Bantu Penanganan Covid-19, Cosplayer Produksi APD Pelindung Wajah

Image title
13 April 2020, 22:58
Ilustrasi, tenaga kesehatan mengecek masyarakat terkait penyebaran Covid-19 menggunakan APD dan pelindung wajah atau faceshield.
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Ilustrasi, tenaga kesehatan mengecek masyarakat terkait penyebaran Covid-19 menggunakan APD dan pelindung wajah atau faceshield.

Bantuan penanganan pandemi virus corona atau Covid-19 masih terus berdatangan, tak hanya dari korporasi besar namun juga dari pelaku usaha kecil menengah (UKM). Kali ini, donasi datang dari seorang pembuat kostum dan cosplayer, Lia atau lebih dikenal dengan dengan nama Echow di dunia cosplay.

Gadis berusia 31 tahun yang juga merupakan cosplayer ini, melakukan donasi berupa alat perlindungan diri (APD), khususnya pelindung wajah atau faceshield.

Untuk donasi ini, ia tidak membeli melainkan memproduksi sendiri di workshop miliknya, yakni Echow Costume. Produksi faceshield ini baru ia lakukan sekitar sepekan lalu, namun produksinya telah mencapai ratusan unit.

"Awalnya saya memproduksi faceshield untuk didonasikan ke puskesmas Cipayung, namun kemudian lewat sosial media mulai banyak permintaan faceshield yang masuk. Alhasil, saya pun akhirnya meneruskan produksi faceshield." kata Echow, kepada Katadata.co.id, Senin (13/4).

Kini, faceshield buatannya telah mencapai lebih dari 200 unit dan disebar ke beberapa fasilitas kesehatan, seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin dan RSUD kembangan, serta beberapa puskesmas di wilayah DKI Jakarta.

Seluruh faceshield yang dikirim ini ia katakan, murni merupakan donasi dan bukan komersial, meski ia mengakui, jika ke depan ada kemungkinan juga memproduksi faceshield secara komersial dan memasarkannya.

(Baca: Katadata dan Tiga Media Galang Dana Bagi Warga Miskin Terdampak Corona)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...