisa diambil dari area lain di mulut lalu dekatkan dengan bagian yang sakit. Metode ini bisa melindungi akar yang terbuka sehingga sensitivitasnya bisa berkurang dan rasa ngilu pun bisa hilang dengan mudah.

4. Menggunakan Desensitisasi

Untuk mengatasi gigi ngilu, beberapa dokter akan menyarankan melakukan desensitisasi untuk mengatasi gigi yang terasa ngilu. Desensitisasi bisa dioleskan pada bagian yang sensitif saat permukaan akar terbuka, sebelumnya bisa menggunakan anestesi lokal terlebih dahulu.

5. Saluran Akar

Metode saluran akar direkomendasikan ketika gigi sensitif terasa ngilu parah dan menggunakan perawatan lainnya tidak cukup efektif. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada pulpa gigi meski terlihat seperti perawatan rumit namun cukup berhasil untuk mengilangkan sensitivitas gigi.

6. Membilas dengan Air Garam Hangat

Melansir dari Clevelandclinic.org, gigi ngilu bisa diatasi dengan membilas menggunakan air garam hangat. Rasa asin bisa membantu melonggarkan kotoran di antara gigi, bertindak sebagai disinfektan dan mengurangi peradangan. Sebaiknya aduk ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu bilas mulut hingga bersih.

7. Kompres Dingin

Kompres dingin bisa dicoba sebagai cara mengatasi gigi ngilu secara alami dan cepat. Jika terjadi pembengkakan dan ngilu, silahkan buat kompres es dingin yang dibungkus menggunakan handuk ke area nyeri selama 20 menit. Ulangi cara ini setiap beberapa jam.

8. Bilas Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida dengan larutan 3% bisa membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Silahkan encerkan hidrogen peroksida menggunakan air dengan bagian yang sama lalu bilas hingga bersih. Perlu diingat jangan sampai Anda menelannya.

Penyebab Sakit Gigi

Ilustrasi sakit gigi
Ilustrasi  Penyebab Sakit Gigi (shironosov/iStockphoto)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sakit gigi bisa terjadi karena area sekitar gigi teriritasi. Penyebab paling umum ialah infeksi gigi, pembusukan, cedera atau kehilangan gigi. Sakit gigi bisa juga terjadi setelah melakukan ekstraksi atau bedah minor yang dilakukan untuk mengeluarkan gigi. Melansir dari Ciputramedicalcenter.com, berikut beberapa penyebab sakit gigi:

1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu penyebab gigi terasa sakit atau ngilu. Gigi berlubang yang dibiarkan bisa mengalami pembusukan. Setelah pembusukan berkembang, selanjutnya bisa menimbulkan infeksi dan Anda bisa mulai merasakan sakit gigi.

2. Infeksi Gusi

Penyakit gusi dikenal dengan periodontal yang bisa mempengaruhi 47% orang dewasa di atas usia 30 tahun. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gingivitis. Jika gusi terasa sensitif bisa jadi salah satu tanda penyakit gusi yang perlu diwaspadai.

3. Produk Pemutih Gigi

Menggunakan produk pemutih gigi jadi salah satu penyebab gigi terasa lebih sensitif. Namun tidak perlu khawatir karena nyeri gigi biasanya bersifat sementara. Setelah menggunakan produk pemutih gigi, rasa nyeri atau ngilu bisa mereda dengan sendirinya.

4. Erosi Gigi

Erosi gigi merupakan proses terkikisnya enamel gigi yang disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung zat asam. Adapun faktor lainnya yaitu menyikat gigi terlalu keras. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit cukup tajam dan menusuk.

Beberapa cara mengatasi gigi ngilu terus menerus ini bisa Anda coba untuk meredakan nyeri. Selain itu, ketahui juga penyebab sakit gigi atau ngilu agar terhindar dari kondisi tersebut. Beberapa cara mengatasi sakit gigi ini bisa dilakukan secara alami.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait